Politik

Berapa Banyak Merah Putih yang Anda Miliki?

Selasa, 17 Agustus 2021, 09:30 WIB
Dibaca 123
Berapa Banyak Merah Putih yang Anda Miliki?
merah putih

Dodi Mawardi

Penulis senior

 

“17 Agustus tahun 45, itulah hari Kemerdekaan kita. Hari merdeka nusa dan bangsa, hari lahirnya bangsa Indonesia. Merdeka!”

Penggalan lirik lagu tersebut terngiang dan melekat di telinga setiap Agustus. Selalu. Alam semesta yang biasa didominasi hijau pepohonan dan birunya langit, lebih semarak dengan hadirnya merah dan putih. Mendominasi.

Kain merah putih berkibar di setiap sudut, sepanjang jalan, dan di halaman semua gedung, rumah, di manapun. Meski hanya pada Agustus. Lebih seru menyanyikan lagu Hari Merdeka dan Indonesia Raya dengan mengibar-ngibarkan sang Merah Putih!

“Mulai tahun ini, kebijakan bendera merah putih yang sudah berjalan di Malinau setiap bulan Agustus, juga berlaku di Kaltara,” kata Yansen T.P., Wagub Kalimantan Utara pada suatu kesempatan diskusi terbatas via Zoom, akhir Juli lalu. Pro dan kontra muncul atas kebijakan tersebut. Hal yang tidak terjadi di Malinau, salah satu kabupaten di ujung negeri yang termasuk dalam provinsi Kaltara, ketika kebijakan tersebut mulai diberlakukan.

Ketika Yansen menjadi bupati selama dua periode di Malinau, kebijakan merah putih itu berjalan dengan lancar. Seluruh warga menaati peraturan tersebut. Bahkan sangat antusias. Kebijakan yang unik tapi bisa saja menjadi rekor baru di Indonesia, karena baru Malinau yang melakukannya.

“Perlu sosialisasi dan pemahaman yang lebih dalam agar warga Kaltara mau menerima kebijakan ini dengan senang hati,” ujar sang Wagub. Menurutnya, pelaksanaan kebijakan ini tidak sulit jika setiap warga memahami arti kemerdekaan dan menghargai pengorbanan para pahlawan. Tujuan kebijakan tersebut untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan. Memang butuh biaya, tapi tidak sebanding dengan nilai kebangsaan yang muncul. Sangat tidak sebanding pula dengan pengorbanan para pendiri bangsa.

Oh ya, apa sih kebijakan Pemprov Kaltara yang diadopsi dari Malinau ini?

Sesuai judul artikel ini, berapa banyak bendera merah putih yang Anda miliki?

Satu? Bohong!

Anda sudah berbohong kepada Indonesia. Pada setiap rumah atau gedung, bendera merah putih yang berkibar biasanya hanya satu saja. Berapa banyak jumlah orang dalam satu rumah atau gedung? Banyak. Rata-rata lebih dari satu orang.

Jadi, punya siapakah bendera yang berkibar di halaman itu? Punya kepala gedung? Punya kepala rumah tangga? Atau punya ibu rumah tangga? Punya anak mana?

Yansen T.P. sudah mewujudkan gagasan kebangsaan ini sejak lebih dari 5 tahun yang lalu. Kebijakannya adalah satu orang satu bendera merah putih. Setiap Agustus, bendera-bendera itu harus berkibar di setiap halaman rumah. Berapa jumlah anggota keluarga, sebanyak itu pula bendera yang harus dikibarkan. Dan, kebijakan itu berjalan dengan baik di Malinau. Luar biasa.

Jika Anda berjalan-jalan ke Malinau pada Agustus, maka akan melihat dengan jelas deretan tiang bendera dengan merah putih berkibar pada setiap halaman rumah. Bukan satu bendera, bisa jadi empat, lima, atau bahkan lebih. Sesuai jumlah anggota keluarga. Merah putih berkibar lebih perkasa di sana, lebih banyak, dan lebih semarak.


Rasa nasionalisme warga di sana pasti berbeda dibanding mereka yang hanya punya satu merah putih di rumahnya. Paling tidak, secara harfiah. Paling tidak, dari segi usaha mengibarkannya. Paling tidak, dari usaha untuk mendapatkannya. Paling tidak, pada bulan Agustus. Bulan lahirnya bangsa Indonesia.

Jadi, berapa banyak bendera merah putih yang Anda miliki?

Jangan-jangan Anda belum pernah memilikinya…

 

 

Dirgahayu Negeriku!