Riset

Si "Coconut" dengan Berjuta Manfaat

Senin, 25 Januari 2021, 11:37 WIB
Dibaca 384
Si "Coconut" dengan Berjuta Manfaat

Dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini, hampir tiap hari saya mengkonsumsi buah kelapa/coconut. Bukan hanya penikmat buah kelapa karena pohonnya pendek, tetapi buahnya sangat bermanfaat, apalgi di masa-masa pandemic covid-19. Buah kelapa ini saya tanam dekat dengan rumah yang kurang lebih berumur 2-3 tahun sudah berbuah dan dapat dinikmati.

Kelapa ini merupakan jenis kelapa yang pendek biasanya orang menyebutnya kelapa hibriba/Genjah. Bagi saya apapun namanya tetaplah buah kelapa yang sungguh nikmat. Meskipun sebenarnya banyak sekali jenis kelapa dari yang jenis pendek sampai dengan yang pohonya cukup tinggi.

Jika kita perhatikan bahwa si coconut/kelapa ini banyak sekali manfaatnya, baik sebagai sumber makanan, kesehatan, bangunan, bahan kerajinan, usaha kuliner sampai usaha pariwisata bahkan sebagai bahan bakar (bio diesel) kelapa juga bisa. Berikut akan kita lihat manfaat kelapa yang dapat kita paparkan.

1.   SEBAGAI SUMBER MAKANAN

Buah Kelapa dapat dikonsumsi langsung tanpa harus dimasak, terutama kelapa muda. Seringkali penjual es buah kelapa kita jumpai sebagai bahan utamanya adalah kelapa muda yang cukup masyarakat Indonesia menyukainya termasuk saya. Bahkan pernah saya  mendapatkan cerita dari orang tua jika ada yang kelaparan cukup diberikan Kelapa dengan Gula Merah untuk menggantikan makanan yang biasa kita makan sebagai pengganti.

Kelapa juga dapat menghasilkan/dijadikan gula merah yang sering kita manfaatkan sebagai bahan masakan. Untuk menjadikan gula dengan mengambil nira/tuak kelapa yang dihasilkan dari bunga kelapa/manggar.

Di dalam pohon kelapa juga ada yang dinamakan umbut kelapa/pondoh saya menyebutnya. Umbut ini dapat dijadikan sebagai masakan sayuran, biasanya sayuran santan ini sangat nikmat bagi pecinta sayuran umbut. Bahkan kelapa itu sendiri dapat dijadikan sebagai Santan dan Minyak Goreng. Untuk membuat santan kelapa cukup mudah begitu pula dengan minyak goreng dari kelapa sangat mudah. Boleh belajar dengan saya.

2.   SEBAGAI BAHAN KESEHATAN

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi, sebagai bahannya adalah makanan yang kita makan. Dari sebuah jurnal yang diterbitkan PubMed Central Amerika tahun 2016, buah kelapa memiliki kandungan lemak yang sebagian besar adalah medium-chain triglycrides (MCT). Lemak inilah yang bisa membantu pembakaran lemak menjadi energi. Daging kelapa juga punya kandungan karbohidrat, protein, dan beberapa mineral yang tinggi.

 Berikut beberapa manfaat dari buah kelapa sebagai bahan kesehatan dari berbagai sumber;

1. Mengontrol gula darah

 Menurut FoodData Central dari US Department of Agriculture (USDA), 100 gram daging kelapa mengandung sekitar 3 gram protein. Sedangkan daging kelapa kering, punya kandungan protein mencapai dua kali lipatnya. Protein yang tinggi pada kelapa berguna sebagai obat anti diabetes. Sementara, arginine dan asam amino yang ditemukan pada kelapa, dapat meningkatkan fungsi pankreas untuk melepaskan hormon insulin sehingga kadar gula tetap stabil.

