Sosok

Peran Vital Petani jadi Penyangga Indonesia

Senin, 18 Januari 2021, 09:59 WIB
Dibaca 144
Peran Vital Petani jadi Penyangga Indonesia
dokpri

Elemen penting dari sebuah negara adalah keluarga. Sandang, pangan, dan papan merupakan kebutuhan dasar sebuah keluarga.

Setiap anggota keluarga bekerja berjerih lelah untuk memenuhi ketiga hal tersebut. Mungkin kalau keluarga petani mereka dapat menghasilkan makanan untuk keluarganya sendiri, akan tetapi untuk pekerjaan-pekerjaan yang lain tetap saja ujung-ujungnya juga untuk membeli bahan makanan.

Kalau kita perhatikan ketiga hal tersebut bersumber dari pertanian sandang atau pakaian dibuat dari bahan kapas yang berasal dari tanaman atau juga dapat dibuat dari kulit binatang. Sedangkan pangan atau makanan bersumber tanaman ataupun hewan. Papan, rumah atau tempat tinggal sebagian materialnya juga bersumber dari tanaman seperti papan atau kayu.

Penting untuk kita mengerti bahwa pertanian memegang peranan penting bagi kehidupan manusia. Memang tidak semua harus dapat bertani atau menjadi petani. Tetapi kalau kita memahami hal ini, yang bukan petani akan dapat menghargai pekerjaan seorang petani.

Sedih rasanya kalau mendengar masih banyak petani belum sejahtera. Dan memang faktanya demikian terutama untuk petani kecil yang mengusahakan tanaman pangan. Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Tetapi kebanyakan anak muda masa kini kurang berminat menjadi petani. Yang lebih menyesakkan maunya membeli bahan makanan dengan harga murah. Ironi!

Bertani hari-hari ini bukanlah suatu pekerjaan yang diidolakan kaum muda. Kebanyakan lebih tertarik untuk bergabung di sebuah perusahaan ataupun industri. Industri sekalipun juga mendapat bahan baku maupun bahan mentah dari bidang pertanian. Contohnya perusahaan makanan ringan, jamu, obat nyamuk, tekstil, dll. Bahan baku mereka peroleh dari sub sektor pertanian.

Penulis meyakini negara akan memiliki tatanan yang kuat kalau pertaniannya maju. Pertanian memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Bahkan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Ada manusia berarti ada kehidupan. Orang hidup perlu makan, pakaian berarti juga harus ada tempat tinggal. Pembangunan di bidang pertanian harus terus dorong. Membangun pertanian berarti juga memperkuat tatanan negara.

Akhirnya PETANI (Penyangga Tatanan Negara Indonesia).

Kita sebagai warga Indonesia jangan hanya bangga memiliki tanah yang luas dan subur tetapi kita berusaha keras membangun dan mengembangkan itu. Memang bukanlah hal mudah! Pasti akan ada banyak tantangan maupun hambatan.

Maju petani, maju Indonesia!