Literasi

Buku “Panen Rotan” Ditandatangani oleh Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim

Kamis, 7 Juli 2022, 09:47 WIB
Dibaca 556
Buku “Panen Rotan” Ditandatangani oleh Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim

Pembuatan Buku Besar  (big book) cerita anak konten lokal Kalimantan Utara (Malinau, Bulungan dan Tana Tidung) merupakan hasil program kemitraan antara Litara dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau dan  kabupatenTana Tidung, yang didukung oleh INOVASI. INOVASI adalah program kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia untuk meningkatkan mutu belajar di Pendidikan Dasar. Program penulisan buku anak ini bertujuan untuk memfasilitasi para guru SD menulis buku anak berbasis konten lokal dalam rangka membangun  kegitan Literasi di Kalimantan Utara.

Ada enam penulis buku besar dari Malinau yang ikut serta dalam program ini. Sedangkan dari KTT juga ada enam guru yang ikut serta. Mereka adalah  guru-guru di Kalimantan Utara  sendiri. Saya adalah salah satu  penulis Buku besar tersebut. Saya menulis buku  berjudul Panen Rotan. Kini semua buku besar hasil tulisan kami sudah beredar di Kalimantan Utara di semua sekolah dan taman baca masyarakat (TBM) di Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung. Bahkan buku-buku karya kami juga telah dicetak oleh Badan Bahasa dalam rangka program hibah buku ke 81 kabupaten 3T se Indonesia.

Gambar-gambar di bawah ini adalah hasil karya kami:

Kebanggaan tersendiri bagi kami penulis buku besar (big book) cerita anak dimana karya kami tersebut bisa di bagi ke sekolah dan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kalimantan Utara dan bahkan beberapa kabupaten di Indonesia. Harapan kami semoga buku besar tersebut dapat bermanfaat  menjadi motivasi semangat serta dorongan bagi guru dan siswa kelas awal dan kegiatan di Taman Baca Masyarakat (TBM)

Buku kami juga ikut dipamerkan dalam workshop “Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Buku Cerita Anak dari Sabang sampai Marauke” yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tanggal 8 juni 2022 di Jakarta. Dalam acara tersebut pengiat literasi Kabuaten Malinau (IKBM – Ikatan Keluarga Baca Malunau) diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut di mana buku besar karya  kami dipajang di stand pameran buku anak.

Betapa senang dan bangganya hati saya ketika mendapat pesan WhatsApp dari seseorang yang ikut workshop tersebut. Pesan tersebut berbunyi: “Selamat Bu Heppi, buku Ibu  berjudul ‘Panen Rotan’ ditandatangani oleh Mas Nadiem.”

Saya bertambah gembira Ketika dikabari bahwa buku yang ditandatangani Mas Menteri tersebut akan dikirim ke saya.

   

Kami juga  sangat bangga menerima piagam penghargaan sebagai penulis buku cerita anak berbasis konten lokal dari  bapak Wempi W, Mawa, SE., MH, Bupati Malinau dan dari Bapak Dr. Jarwoko M. M.Pd., Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP)  Provinsi Kalimantan Utara pada tanggal 6 Juli 2022 di Kantor Bupati Malinau.

Rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan terima kasih kepada  INOVASI, Dinas Pendidikan Malinau, Litara dan semua pihak yang  mendukung memberi dorongan semangat  membimbing dan melatih  kami guru sebagai penulis Buku Besar berbasis konten lokal Kalimantan Utara.

Motivasi ini membuat saya semakin giat membuat buku-buku baru supaya anak-anak Indonesia mengenal budaya lokal Kalimantan Utara, khususnya Malinau.