Hobi

Kesempurnaan Sebuah Lagu

Kamis, 24 Juni 2021, 17:31 WIB
Dibaca 103
Kesempurnaan Sebuah Lagu
Dok. Dari Berbagai sumber yang diolah

KESEMPURNAAN SEBUAH LAGU

(SYAIR/LIRIK LAGU, MUSIK, DAN PENYANYI)

Oleh. Sarun

 

Anda suka bernyanyi??? Tahukah anda dalam bernyanyi ada tiga komponen penting yang ada di dalamnya. Ini menurut saya looh. Meskipun saya bukan seorang penyanyi namun jujur saya suka, baik lagu bernuansa dangdut, pop, slow, lagu daerah dan lagu rohani. Kalau anda, suka yang mana? Lagu dangdut karya bang Haji Rhoma Irama saya suka, lagu-lagunya Om Ebiet G. Ade saya juga suka. Lagunya om Dedi Kempot itu juga asyik. Meskipun saya suka lagu-lagu tersebut namun saya belum pernah bertemu dengan mereka apalagi konser bareng. Setelah saya merenung dan memperhatikan dalam sebuah lagu ternya ada unsure terpenting di dalamnya.

1.   Syair/Lirik Lagu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

syair/sya·ir/ n Sas 1 puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan bunyi yang sama; 2 sajak; puisi;
bersyair/ber·sya·ir/ v 1 sedang mengarang syair: jangan diganggu, ia sedang tekun -; 2 membacakan (melagukan) syair; deklamasi: anak itu pandai -;
menyairkan/me·nya·ir·kan/ v 1 mengarang syair; 2 melagukan syair;
pensyair/pen·sya·ir/ n penyair;
penyair/pe·nya·ir/ n 1 pengarang syair; pengarang sajak; 2 pujangga;
kepenyairan/ke·pe·nya·ir·an/ n perihal (yang berhubungan dengan, yang bersifat) penyair

 

lirik3/li·rik/ n Sas 1 karya sastra (puisi) yang berisi curahan perasaan pribadi; 2 susunan kata sebuah nyanyian; -- dramatik cakapan tunggal dramatik

 

Jika di gabung kalimatnya akan seperti ini Syair merupakan puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri atas empat larik (baris) yang berakhir dengan buni yang sama, jika dikaitkan sajak atau puisi, sedangkan ativitasnya dikatakan bersyair atau sedang membuat syair kemudian dibacakan (melagukan) syair dan pengarangnya disebut penyair/pujangga sehingga seringkali sebuah lagu berisi curahan perasaan seseorang dengan bentuk kata yang tersusun sehingga menjadi sebuah nyanyian.

Mari kita lihat beberapa syair lagu berikut:

Judul lagunya Gitar Tua

Rhoma Irama

 

Hanya gitar tua yang aku berikan
Sebagai kenang-kenangan untukmu sayang
Kau anggaplah benda ini pengganti diriku
Sebagai ganti diriku

Pabila kau rindu padaku,
Petiklah dan menyanyilah

Semoga akan terobati rasa rindumu padaku
Walaupun sudah berpisah hati kita bersatu

 

Memang gitar tua ini menjadi kenangan
Juga gitar tua ini yang menjadi saksi
Saksi cintamu padaku, cintaku padamu
Yang tak akan pernah layu

 

Berita Kepada Kawan

Ebiet G. Ade

Perjalanan ini trasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk disampingku kawan

Banyak cerita yang mestinya kau saksikan
Di tanah kering bebatuan

 

Tubuhku terguncang dihempas batu jalanan
Hati tergetar menampak kering rerumputan

Perjalanan ini pun seperti jadi saksi
Gembala kecil menangis sedih

 

Kawan coba dengar apa jawabnya
Ketika ia kutanya mengapa
Bapak ibunya tlah lama mati
Ditelan bencana tanah ini

Sesampainya di laut kukabarkan semuanya
Kepada karang kepada ombak kepada matahari

Tetapi semua diam tetapi semua bisu
Tinggal aku sendiri terpaku menatap langit

 

Barangkali di sana ada jawabnya
Mengapa di tanahku terjadi bencana

Mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita
Yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa
Atau alam mulai enggan bersahabat denga Kita

 

Suket Teki

Didi Kempot

 

Aku tak sing ngalah

Trimo mudur timbang loro ati

Tak uyako wong kowe wis lali

Ora bakal bali

 

Paribasan awak urip kari balung

Lilo tak lakoni

Jebule janjimu jebule sumpahmu

Ra biso digugu

 

Wong salah ora gelem ngaku salah

Suwe-suwe sopo wonge sek betah

Mripatku uwis ngerti sak nyatane

Kowe selak golek menangmu dewe

 

Tak tandur pari jebul tukule suket teki

 

Jika kita perhatikan dari beberapa lirik lagu di atas , maka memenuhi kriteria sesuai dengan pengertian syair atau lagu itu sendiri. Ketika kita resapi kata-perkata lirik lagu tersebut seakan-akan menceritakan perasaan sesorang baik yang sedang galau, sedih bahkan mungkin perasaan jatuh cinta yang sangat berat. Setiap orang memiliki perasaan yang terkadang harus di keluarkan baik dalam bentuk luapan emosi maupun tangisan dan teriakan kebahagiaan. Namun jika luapan perasaan tersebut di tuangkan dalam bentuk sebuah syair/lirik lagu maka akan menjadi sebuah karya yang sungguh bermakna.