 2. Cocok untuk diet

 Meski dikenal sebagai makanan berlemak, serat pada daging kelapa juga tak kalah tinggi. 100 gram kelapa segar punya kandungan serat mencapai 9 gram, dan 18 gram serat pada kelapa kering. Seratnya berfungsi melancarkan proses pencernaan sekaligus mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

 3. Meningkatkan kekebalan tubuh

 Menyantap 100 gram daging kelapa kering bisa memenuhi kebutuhan mangan harian hingga 137 persen. Asupan mangan ditambah kandungan phenolic yang bersifat antioksidan, dapat menjaga tubuh dari serangan virus penyakit. Lemak MCT pada daging kelapa, juga berfungsi sebagai antivirus dan anti jamur. Bahkan bisa menekan pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Meningkatkan konsentrasi 

Lemak MCT pada buah kelapa juga bisa meningkatkan kemampuan otak dalam memproses informasi. Menurut jurnal The role of Dietary Coconut for The Prevention and Treatment of Alzheimer's Disease, MCT berfungsi sebagai bahan bakar untuk glukosa yang dapat meningkatkan kesehatan otak. MCT juga berperan penting untuk membantu meningkatkan daya ingat, dan menurunkan risiko Alzheimer pada usia lanjut. 

5. Melancarkan proses pencernaan 

Selain cocok untuk diet, serat tinggi pada kelapa bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Berdasarkan jurnal Dietary Fiber from Coconut Flour: A functional Food tahun 2006, serat berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik penghasil short-chain fatty acids (SCFA) di saluran pencernaan. SCFA ini nantinya berguna menurunkan inflamasi atau peradangan yang menyebabkan masalah pencernaan.

6. Memperkuat tulang

Buah kelapa tinggi akan mineral magnesium dan mangan. Jurnal Manganese in Health and Disease yang diterbitkan PubMed mengemukakan, bahwa asupan mineral yang tercukupi dapat meningkatkan kepadatan tulang. Bila disantap teratur, mineral ini juga akan menjaga tulang dari pengeroposan yang menyebabkan osteoporosis pada usia lanjut.

Selain manfaat kesehatan di atas manfaat sicocomut/kelapa ini diantaranya adalah

1.  Mengatasi gatal

Manfaat akar pohon kelapa yang pertama. Ternyata manfaat akar pohon kelapa juga mampu mengatasi gatal pada kulit.Terutama gatal yang terjadi pada celah kulit di sela-sela jari kaki atau tangan dan celah lain yang lembab. Biasanya celah kulit yang lembab, rawan terjadi gatal, dan terkena penyakit kudis dan penyakit lainnya. Jika Anda mengalami penyakit tersebut, Anda dapat menggunakan ramuan dari akar kelapa untuk mengobatinya. Caranya cukup mudah, yaitu rebus akar dari pohon kelapa tersebut, lalu minum air rebusan akar pohon kelapa tersebut secara rutin hingga rasa gatal-gatal pada kulit menghilang.

2. Meredakan demam

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, yaitu mampu menurunkan suhu panas pada tubuh karena demam. Untuk meredakan demam pada tubuh, Anda dapat menggunakan akar pohon kelapa. Caranya dengan menumbuk akar pohon kelapa yang telah dikeringkan lalu rebus hingga mendidih. lalu minum air rebusan dari akar pohon kelapa tersebut dua kali sehari, hingga demam pada tubuh menurun

3. Mengatasi diare

Jika Anda mengalami diare, maka Anda dapat mengatasi penyakit tersebut dengan mengambil manfaat akar pohon kelapa. Rasa yang dimiliki akar kelapa lumayan pekat dan sepat, seperti pada daun jambu. Akar pohon kelapa ini dipercaya dapat mengatasi penyakit diare. Cara mengonsumsinya pun juga sama dengan mengonsumsi akar pohon kelapa untuk mengobati demam dan gatal, yaitu dengan merebus akar kelapa dengan air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut hingga diare berkurang.

4. Mengatasi wasir dan ambeien

Penyakit wasir dan ambeien memang cukup mengganggu dan dapat menimbulkan rasa sakit sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman saat beraktivitas. Sama seperti mengobati penyakit lainnya, Anda juga cukup merebus dan meminum ramuan yang dihasilkan dari akar pohon kelapa tersebut.

