Politik

Pemimpin Muda Indonesia Masa Depan

Selasa, 18 April 2023, 16:26 WIB
Dibaca 286
Pemimpin Muda Indonesia Masa Depan
Seorang pemimpin harus mampu mengayomi serta berbaur dengan berbagai kalangan dan perlunya seorang pemimpin sesekali untuk turun ke lapangan agar mengetahui kondisi sebenarnya.

(sumber : freepik.com)

Pemimpin merupakan seseorang yang memimpin serta megelola suatu kelompok, organisasi maupun negara yang bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan yang terjadi dalam suatu kelompok ataupun negara. Pemimpinlah yang bertanggung jawab dalam membuat suatu keputusan penting, menentukan strategi, memberi motivasi dan juga memastikan berjalannya keputusan yang sudah ditentukan untuk meraih tujuan tertentu. Hal tersebut yang membuktikan bahwa pentingnya memilih sosok pemimpin yang benar-benar memiliki tujuan yang jelas terutama untuk negara Indonesia yang merupakan negara berkembang.

Indonesia telah mengalami beberapa perkembangan dalam berbagai bidang dalam beberapa tahun terakhir seperti :

  1. Bidang ekonomi. Dengan pertumbuhan di atas 5% per tahun serta tergabungnya Indonesia menjadi anggota G20 dengan status negara dengan penghasilan menengah atas. 
  2. Bidang pendidikan. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan serta partisipasi juga kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan meningkatnya jumlah perguruan tinggi atau universitas yang ada di Indonesia.
  3. Bidang infrastruktur. Terbukti dengan pembangunan besar-besaran contohnya jalanan, jembatan, bandara, pelabuhan maupun proyek lainnya.
  4. Bidang teknologi. Bidang ini sangat terasa perkembangannya dengan bukti banyaknya teknologi - teknologi yang bermunculan untuk mempermudah masyarakat maupun pemerintahan dalam melakukan berbagai aktivitas seperti smartphone, internet serta teknologi pelayanan.
  5. Bidang demokrasi, seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara hukum dan negara demokrasi dimana menjunjung tinggi kebebasan pers, hak asasi manusia serta keadilan untuk masyarakat.

    Namun, masih terdapat berbagai permasalahan ataupun tantangan yang harus di atasi pemerintah maupun masyarakat Indonesia di masa depan, seperti kesenjangan sosial, ketimpangan ekonomi, keadilan, kejujuran, kebebasan berpendapat serta apresiasi terhadap masyarakat maupun individu yang telah mengharumkan nama Indonesia. Karena beberapa hal tersebut berpengaruh besar terhadap perkembangan serta kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mewujudkan keadilan bagi masyarakat agar makmur dan sejahtera serta mengatasi berbagai permasalahan ataupun tantangan yang semakin ketat di masa depan, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki kualitas kepemimpinan yang baik, seperti :

  1. Visonary yaitu memiliki visi jangka panjang yang jelas sejalan dengan UUD yang berlaku dan bisa mengembangkan strategi yang efektif untuk mewujudkan tujuan jangka panjang yang sudah ditentukan.
  2. Kepemipinan karena setiap pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sehingga mampu memberikan arahan dan mengambil keputusan yang tepat walaupun dalam situasi yang sulit.
  3. Tanggung jawab. Tentu seorang pemimpin harus bertanggung jawab karena pemimpinlah yang mengambil keputusan dan pemimpin juga yang harus bertanggung jawab atas keputusan yang telah dia ambil. Keberhasilan dan kegagalan harus siap dipertanggungjawabkan oleh seorang pemimpin.
  4. Empati. Seorang pemimpin harus memiliki rasa empati yang besar sehingga bisa merasakan emosi, memahami kebutuhan serta keinginan masyarakatnya.
  5. Inovatif yaitu terbuka dengan perubahan serta mendorong inovasi untuk kemajuan negara dan masyarakat yang dipimpinnya.
  6. Kreatif yaitu memiliki ide atau pemikiran yang luar biasa serta mampu mencari solusi terbaik dalam menghadapi suatu masalah dan menciptakan ide - ide baru untuk memajukan suatu negara.
  7. Komunikatif karena seorang pemimpin akan terbiasa untuk menyampaikan banyak hal sehingga dibutuhkan pemimpin yang komunikatif agar pesan dan informasi yang disampaikan untuk masyarakat ataupun anggotanya bisa diterima dengan baik.
  8. Kolaboratif yaitu bisa bekerja sama dengan berbagai sektor dan sering melibatkan generasi muda untuk ikut berkontribusi dalam memajukan negaranya.
  9. Memiliki integritas karena pemimpin merupakan orang yang terhormat apabila selalu jujur serta melakukan sesuatu yang sesuai terhadap UUD 1945 dan apapun yang disampaikan maka masyarakat akan mempercayainya.
  10. Berpendidikan/berwawasan. Wawasan yang luas menjadikan pemimpin mampu untuk mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan suatu keputusan sebab dia berpikir bahwa banyak perbedaan yang harus tetap bersatu tanpa saling merasa disakiti atau menyakiti. 

Berdasarkan beberapa point tersebut mampu menjadi alasan kenapa pemimpin harus memiliki sifat, sikap dan karakteristik khusus. Karena pemimpin yang baik harus mampu melewati kesulitan dengan baik juga berfokus terhadap tujuan yang sudah dijelaskan dan disepakati bersama.