Politik

Presiden Jokowi Lantik Gubernur/Wagub Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara

Senin, 15 Februari 2021, 10:22 WIB
Dibaca 327
Presiden Jokowi Lantik Gubernur/Wagub Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara
Pelantikan oleh Jokowi di Istana Negara

Dodi Mawardi

Penulis senior

  

Pagi ini, menjadi kabar menggembirakan bagi masyarakat Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara. Bertempat di Istana Negara Jakarta, Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara dan Sulawesi Utara. Zainal A. Paliwang dan Yansen TP., serta Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw akan memimpin provinsinya masing-masing sampai tahun 2024.

 

Pelantikan dihadiri segenap pejabat utama Indonesia, antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Koordinator Politik Keamanan Mahfud MD. Para pejabat yang dilantik juga didampingi oleh pasangannya masing-masing.

 

 Zainal A. Paliwang adalah perwira tinggi Polri berpangkat brigadir jenderal, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Utara. Sedangkan Yansen TP., merupakan Bupati Malinau dua periode 2011-2015 dan 2016-2021. Keduanya mengusung jargon Kaltara Rumah Kita – Kabupaten/Kota Pilar Provinsi, dan Membangun Desa Menata Kota Bersama Wujudkan Kaltara yang Berubah, Maju, dan Sejahtera.  Yansen TP., memang terkenal sebagai pencetus program pembangunan bottom up, dengan basis warga desa bahkan sampai ke level RT. Visi misi pembangunan Kaltara selaras dengan pembangunan yang sudah dijalankannya di Malinau, selama 10 tahun terakhir.

 

Selama 3,5 tahun ke depan, warga Kalimantan Utara akan membuktikan apakah visi dan misi pasangan Zainal dan Yansen yang kerap disebut Ziyap, benar-benar siap melaksanakan janji kampanyenya. Melihat sepak terjang Yansen di Malinau dan rekam jejak karier Zainal di kepolisian, seharusnya Kaltara mampu mewujudkan impiannya menjadi provinsi termuda yang sejajar dan bahkan unggul dibanding provinsi lainnya.

 

Segenap tim editorial YTPRayeh.com, turut mengucapkan selamat atas pelantikan Zainal A. Paliwang dan Yansen TP serta kepada Olly dan Steven sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Kaltara dan Sulawesi Utara. Semoga sukses dan amanah dalam menjalankan tugas mulia ini.