5. Melancarkan peredaran darah

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, dipercaya akar pohon kelapa dapat melancarkan peredaran darah. Manfaat tersebut sangat perlu, terutama bagi Anda yang memang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Ramuan dari akar pohon kelapa ini dapat membantu meredakannya. Namun efek yang dihasilkan memang tidak langsung terasa. Sehingga Anda perlu mengonsumsinya secara bertahap dan rutin agar dapat merasakan manfaat akar pohon kelapa ini.

3.   BAHAN BANGUNAN

Batang pohon kelapa yang cukup besar dan panjang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan jematan yang sederhana sebagai pengganti kayu yang biasa digunakan sebagai bahan jembatan. Selain dari pada itu, jika kita lihat dari pohon kelapa ini banyak masyarakat yang memanfaatkan baik kayunya maupun daunnya sebagai bahan bangunan. Daun pohon kelapa dapat dijadikan sebagai atap rumah.

Bahkan saya sendiri pernah mengalami tinggal di rumah yang beratapkan dari daun kelapa yang diolah menjadi atap rumah. Bahkan di salah satu suku di Indonesia Suku Baduy atap rumah adat Suku baduy menggunakan ijuk yang terbuat dari daun kelapa yang telah dikeringkan.

Dalam sebuah situs ada yang menyatakan Coconut Palace, Istana Wapres Filipina dari Pohon Kelapa. MANILA - Kediaman resmi dan tempat kerja Wakil Presiden Filipina di Manila, disebut Coconut Palace atau Tahanang Pilipino atau dalam bahasa Indonesia berarti Istana Kelapa. Nama tersebut digunakan karena dalam pembangunan istana tergolong cukup unik, dengan menggunakan banyak potongan kayu kelapa dan berbagai bagian lainnya dari pohon kelapa.

Dilansir dari laman Amusing Planet, Selasa (9/2/2016), atapnya terbuat dari sirap kayu kelapa, sedangkan untuk struktur kolom bangunan seperti tiang, berbentuk batang kelapa terbalik, dengan tonjolan khas kelapa yakni akar membentuk batang pohon.

Lantai kayu bergambar pun menutupi seluruh lantainya, serta karpet terbuat dari serat kelapa dan wallpaper dari pelepah berserabut.

Ada juga lampu gantung besar yang terbuat dari 101 buah batok kelapa, dan begitu pula meja makan yang terbuat dari 40 ribu potongan-potongan kecil dari berhiaskan tempurung kelapa.

Dikatakan bahwa hampir 70 persen dari struktur bangunan terbuat dari pohon kelapa. Semua bagian dari kelapa mulai akar pohon hingga batang, kulit kayu, buah, bunga dan tempurung digunakan untuk merancang dan menghias istana sebagai sebuah demonstrasi fleksibilitas dari kelapa yang rendah hati. Tidak heran Filipina menyebut pohon kelapa sebagai pohon kehidupan. 

4.   BAHAN KERAJINAN

Manfaat lain dari pohon kelapa adalah sebagai bahan kerajinan, terutama batok kelapa. Dari batok kelapa inilah seorang pengrajin asal Sumatera Barat sebut saja namanya Syafri seorang pria yang menggeluti kerajinan berbahan batok kelapa menjadikan kerajinan yang bisa GO Internasional. Kerajinan yang dihasilkannya seperti dompet, tas, lampu hias, hingga mainan kunci dan celengan anak-anak.

Dengan menggunakan peralatan manual, limbah dari buah kelapa ini dibersihkan dan digerinda hingga licin yang kemudian dibentuk dan dilapisi dengan kain dan resleting yang kemudian menjadi sebuah tas cantik yang ramah lingkungan.Barang-barang hasil kreasi Syafri dijual mulai dari harga Rp10 ribu hingga Rp80 ribu, sebuah tas cantik dari batok kelapa ini dijual seharga Rp30 ribu. Dalam sehari dia bisa menghasilkan 40 tas dan dompet dari batok kelapa. Hasil karyanya tersebut kemudian dipasarkan secara online hingga menembus pasar dunia.

