Hobi

Menikmati Belajar Online di Masa Pandemi

Selasa, 2 Februari 2021, 06:37 WIB
Dibaca 125
Menikmati Belajar Online di Masa Pandemi
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.vecteezy.com%2Fvector-art%2F1260867-online-education-with-boy-and-girl-studying-on-computer&psig=AOvVaw0ksGw54cLYsZuBHTvTlrf6&ust=1612275658385000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCIDO7IPxyO4CFQAAAAAdAAAAABAU

 

Hari ini aku bangun oleh suara alarmku sepert biasa. Setelah mematikan alarm, kulihat layar handphoneku menunjukan angka 05.30. Di bawahnya ada tulisan yang lebih kecil bertuliskan 30 Maret 2020. Artinya hari ini adalah hari pertama sekolah setelah libur dua minggu karena pandemi yang sedang terjadi ini.

Anda mendapat pesan baru

Kana: Putri, udah bangun? Hari ini mulai sekolah lagi loh.

Saat sedang mengecek handphoneku aku mendapat pesan dari temanku, Kana.

Anda: Udah lah, hari ini kan hari pertama kita sekolah online. Mana mungkin telat.

Setelah membalas pesan dari Kana, aku pergi mandi agar lebih segar saat belajar nanti. Seperti biasa setelah mandi aku makan dan sekarang aku sedang menunggu waktu dimulainya sekolah dengan membaca komik di handphoneku. Sekolah akan dimulai pukul 09.00. Satu jam lebih lambat daripada waktu masuk sekolah yang biasa. Sekitar pukul 08.30, guruku mengirimkan link untuk online class kami. Kami diminta untuk masuk lima belas menit lebih awal ke link yang sudah dikirimkan.

Sebelum masuk, aku menyiapkan buku, alat tulis, dan minum agar aku bisa fokus kepada apa yang dibicarakan guru nanti. Saat aku masuk, baru beberapa murid yang sudah masuk terlebih dahulu, dan teman sekelas ku yang lain mulai masuk satu per satu. Ketika hampir semua murid sudah hadir, guruku mulai berbicara.

“Halo murid-murid. Udah lama ya ga ketemu. Sekarang kita ketemu lagi nih, walaupun online.”

Online class dilanjutkan sampai satu jam kemudian dan akan dilanjutkan setelah istirahat 30 menit. Semua yang sudah kami bahas selama online class pertama kami adalah perubahan aturan kelas dan aktifitas pembelajaran yang akan kami jalani ke depannya. Pembelajaran ke depannya akan dipenuhi project yang diberikan sekolah dan worksheet-worksheet yang akan dikirimkan bersama panduan pembelajaran jarak jauh yang dikirim oleh sekolah ke rumah masing-masing besok.

Setelah waktu istirahat selesai, semua murid kembali masuk ke link yang sama seperti sebelumnya. Kali ini kami akan melakukan sesi kelas dengan salah satu guru mata pelajaran. Kami akan menyepakati peraturan untuk pertemuan setiap mata pelajaran dan materi-materi yang akan kami dapatkan. Semacam kontrak pembelajaran. Selama seminggu pertama pembelajaran jarak jauh ini, kami menyepakati kontrak belajar dengan setiap guru mata pelajaran.

Minggu kedua kami mulai menjalankan project sekolah. Project yang diberikan tidak selalu project yang membutuhkan waktu berhari-hari untuk diselesaikan. Kadang kami diberikan tugas seperti tes fisik atau menyelesaikan worksheet dari sekolah. tugas-tugas seperti menanam dan berkreasi dari barang bekas juga kadang diberikan. Setidaknya dua kali dalam satu minggu, kami juga mengadakan online class untuk membahas perkembangan project kami.

Setelah beberapa bulan menjalani pembelajaran jarak jauh, kami harus membuat project pribadi. Kami masing-masing memilih project yang sesuai dengan minat kami.

Project ini juga dijadikan tugas utama semester ini. Selama satu semester kami harus menyiapkan semua bagian project dengan dibimbing oleh pembimbing dari guru-guru. Semua hal seperti perencanaan project, menjalankan project, membuat laporan dan menyiapkan presentasi harus kami selesaikan.

Bersamaan dengan mengerjakan project, kami harus menyelesaikan tugas harian dari guru-guru. Saat mendekati penghujung semester kami juga harus mulai bersiap untuk ujian akhir semester.

Semakin mendekati akhir semester, semakin banyak yang harus diselesaikan. Aku harus menyelesaikan project dan laporannya. Setelah itu aku membuat presentasi yang waktunya tinggal beberapa hari lagi. Kadang-kadang aku mengerjakan project sampai larut malam karena di siang hari aku harus memperhatikan pembelajaran. Aku mulai merasa jenuh dan lelah karena banyak tugas menumpuk. Walaupun banyak yang harus dikerjakan, aku berhasil selesai tepat waktu.

Laporan, presentasi, dan workbook berhasil aku selesaikan tepat waktu. Sebelum pekan ujian dimulai, aku masih harus mempresentasikan hasil projectku selama satu semester ini. Setelah berhasil mempresentsikan project dengan lancar, aku mengirimkan semua berkas project ke sekolah.

Minggu selanjutnya adalah minggu review materi. Selama seminggu ini kami mereview kembali materi yang sudah dipelajari selama satu semester. Tidak lupa juga memastikan semua tugas dan syarat ujian sudah diselesaikan dan dikumpulkan. Aku mencatat kembali beberapa materi yang sekiranya perlu menghafal. Minggu berikutnya ujian akhir semester dimulai.

Ujian tetap dilaksanakan secara online. Setelah minggu ujian, kami libur beberapa miggu. Hasil ujianku cukup memuaskan walaupun beberapa nilai turun daripada sebelumnya.

Selama liburan, aku lebih banyak bersantai. Aku banyak main game dan membaca komik atau pun novel. Tanpa terasa, liburan berakhir dan kegiatan sekolah akan dimulai lagi.

Baca Juga: Pandemi dan e-Learning

Sekolah dimulai lagi dan tetap dengan pembelajaran jarak jauh. Sudah 11 bulan sejak pembelajaran jarak jauh dilaksanakan, yang berarti sudah hampir setahun pandemi masuk ke Indonesia dan orang-orang tetap di rumah. Dan sekarang adalah semester terakhirku di SMP.

Seperti biasa, semester dimulai dengan kontrak belajar. Di semester terakhir ini akan serangkaian acara yang akan kami jalankan. Dimulai dengan magang lalu project kontribusi. Terakhir adalah acara kelulusan kami.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda pandemi akan mereda. Orang-orang yang terkena virus covid19 semakin banyak dan menumpuk. Yah, aku berharap pandemi ini segera berakhir agar sekolah offline bisa dijalankan kembali dan aku bisa bertemu lagi dengan teman-teman.

***