Ekonomi

Kopi Malinau (1) Sempurnanya Kenikmatan Robusta

Minggu, 25 April 2021, 09:48 WIB
Dibaca 1.254
Kopi Malinau (1) Sempurnanya Kenikmatan Robusta

Kopi Malinau.

Dengan apa gerangan kreativitas, proses hulu-hilir, kemasan, pemasaran, hingga branding kopi robusta khas bumi Intimung itu dapat digambarkan?

Tak sepatah kata pun!

Kita kehabisan diksi. Untuk menarasikan kreativitas. Sekaligus inovasi, yang datang dari kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara yang dikenal dengan “Revolusi dari RT”-nya.

Kececaplah! Dan rasakan sempurnanya sensasi nikmatnya Kopi Malinau. Saya sudah. Kini, giliran Anda!

Kiranya, “Think globally, act locally” atau kerap "Think global, act local" frasa yang pas. Istilah yang digunakan untuk berbagai konteks. Mulai dari perenanaan, lingkungan, pendidikan, matematika, hingga dunia usaha.

Demikianlah kreativitas dan inovasi yang senantiasa diembuskan pemimpin Malinau, Dr. Yansen TP. Sedemikian rupa, sehingga spirit inovasi (akan dituis pada narasi tersendiri di Web ini nanti) bagai sel-sel. Yang hidup. Dan menyebar ke segenap penjuru. Memotivasi, sekaligus menginspirasi. Dan spirit inovasi itu ternyata dari produk yang dihasilkan warganya.

“Berbicara mengenai ekonomi kerakyatan, pembangunan untuk rakyat sebagai subjek dan objek, menjadi sia-sia tanpa rakyat terlibat dan menjadi pelaku utama,” kata Yansen. “Apakah produk lokal, dikonsumsi, sekaligus uangnya beredar di tempat itu? Uang berputar di situ, tidak keluar. Memutar, seklaigus menghidupkan masyarakat. Ini baru ketahanan ekonomi lokal,” terang Yansen.

Beras, lauk pauk, sayur mayur adalah contohnya. Rastra (beras sejahtera) yang digagas Pemkab Malinau demikian pula. Dari dan untuk masyarakat lokal. Modal berputar di situ. Rakyat semua mengecap pembangunan, dalam hal ini pembangunan ekonomi.

Dan kini konsep “Berpikir global bertindak lokal”, ternyata dari produk kopinya. Diproduksi, dikemas, dan tersaji secara berkelas.

Tentu saja, ada banyak produk kopi olahan. Salah satunya, yang diberi nama: KOPI MALINAU. Ia premium Malinau Robusta Cofee, dikemas secara handcrafted. Dijual di toko-toko. Terutama gampang didapatkan di gerai-gerai oleh oleh di berbagai kota, di Kalimantan Utara.

Kekhasan Kopi Malinau

Kopi Malinau terbuat dari biji kopi pilihan. Kopi organik premium. Yang dipetik dari kebun sendiri, milik masyarakat “Cluster Equato Coffee”. Diolah secara hiegenis. Mulai dari sortasi bahan, fermentasi, hingga pada proses pengolahannya.

Karakter kopinya khas dan unik. Mengandung kekuatan flavor chocolate, caramel, dan bitter. Yang membuat siapa saja, penikmat kopi, terlena dalam impian kopi murni.

Kopi Malinau diproduksi oleh Equato Cofee, Malinau. Didistribusikan oleh D’Baloy Food Industries, Tarakan, Kalimantan Utara.

Kecaplah! Dan rasakan sempurnanya sensasi kenikmatan Kopi Malinau.

Saya sudah.

Kini, giliran Anda!

***

Tags : ekonomi