Ekonomi

Menemukan Ide Bisnis dan Berjiwa Wirausaha

Kamis, 17 Maret 2022, 09:53 WIB
Dibaca 777
Menemukan Ide Bisnis dan Berjiwa Wirausaha
Foto Canva: Wirausaha muda

Langkah pertama dalam menggapai sebuah impian menjadi wirausaha adalah dimulai dari temuan kita, temuan itu berupa ide-ide yang dapat dijalankan dan merencanakannya secara “gila-gilaan”. Setelah ide itu terciptakan dalam pikiran, maka diri kita terdorong untuk membuat rencana-rencana bisnis, taktik-taktik dasar, keuangan, sampai pada kapan bisnis ini akan dimulai.

Beberapa temen saya, di masa pandemi ini banyak yang memulai usaha, yang tidak pernah membuka bisnis, kini ia berani memulai berbisnis. Bagi sebagaian orang, menemukan ide bisnis baru adalah bagaian yang mudah. Tidak perlu mempertimbangkan tantangan yang akan dihadapi yang terpenting dari sebuah ide yang menarik. Dari ide yang menarik, ia dapat memutuskan ingin menjalankan bisnis. Mungkinkah berbahaya?

Adapun definisi kewirausahaan, merupakan kemampuan kreatif dan inovativ, jeli melihat peluang, dan selalu terbuka untuk setiap masukan dan perubahan yang positif, yang dapat membawa bisnis terus bertumbuh.

Mengapa seseorang memilih memulai menjadi wirausaha?

Ada ragam alasan yang sering di jumpai, diantaranya ingin menjadi atasan bagi diri sendiri, mewujudkan sebuah mimpi, masuk dalam bisnis keluarga, ingin melakukan sesuatu yang lebih baik dan ingin manjadi kaya. Sedangkan sumber dari ide-ide bisnis, biasanya berasal dari menemukan celah pasar, meniru orang lain, hobi, Brainstorming/ pencarian ide.

Ya! Siapapun bisa menjadi wirausaha. Kita perlu berharap diri bahwa kita bisa dan mampu. Adapun ciri-ciri pribadi yang berjiwa wirausaha adalah memiliki kebranian dan kreativitas tinggi, memiliki kemauan keras dan semangat tinggi, dan memiliki kemampuan analisis yang baik, serta memiliki jiwa pemimpin dan tidak konsumtif.

Sekarang tanya diri Anda, apakah saya memiliki ciri-ciri diatas?

Jika jawaban Anda iya. Maka, teruslah memanfatkan potensi dalam diri Anda untuk memulai berwirausaha.

Pada akhirnya, keterampilan diri itu sangat penting dalam memulai berwirausaha, dan juga memahami kebutuhan pasar, keduanya sama penting.

***