5.   SEBAGAI BAHAN BAKAR

 Buah kelapa dapat kita olah menjadi minyak sebagai bahan bakar biodiesel, karena buah kelapa yang tua dapat diolah menjadi santan dan dapat dijadikan sebagai minyak kelapa yang dapat dijadikan bahan bakar bagi mesin. Dalam sebuah jurnal penelitian menyebutkan bahwa buah kelapa dapat dijadikan bahan bakar pengganti solar. Bahan bakar minyak dari buah kelapa kini tengah diproduksi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Bahan bakar alternatif itu bisa digunakan oleh masyarakat umum dan merupakan sumber energi bagi alat pertahanan-keamanan milik TNI. PT Incofact Bio-Energy Baluran adalah perusahaan yang memproduksi bahan bakar minyak alternatif itu. Sedangkan dalam jurnal penelitian lain menyimpulkan bahwa

1.  Minyak biodiesel yang bersumber dari minyak kelapa dapat dibuat secara mudah dengan cara me reaksikan (mencampurkan) minyak kelapa dengan methanol dan katalis NaOH yang akan menghasilkan biodiesel dan gliserin.

2.  Tingkat keberhasilan dalam proses pembutan biodiesel dipengaruhi oleh putaran pengadukan, temperatur pemanasan dan kadar katalis serta kandungan air ketika pembuatan sodium metoksid.

3.  Bahan bakar biodiesel minyak kelapa mempunyai potensi besar untuk diaplikasikan sebagai bahan bakar pengganti minyak diesel/solar. Flash point dari biodiesel kelapa lebih rendah dari pada solar. Nilai kalor bahan bakar biodiesel minyak kelapa setara dengan solar.

Jika kita di Indonesia mengembangkan industry bio diesel saya sangat yakin akan bisa tercapai karena buah kelapa sangat terdapat di Indonesia. Semoga suatu hari nanti hal ini bisa terwujud.

6.   SEBAGAI USAHA KULINER DAN PARIWISATA

Buah kelapa juga dapat dijadikan sebagai salah satu usaha kuliner. Contohnya adalah usaha es buah kelapa muda. Apalagi jika suasana panas, usaha ini sangat berpeluang. Karena es buah kelapa banyak diminati oleh masyarakat Indonesia terutama pada saat bulan puasa, banyak sekali ketika menjelang berbuka puasa minuman yang berbahan kelapa ini sangat dicari.

Di dalam sebuah situs menceritakan sebut saja namanya Beni Irawan pedagang minuman air kelapa yang cukup sukses terutama pada masa-masa pandemi seperti saat ini. Ia memanfaatkan teknologi digitalisasi untuk menjualkan minuman kelapanya hingga meraup keuntungan 100%, bahkan sudah membuka cabangnya di berbagai tempat.

 

Selain sebagai usaha kuliner pohon kelapa juga dapat dijadikan sebagai usaha Pariwisata. Di pantai Carita Banten disana terdapat wisata dengan konsep Coconut Island. Bahkan ditempat lain ada yang menjadikan pohon kelapa benar-benar di jadikan destinasi wisata kelapa, sebut saja pemiliknya adalah Destinasi wisata kuliner di kebun kelapa kopyor milik Ismail di Desa Kenanti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Konsep ini mengangkat kebun kelapa menjadi destinasi wisata. Bahkan masih banyak lagi destinasi wisata ala kelapa yang dapat dijadikan usaha pariwisata.

7.   SEBAGAI JUDUL LAGU

Dalam sebuah lagu wajib nasional kita kelapa juga di jadikan sebagai judul lagu yang sering kita nyanyikan tertutama ketika lagu-lagu nasional dinyanyikan pada saat hari kemerdekaan Republik Indonesia.

RAYUAN PULAU KELAPA

Ciptaan:Ismail Marzuki

Tanah airku Indonesia

Negeri elok amat kucinta

Tanah Tumpah darahku yang mulia

Yang kupuja sepanjang masa

 

Tanah airku aman dan makmur

Pulau Kelapa yang amat subur

Pulau melati pujaan bangsa

Sejak dulu kala

 

Reff:

Melambai lambai

Nyiur di pantai

Berbisik bisik

Raja Kelana

Memuja pulau

Nan indah permai

Tanah Airku

Indonesia

Demikianlah uraian tentang SI COCONUT YANG BERJUTA MANFAAT, dari sebagai bahan makanan sampai dengan di jadikan sebuah judul lagu wajib semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca dimanapun berada.  

***