Literasi

Kuliah Umum IoT Dan Data Mining Program Studi Teknologi Informasi

Kamis, 12 Mei 2022, 11:25 WIB
Dibaca 20
Kuliah Umum IoT Dan Data Mining Program Studi Teknologi Informasi
Kuliah Umum yang diadakan oleh HMTI Institut Shanti Bhuana denagn Topik IoT dan Data Mining

Pada hari Kamis, 21 April 2022, mahasiswa Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana, mengadakan kuliah umum dengan tema IoT dan Data Mining. Kuliah umum sesi I dimulai 10.45 – 12.00 WIB dan dilanjutkan sesi II 14.00-16.00 WIB. Tema kuliah umum pertama ini mengambil IoT dan Data mining agar mahasiswa dapat memahami kebutuhan di era teknologi mengenai tools yang melibatkan IoT dan Data Mining salah satu contohnya teknologi cloud dalam berbagai bidang IT. IoT merupakan sebuah konsep dimana suatu benda atau objek ditanamkan teknologi – teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk komunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama masih terhubung ke internet. Sedangkan Data Mining adalah kegiatan menemukan pola yang menarik dari data dalam jumlah besar, data dapat disimpan dalam database, data warehouse, atau penyimpanan informasi lainnya.

Pemateri pertama adalah Bapak Gogor Chrismass Setiawan S.Si., M.Sc, beliau merupakan dosen Informatika di Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta, pada kuliah umum kali ini beliau memaparkan tentang teknologi jaringan dan IoT.

Kemudian, untuk materi data mining dipaparkan oleh Bapak Hairani S.Kom., M.Eng dari Universitas Bumi Gora Mataram.

Kedua narasumber membawakan materi dengan gaya yang berbeda namun cukup menarik sehingga menambah minat para peserta untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai IoT dan data mining. Kuliah umum ini ditutup dengan tanya jawab dari peserta.

Hadirnya IoT dan pentingnya data mining di kehidupan kita , membuat kita harus terus belajar dan terus menggali pengetahuan dalam bidang teknologi informasi untuk menemukan inovasi baru yang dapat mempermudah pekerjaan kita dan menjadikan hidup kita menjadi lebih modern lagi. Mari, kita terus menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya IoT dan data mining di masa sekarang dan masa mendatang.