Sosok

Menjadi Individu Sehat

Rabu, 14 September 2022, 05:30 WIB
Dibaca 49
Menjadi Individu Sehat
Refresing di alam

Memiliki tubuh sehat adalah impian semua orang, agar dapat menjalankan kehidupan sehari-hari dengan  tenang dan bahagia. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, maka gaya hidup lah yang menjadi penentunya. Selama ini aku melakukan gaya hidup sehat. Aku sangat peduli dengan yang namanya kesehatan. Setiap hari, ada saja artikel kesehatan yang aku baca guna untuk menambah wawasan dan menerapkan gaya hidup sehat. Berbagai peristiwa dalam hidupku seperti kematian ayahku,krisis keuangan,  sifatnya sangat traumatis dan  penuh stress. Tapi cara aku merespon stress berbeda. Berbagai peristiwa dan pengalaman hidup itulah aku terus mempelajari ilmu pengetahuan. Puji Tuhan… setelah  menerapkan gaya hidup sehat, aku menjalani hari-hari tanpa tekanan dan stress.Berikut ini gaya hidup sehat yang aku lakukan: 

1. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta 

Menurut aku, rumus utama agar hidup sehat adalah dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Karena sehat itu bukan dari jasmani saja, tapi dari rohani. Hati juga harus bersih dan sehat. Biasanya cara yang aku gunakan yaitu dengan melakukan Meditasi. Meditasi sudah terkenal bisa membuat rileks dan juga nyaman. Cara menghilangkan stres dengan  meditasi  bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks dan juga tenang. Aku melakukan meditasi di tempat yang nyaman dan juga sejuk. Meditasi cukup dilakukan sebanyak 15 menit setiap hari.  


2.  Olahraga

Ketika aku mengalami stres atau penat,aku melakukan kegiatan yang menyehatkan. Cara menghilangkan stres pikiran ini bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan yang menyehatkan misalnya saja melakukan olahraga ringan di sore atau pagi hari. Olah raga yang aku lakukan tidak yang berat, cukup dengan berkebun, membaca dan olahraga ringan. 

3. Mendengarkan musik  
Mendengarkan musik merupakan salah satu cara yang aku pakai untuk menghilangkan stres berat. Ketika pikiran sudah merasa penat,aku biasa memutar musik kesayangan instrumentalia rohani. Cara ini terbukti ampuh untuk merilekskan pikiran. Hal ini membuatku selalu lebih rileks dan bahagia.  

4. Istirahat yang cukup  
Caraku  menghilangkan stres yang paling cepat yaitu dengan beristirahat. Stres juga bisa dikarenakan terlalu capek atau lelah dalam bekerja. Dengan istirahat yang cukup bisa mengatasi rasa lelah dan membuat tubuh menjadi segar kembali. Istirahatkan tubuh minimal 8 jam dalam sehari. 

5. Positif  Thinking  
Ketika aku sedang mengalami banyak masalah yang cukup berat,aku menghindari untuk berfikir negatif karena hanya akan menambah beban dan membuat semakin stres. Setiap hari aku berusaha mengawali hari-hariku dengan berpikir positif. 

6. Tidak suka menunda pekerjaan  
Salah satu tips gaya hidup sehatku yaitu tidak pernah menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan menumpuk dan tidak terselesaikan. Sebisa mungkin aku selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. 

7. Refreshing  
Aku selalu menyisakan hari untuk refresing.Setiap ada liburan aku selalu membuat perencanaan refresing dan liburan. 

Stres bisa melanda siapa saja, tekanan yang berat bisa membuat kita menjadi stres dan tertekan. Oleh karena itu aku selalu membiasakan diri hidup bahagia. Kebahagiaan dan ketenangan menimbulkan sebuah pancaran yang tidak dapat diperoleh dari perawatan kosmetika terbaik sekalipun. Sedangkan kemarahan, ketakutan,emosi negatif lainnya dapat melukai wajah dan tubuh. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berpikir positif akhirnya aku selalu semangat dalam melakukan aktivitas setiap hari.Kini aku rajin berolahraga,rajin berkebun dan melakukan hal-hal sederhana di dalam rumah. Itulah yang telah aku lakukan selama ini. Dalam kondisi apapun aku harus mampu menghadapi semua itu.  

  

Tags : sosok