Wisata

Destinasi Wisata Krayan, Spot Baru Negeri Di Atas Awan

Sabtu, 7 Agustus 2021, 22:06 WIB
Dibaca 1.090
Destinasi Wisata Krayan, Spot Baru Negeri Di Atas Awan
Foto Denny Indra H, di Buduk Udan Tang Paye

Dataran Tinggi Borneo menyimpan segudang potensi alamnya, terutama di daerah Krayan. Salah satunya, Buduk Udan disebut seperti negeri diatas awan, berlokasi di Tang Paye.

Merupakan salah satu spot yang baru-baru ini viral di media sosial. Tentunya tak kalah indah pemandangannya dari objek wisata Dieng, Jawa Tengah. Buduk Udan, di Krayan juga menawarkan spot pemandangan negeri di atas awan yang tak kalah indahnya. Buktinya kita dapat melihat melalui foto-foto yang di posting anak muda di Krayan.

Siapa saja dapat menikmati pemandangan negeri di atas awan ini. Tinggal merencanakan waktu kapan akan pergi ke buduk Udan bersama teman-teman. Melalui akses dari Tang Paye, menuju ke puncak pengunjung cukup butuh waktu 2 jam.

Agar berpasan dengan moment yang baik, pilihanya pada saat menjelang matahari terbit di Dataran Tinggi Borneo, nah dari Buduk Udan ini pengunjung dapat menyaksikan gumpalan awan yang menutupi pohon-pohon besar, persawahan dan perkampungan juah saat matahari terbit.

Tunggu apalagi? Tinggal pilih tempat berfoto yang sudah disediakan, tentunya dengan latar matahari, penggunungan, gumpalan-gumpalan awan putih serta udara yang bersih di Dataran Tinggi Borneo, Krayan.

Buduk Udan, Tang Paye, berada pada katinggian 1.475 MDPL. Sesuai dengan ketinggiannya, pengunjung harus mempersiapkan diri sebelum naik ke Buduk Udan ini.

Penting mengenakan pakaian penahan dingin serta alas kaki yang nyaman saat mendaki. Soal distinasi wisata daerah Krayan sangat potensial. Hal yang perlu diperhatikan pengunjung adalah menjaga dan merawat alam sekitar. Salah satu anak muda Krayan, Deny Indra Haryanto melalui status facebooknya berpesan “ Yang mengunjungi buduk udan, jangan lupa tanaman ini di siram dan di rawat ya…” tulisnya.

Sebab mencintai bumi, pasti langit menyayangi. Itu artinya, merawat dan menjaga lingkungan sekitar objek wisata adalah keharusan bersama. Jangan sampai kita abai pada kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Krayan merupakan salah satu daerah perbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia. Krayan masuk wilayah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Indonesia. Wilayah ini memiliki lima pemekaran kecamatan. Antara lain, Krayan, Krayan Barat, Krayan Selatan, Krayan Tengah, dan Krayan Timur. Masing-masing kecamatan tentunya, mempunyai destinasi atau spot yang perlu di perkenalkan ke khalayak luas.

Indahnya Krayan. Nedo Ruma Tau!

***