Literasi

Membumikan Literasi dalam kegiatan ICL bersama Kepsek dan Guru di Kabupaten Mempawah

Kamis, 2 Februari 2023, 20:29 WIB
Dibaca 1.047
Membumikan Literasi dalam kegiatan ICL bersama Kepsek dan Guru di Kabupaten Mempawah
dok. pribadi

Forum Indonesia Menulis dalam kegiatan Program Organisasi Penggerak telah melaksanakan kegiatan Indonesia Cakap Literasi (ICL) di Kabupaten Mempawah. Kegiatan ini bersinergi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi sejak tahun 2021. Sebanyak 149 Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP mengikuti kegiatan ICL pada Selasa (31/01) di gedung Chandramidi Kabupaten Mempawah.

Kegiatan ICL ini dilaksanakan secara tatap muka selama delapan kali pertemuan serta didukung penuh oleh Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata  Kabupaten Mempawah. Kepala KADISDIKPORAPAR, El Zuratnam, S. Pd., MM dalam sesi sebagai narasumber, mendorong Kepala Sekolah dan guru untuk mengikuti kegiatan ICL di tahun 2023 ini secara maksimal serta dapat menggalakkan literasi di sekolah masing-masing demi memajukan Pendidikan di Kabupaten Mempawah.

Menelaah pada latar belakang Program Organisasi penggerak (POP) yang merupakan wadah kolaborasi antara pemerintah dengan organisasi masyarakat sebagai bentuk upaya kontributif untuk memajukan dunia Pendidikan. Salah satu ormas terpilih dalam hal ini Forum Indonesia Menulis memiliki inovasi dan kreativitas program yang berdampak pada Pendidikan di tanah air dengan memberikan pelatihan literasi kepada kepala sekolah dan guru jenjang SD dan SMP di 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.

Hal yang menjadi tujuan dalam pelaksanaan ICL ini adalah kegiatan penguatan literasi dan karakter lanjutan dari pelaksanaan POP sejak tahun 2021 dan 2022. Adapun program pelatihan Indonesia Cakap Literasi ini dilaksanakan dalam tiga kegiatan utama yakni, Kelas Literasi Digital, Kelas Berkisah dan Kelas Jurnalistik.

Deskripsi kegiatan Kelas Literasi Digital memiliki tujuan untuk mengenalkan dunia literasi digital kepada peserta pelatihan ICL. Dalam pelatihan ini para kepala sekolah dan guru dilatih dan diberi pendampingan untuk memahami literasi digital sehingga mampu mengembangkan jenis kegiatan literasi digital di sekolahnya masing-masing. Output yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah ketrampilan peserta dalam menggunakan aplikasi platform literasi digital serta mendesiminasikan Rencana Tindak Lanjut kegiatan literasi digital di sekolah.

Kegiatan kedua yakni, Kelas Berkisah. Dalam kegiatan ini peserta dilatih dan diberi pendampingan untuk menciptakan kelas yang menyenangkan melalui praktik literasi yang diintegrasikan dengan Teknik story telling dan role play. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dengan menggunakan teknik story telling sehingga dapat menciptakan suasana kelas yang asyik dan menyenangkan. Kegiatan ini menuai hasil tulisan hasil cerita peserta serta dokumentasi video diseminasi story telling dan role play.

Adapun dalam kegiatan Kelas Jurnalistik, seluruh peserta POP diberi pendampingan untuk mengumpulkan informasi dan membaca agar dapat memiliki budaya mengakses dan mengumpulkan informasi yang bermanfaat dan mampu mengembangkannnya menjadi suatu proyek/karya yang edukatif serta dapat menuangkan informasi yang didapatkan dalam bentuk berita. Output dari kegiatan Jurnalistik adalah peserta POP mampu menghasilkan artikel yang dihimpun dalam satu majalah.

Pelatihan ICL ini berlangsung selama empat hari dengan rundown delapan kali pertemuan. Dalam pelatihan ini dihadiri oleh narasumber yang berkompenten dalam bidangnya masing-masing, yakni dari Forum Indonesia Menulis serta pihak Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah.

Harapan kami dari Forum Indonesia Menulis kepada seluruh peserta POP agar dapat mengembangkan praktik baik selama mengikuti pelatihan Program Organisasi penggerak di lingkungan sekolah masing-masing sehingga dapat terciptanya budaya literat yang berkesinambungan serta terciptanya pembelajaran sepanjang hayat.

Terimakasih kami ucapan kepada:

  • Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah yang telah berkenan mensupport penuh kegiatan POP selama tiga tahun sejak 2021 sampai dengan tahun 2023 ini;
  • Seluruh peserta Program Organisasi Penggerak (POP) jenjang SD dan SMP Kabupaten Mempawah yang dengan sudi dan berbesar hati menyimak dan mengikuti serta mengimplementasikan serangkaian praktik baik dalam kegiatan POP;
  • Bapak Ibu mentor hebat, Ibu Yanti Ngudi Lestari, Bapak Wan Mustadi, Bapak Nurul Mukhson dan Ibu Marsinten yang telah berjuang dalam mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga guna memberikan pendampingan kepada seluruh peserta
  • Seluruh narasumber yang berkenan men-sharing-kan ilmunya dalam kegiatan POP-ICL ini.

Semoga di lain waktu kita dapat bersua Kembali. Selamat berkarya, semoga segala daya usaha kita guna memajukan pendidikan di kancah Bumi Pertiwi menghasilkan buah yang berkelimpahan.