 

2.   Musik

Lagu tanpa musik bagaikan sayur tanpa garam. Ya tanpa garam hambar meskipun lagu tersebut sangat bagus jika tanpa music hanya sebuah bacaan semata. Tingi rendahnya sebuah nada dari musik akan mengikuti bagaimana sebuah music yang mengeiringinya. Berbagai macam musik yang ada di dunia ini dari musik tiup, petik hingga musik yang di pukul/di tabuh. Musik yang sifatnya tradisional hingga musik yang modern. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam alat musik seperti:

a.    Angklung

b.   Gamelan

c.    Sasando

d.   Tifa

e.    Kolintang

f.     Arbab

g.    Panting

h.   Sampek

Masih banyak lagi alat musik tradisional yang berada di Indonesia ini yang semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Misalkan angklung jenis alat musik ini terbuat dari bambu yang disusun sedemikian rupa hingga menimbulkan suatu nada tertentu yang cara mainnya digoyangkan. Sedangkan alat musik seperti sampek dimainkan dengan dipetik seperti gitar, namun alat musik ini memiliki cirri khas sendiri yang biasa dimainkan oleh masyarakat suku dayak di Kalimantan, bahkan dapat di kolaborasi dengan alat musik lainnya., bunyinya khas sekali, jika dimainkan mengingatkanku akan nuansa sejuknya alam borneo.

Sedangkan alat musik yang sifatnyanya modern juga banyak sekali semisalkan Gitar, Biola dan paling modern saat ini Piano. Alat musik Piano ini bisa menghasilkan berbagai macam rangkaian bunyi , tergantung musik apa yang kita inginkan.

Semua alat musik tersebut tentu bagi pendengarnya akan merasa nyaman jika dimainkan oleh orang yang ahlinya dan untuk mengiringi lagu lagu akan sangat nyaman untuk didengar. Bahkan dapat membuat pendengarnya akan mengikuti gerakan tertentu. Misalkan suara gendang yang membuat pendengarnya ingin ikut bergoyang.

 

3.   Penyanyi

Tahukah anda penyanyi merupakan salah satu peranan penting dalam industri musik. Tanpa penyanyi syair dan musik masih kurang sempurna. Selain itu, penyanyi juga di jadikan sebuah profesi, bahkan ajang perhelatan musik seperti Kontes Dangdut Indonesia (KDI), The Voice Indonesi, Indonesian Idol. Siapa sih yang tak kenal AGNES MONICA, ROSSA, ARIEL, BCL, RHOMA IRAMA, DIDI KEMPOT, EBIET G ADE, JUDIKA, ARI LASO, ANANG HERMANSYAH dan penyanyi lainnya yang memiliki suara-suara khas tersendiri. Bahkan saat ini, orang untuk menjadi penyanyi atau artis yang berprofesi sebagai penyanyi sangat mudah dan gampang.  Melalui media sosial orang dapat mengekspresikan suara emasnya dan orang lain dapat menontonya. Beberapa tips untuk menjadi penyanyi di era saat ini:

1.   Percaya Diri, bahwa setiap orang dikarunia suara yang bagus tinggal di olah atau latihan. Tampang pas pasan gak jadi masalah yang penting percaya diri bahwa suara yang dimiliki bagus dan berani tampil.

2.   Terus Berlatih, selain bakat yang sudah ada berlatih sangatlah penting untuk terus mengolah vokal yang dimiliki. Nah ini bisa dilakukan dengan bergabung di paduan suara atau di tempat-tempat yang menyediakan kursus olah suara.

3.   Membiasakan makan-makanan yang mendukung olah suara dan nafas, seperti buah-buahan, makan kencur atau jahe cocok untuk olah pernapasan.

4.   Mengikuti Kontes/Ajang mencari bakat atau kontestan lainnya seperti yang di atas (Indonesian Idol, The Voice Indonesia, KDI dan lainnya)

5.   Menguasai Sosial Media, untuk yang satu ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai ajang promosi diri, tidak perlu mahal-mahal untuk mempromosikan baik melalui dunia TV maupun media lainnya, cukup menguasai media sosial dimanapun berada bisa kita mempromosikan diri, lebih praktis dan lebih murah.

 

Itulah beberapa tips siapa tau para pembaca ada yang berminat untuk menjadi seorang penyanyi.

 

Sebagai KESEMPURNAAN SEBUAH LAGU tentunya minimal ketiga unsur tersebut dapat terpenuhi baik Syair/ lirik lagu, Musik dan Penyanyinya.