Literasi

Kampung Bahasa di SMKN 1 Malinau

Kamis, 7 Juli 2022, 08:26 WIB
Dibaca 279
Kampung Bahasa di SMKN 1 Malinau
Kampung Bahasa SMKN1 MALINAU

Kampung Bahasa merupakan kegiatan mengembangkan skil dan kemampuan berbahasa Inggris yang saya lakukan untuk siswa-siswa di SMK Negeri 1 Malinau. Kegiatan Kampung Bahasa Ini sudah dimulai sejak tahun 2020, tepatnya pada awal Bulan September saat pandemi Covid 19 dan masih aktif sampai sekarang.

Hal yang saya lakukan dalam kegiatan ini adalah merencanakan dan menjalankan suatu pertemuan menggunakan aplikasi Zoom dengan mengundang seluruh siswa yang terdata sebagai peserta kegiatan Kampung Bahasa. Saya juga mengundang seorang teman sebagai penutur asli Bahasa Inggris yang berasal dari Jerman, Inggris, dan Belanda.

Mereka akan saya undang untuk mengikuti Zoom Meeting bersama para siswa dan saya pandu sendiri acara tersebut. Dalam pertemuan Zoom Meeting ini kami biasanya membahas dan mendiskusikan tentang suatu topik yang semua peserta bisa aktif terlibat baik sebagai presenter maupun sebagai moderator.

Salah satu contoh topik sharing dan berbagi Informasi kami lakukan lewat Zoom Meeting bisa dilihat lewat link video saya ini.

Di sini salah seorang murid saya bersama Lingai Bayuk sedang melakukan presentasi tentang Desa Wisata Setulang. Dalam hal ini teman saya yang berasal dari Jerman, Roman Rodin sangat senang dengan informasi tentang Desa Wisata Setulang. Dalam kesempatan ini siswa-siswa saya juga mendapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan para native speaker tersebut.

Kampung Bahasa ini merupakan kegiatan pembelajaran tambahan bagi siswa. Kegiatan ini dilakukan di luar jam pembelajaran. Fokus kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking dan listening dari siswa saat berbicara dengan penutur asli.

Hal yang memotivasi saya untuk melakukan kegiatan ini adalah saya merasa bahwa kemampuan Bahasa Inggris anak didik saya masih sangat jauh tertinggal bila dibandingkan dengan siswa-siswa yang ada di kota besar dan maju seperti Jakarta. Jadi saya melihat perlu adanya suatu gerakan atau kegiatan yang bisa saya lakukan untuk menambah waktu pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah yang sangat terbatas.

Contoh lainnya dari kegiatan Kampung Bahasa yang saya lakukan dalam Tahun 2022 ini bisa dilihat dari Link google drive berikut ini:

https://drive.google.com/drive/folders/1rSxLtQ6WMPLJ69jm0DJCQYO4ylZ6PKiK?usp=sharing

Dalam kesempatan tersebut, saya mengundang salah seorang teman saya, David Morris yang berasal dari Inggris. Dia mahasiswa yang masih aktif mengikuti perkulian di Jurusan Bisnis di The University of Edinburgh UK. 

Saya memberikan kesempatan kepada David Morris untuk membagikan pengalamannya sebagai mahasiswa dan memberikan motivasi tentang nilai-nilai penting bagi seorang pelajar seperti memiliki management waktu yang baik, bertanggung jawab dan disiplin.

Kegiatan tersebut kami lakukan pada 20 Januari tahun 2022. Sepuluh siswa hadir dalam kegiatan melalui Zoom meeting itu. Mereka sangat antusias mendengarkan serta aktif memberikan pertanyaan saat diskusi bersama David Morris. Para siswa merasa sangat senang ketika akhirnya bisa berbicara langsung dengan penutur asli Bahasa Inggris.

Namun, ada beberapa kendala yang biasanya saya hadapi pada saat melakukan kegiatan Kampung Bahasa ini. Pada saat Zoom Meeting terkadang terjadi kendala jaringan internet. Di samping itu, mengingat perbedaan waktu antara Indonesia dengan teman-teman di luar negeri, kadang sedikit susah untuk melakukan pengaturan jadwal zoom bersama.

Benri Purba, S.S. (Guru Bahasa Inggris SMKN1 MALINAU)