Politik

Harapan untuk Pemimpin Masa Depan Bangsa

Senin, 15 Mei 2023, 21:37 WIB
Dibaca 974
Harapan untuk Pemimpin Masa Depan Bangsa
dokpri

“A leader is the one who knows the way, goes the way, and shows the way.” – John C. Maxwell

Menjadi pemimpin itu tidak mudah. Apalagi menjadi menjadi pemimpin yang baik dan benar. Pemimpin adalah seseorang yang bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dan bisa memengaruhi orang yang dipimpinnya. Sesuai dengan definisi ini dan kutipan di atas, artinya seorang pemimpin harus bisa membawa orang-orang yang dipimpinnya ke jalan yang benar karena itu menjadi bagian dari tanggung jawabnya.

Dengan menjadi seorang pemimpin, artinya orang itu harus bersiap untuk hal-hal tertentu. Misalnya berani untuk mengambil risiko dan juga siap untuk menerima kekalahan. Selain itu, pemimpin juga adalah seseorang yang menjadi panutan bagi orang-orang. Tidak hanya bertanggung jawab untuk mencapai hasil yang diinginkan, tapi juga harus bisa untuk menginspirasi dan memotivasi orang-orang di sekitarnya untuk meraih kesuksesan bersama.

Peran seorang pemimpin adalah untuk melatih, membimbing, dan memberi inspirasi yang baik. Seorang pemimpin harus memotivasi anggotanya saat mereka sedang melalui masa-masa yang sulit walaupun mereka bisa saja sedang kesulitan juga.

Untuk kedepannya, saya berharap bahwa pemimpin Indonesia akan tetap tangguh seperti yang sekarang. Tanpa pemimpin yang baik, negara kita bisa jatuh. Tapi, jika pemimpin di masa yang akan datang bisa memimpin dengan baik, nanti negara kita pun akan bangkit untuk lebih baik.

Saya setuju dengan orang-orang yang berkata bahwa pemimpin itu tidak dilahirkan melainkan seseorang yang dibentuk, tumbuh, dan kemudian berkembang menjadi orang yang lebih baik. Jadi, untuk menjadi seorang pemimpin itu membutuhkan proses internal atau dari dalam diri sendiri.

Kita bisa melihat bahwa pemimpin Indonesia akan berganti dari waktu ke waktu. Nanti, suatu saat pemimpin Indonesia adalah salah satu dari kita, yaitu generasi muda bangsa Indonesia ini. Kita tidak akan mengetahui siapa, tapi semua masyarakat Indonesia membutuhkan pemimpin yang tepat dan bisa membimbing dengan benar bangsa Indonesia kita ini. Kalau nanti suatu saat ternyata jabatan pemimpin Indonesia jatuh ke dalam tangan yang salah, kita tidak akan bisa melihat Indonesia yang aman, damai, dan bersatu seperti pada hari ini.

Menurut saya, Indonesia akan lebih maju jika pemimpin untuk masa yang akan datang adalah orang yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata. Dengan itu, pemimpin tersebut bisa membuat dan memilih solusi yang tepat jika suatu saat negara kita terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Selain itu, pemimpin di masa depan harus juga untuk memiliki pendirian yang kuat, karena kondisi negara ada di tangannya. Tanpa pendirian yang kuat, negara kita tidak akan stabil.

Kemudian pemimpin di masa depan juga harus bisa untuk menerima pendapat dari masyarakatnya, apalagi jika ada masalah yang terjadi. Sifat ini adalah salah satu sifat yang penting dari seorang pemimpin karena hal ini bisa membantu masyarakat yang kesulitan untuk hidup bisa hidup dengan lebih baik.

Terakhir, seorang pemimpin nantinya harus mempunyai strategi yang kuat bagaimana ia akan memimpin negaranya sendiri untuk kedepannya. Kalau tidak ada itu, nanti akan susah untuk mengatur segala hal.

Hal-hal ini tidak mudah dicapai dan butuh waktu untuk menguasai itu. Tapi kenyataannya memang inilah yang dibutuhkan sebagai seorang pemimpin. Semoga untuk pemimpin-pemimpin Indonesia yang ke depannya bisa membuat Indonesia menjadi negara yang lebih maju.