Hobi

Hidupku Indah Dalam Rancangan-MU

Jumat, 17 Maret 2023, 22:57 WIB
Dibaca 414
Hidupku Indah Dalam Rancangan-MU
Pergi ke alam bebas

Rekoleksi pribadi merupakan kegiatan mundur sejenak dari aktivitas sehari – hari menuju keheningan untuk melihat pengalaman yang telah dilalui selama seminggu. Setiap hari menjalani aktivitas yang selalu sama memang sangat membosankan, maka diperlukan cara supaya dalam seminggu itu hidup harus bernilai. Dalam rekoleksi pribadi, biasanya aku pergi ke kampung halaman dan  alam bebas, pergi ke alam bebas bagiku adalah ritual dalam hidupku, supaya aku mampu menemukan apa tujuan hidupku, selain itu rekoleksi pribadi bertujuan untuk mempererat hubunganku dengan Tuhan. Kegiatan rekoleksi pribadi adalah kegiatan  menyisihkan satu hari untuk mengumpulkan kembali proses dan pengalaman yang telah dilalui setiap hari. Rekoleksi pribadi selalu aku pilih hari sabtu atau minggu. 

Rekoleksi pribadi ini juga merupakan pendidikan karakter yang ada di SMA Santo Paulus Pontianak, rekoleksi ini diadakan satu hari untuk setiap kelas X,XI dan XII. Kegiatannya selalu rutin dan sudah disiapkan tim untuk menjadi pembina mereka setiap tahun. Disitu mereka diajak berdoa, refleksi, bermain, bergembira dan outbound di alam bebas.

Foto: Rekoleksi pribadi untuk siswa

Rekolesi di SMA Santo Paulus adalah suatu kegiatan  untuk undur diri dari lingkungan sekolah agar siswa bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Setiap rekoleksi dilakukan dalam kesunyian dan sering kali dilakukan di daerah yang sepi dan jauh dari keramaian kota.

Nach...tentu kegiatan ini menjadi inspirasi dalam hidupku. Supaya aku pun mampu menjalani kehidupan setiap hari. Rekoleksi pribadi sangat penting bagiku. Proses pencarian ini akan berhenti ketika aku menemukan petunjuk yang tepat bagi hidupku. Dalam rekoleksi pribadi biasanya aku merenung, menulis, membaca, merefleksi diri. Melatih kemampuan berjuang, tidak mengeluh dan pantang menyerah di dalam hidup. Rekoleksi pribadi juga berperan sebagai suatu kompas yang memberitahukan kita arah yang akan kita tuju. Dalam keseharian kita rentan dengan stress, kita memiliki segudang ide-ide segar dan inspiratif yang harus diarahkan kepada hal-hal positif. Setiap hari kita selalu berhadapan dengan banyak orang tentu diperlukan kekuatan dan siraman rohani secara pribadi agar dalam menjalani hidup terasa menyenangkan dan selalu mampu bersyukur kepada Tuhan.  

Stres bisa melanda siapa saja, tekanan yang berat bisa membuat kita menjadi stres dan tertekan. Oleh karena itu aku selalu membiasakan diri hidup bahagia. Kebahagiaan dan ketenangan menimbulkan sebuah pancaran yang tidak dapat diperoleh dari perawatan kosmetika terbaik sekalipun. Sedangkan kemarahan, ketakutan,emosi negatif lainnya dapat melukai wajah dan tubuh. Saat kita tahu ada banyak energi negatif bersarang di dalam tubuh, maka cepat-cepatlah pergi dan berkelana ke alam bebas agar energi negatif itu bisa dilepaskan. Kini aku bersemangat berolahraga, mendesain Suara Belantara Borneo :  https://ytprayeh.com/literasi/p-8167771492840d9/gerakan-literasi-suara-belantara-borneo dan melakukan hal-hal sederhana setiap hari misalnya: bersih-bersih di dalam rumah. Itulah yang telah aku lakukan selama ini. Dalam kondisi apapun kita  harus mampu menghadapi semua itu. Ayo..tunggu apalagi, jadikan hari-hari kita selalu indah karena hidup ini cuma sekali. Ada saatnya kita sudah tidak bisa tertawa, tersenyum, olahraga, bernyanyi riang....nah tempatnya di alam kubur. Ha..ha..ha....menyesal pun sudah tidak ada gunanya..terlambat sudah kata lagu.