Politik

Melesetnya Hitungan Lembaga Survei pada Pilgub Kaltara 2020

Selasa, 23 Februari 2021, 15:21 WIB
Dibaca 119
Melesetnya Hitungan Lembaga Survei pada Pilgub Kaltara 2020
Pilgub Kaltara 2020

Dodi Mawardi

Penulis senior

 

Tak banyak orang memperhatikan fakta ini. Pilgub Kaltara 2020 lalu, memang kurang perhatian media massa nasional. Padahal, ada fenomena dahsyat di sana. Seluruh hasil hitungan lembaga survei yang terdaftar di KPU, meleset. Ya, semuanya meleset. Mendekati pun tidak. Kenapa bisa begitu?

Silakan cermati hasil survei LSI, yang konon katanya paling akurat dalam beberapa Pilpres dan Pilkada. Lembaga ini juga sering mengklaim sebagai lembaga survei paling top di Indonesia. Berikut ini saya tampilkan hasil hitungan LSI dari bulan ke bulan pada Pilgub Kaltara 2020 lalu.

Hasil Survei LSI pada Juli 2020:

Nomor urut 1 – Irianto (petahana) 35%

Nomor urut 2 – Udin-Undun 17,95%

Nomor urut 3 – Zaenal Paling – Yansen TP 9,32%

 

Hasil Survei LSI pada November 2020 atau kurang dari DUA PEKAN sebelum pelaksanaan Pilgub:

Nomor urut 1 – Irianto Lambrie – Irwan Sabri 37,3%

Nomor urut 2 – Udin Hianggo – Undun 19,6%

Nomor urut 3 – Zainal Paliwang – Yansen TP 23,9%

 

Secara konsisten, LSI mengunggulkan pasangan petahana sebagai pemenang Pilgub Kaltara. Pada September mereka juga merilis hasil survei dengan komposisi persentase yang tidak jauh berbeda. Irianto tetap unggul konsisten pada angka 30-an%

 

Lembaga survei Point Indonesia juga merilis hasil hitungan mereka tak beda jauh dengan LSI.

Pada November 2020, Point Indonesia merisil hasil sebagai berikut:

Nomor urut 1 – Irianto Lambrie – Irwan Sabri 35,1%

Nomor urut 2 – H. Udin Hianggio-Undunsyah 26,4%

Nomor urut 3 – Zainal Paliwang - Yansen TP meraup 14,8%

Hasil survei jauh sebelumnya dari Indikator dan Indo Barometer, juga mengunggulkan Irianto. Berita-berita media massa baik nasional maupun lokal pun, selalu memberikan judul bahwa yang bersaing ketat dalam Pilgub Kaltara adalah petahana, antara Irianto Lambrie melawan Udin Hianggo. Pasangan Zaenal – Yansen hanya dipandang sebelah mata.

Hanya tim internal Zaenal Paliwang – Yansen TP yang yakin mereka akan menang, berdasarkan hasil hitungan timnya sendiri. Angkanya kebalikan dari hasil survei LSI, Point Indonesia, dan lembaga survei lainnya.

Siapa pemenang Pilgub Kaltara 2020?

Dengan perolehan angka 45% pasangan Zaenal Paliwang – Yansen TP menang pada Pilgub Kaltara. Suatu perolehan suara yang luar biasa, karena mereka mengalahkan dua calon petahana. Irianto adalah Gubernur 2016-2021, dan Udin Hianggo adalah Wakil Gubernur 2016-2021. Perolehan suara Irianto tak lebih dari 34%, sedangkan Udin hanya 19%.

 Apa artinya? Ternyata hasil survei lembaga besar seperti LSI, meleset teramat jauh. Boro-boro mendekati. Angkanya terlalu jauh. Setelah ditelisik, oh banyak faktor di Kaltara yang tidak dikuasai para pelaku lembaga survei yang berpusat di Jakarta. Tidak tahu peta terkini di lokasi, dan juga (mungkin) tergantung siapa yang memesannya…

Jadi sebelum percaya atau tidak pada suatu hasil survei, terutama dalam Pilkada baik Pilbup, Pilwalkot maupun Pilgub, lihat dulu siapa yang memesan dan membiayai lembaga survei tersebut!

***