Ekonomi

Daya Saing Global Indonesia Kalahkan Banyak Negara Eropa

Minggu, 14 Maret 2021, 13:19 WIB
Dibaca 99
Daya Saing Global Indonesia Kalahkan Banyak Negara Eropa
GCI

Dodi Mawardi

Penulis senior

 

Global Competitiveness Index (GCI) atau indek daya saing global Indonesia lebih baik dibanding beberapa negara di Eropa. GCI adalah suatu hasil pengukuran daya saing yang dilakukan oleh Forum Ekonomi Dunia (World Economy Forum). Indikator pengukuran bukan hanya melulu masalah ekonomi melainkan juga terkait dengan kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan teknologi informasi. Seluruh indikatornya mencapai 103 bidang. Termasuk juga inovasi dan transformasi di berbagai bidang.

Pada tahun 2020 lalu, Forum Ekonomi Dunia juga memasukan kemampuan setiap negara dalam menghadapi pandemi Covid-19. Bagaimanapun, Covid-19 telah mengganggu sistem kehidupan semua sektor di seluruh dunia, dan berpengaruh terhadap kemampuan daya saing sebuah negara. Akan tetapi, karena Covid itu pula, Forum Ekonomi Dunia tidak mengeluarkan peringkat negara secara keseluruhan. Mereka hanya mengukur beberapa kategori terutama yang terkait dengan kesiapan sebuah negara dalam menghadapi perubahan.

Lalu di manakah posisi Indonesia? Pada 2006-2007 lalu, Indonesia berada pada posisi ke-50. Lalu membaik menjadi peringkat ke-32 pada 2015 dan lebih baik dibanding Italia. Namun, pada 2019 lalu Indonesia turun lagi ke posisi 50.

Posisi tersebut menjadikan Indonesia memiliki daya saing yang lebih baik dibanding banyak negara Eropa seperti Turki, Yunani, Kroasia, Rumania, Malta, Hongaria, dan negara Eropa Timur lainnya.  

Di Asia Tenggara, Indonesia kalah dari Singapura, Malaysia, dan Thailand. Biasanya skor terburuk Indonesia ada di bidang inovasi. Alias negeri kita kurang inovatif.

Pada laporan 2020 ini, dalam beberapa bidang khususnya kesiapan perubahan terhadap disrupsi dan menghadapi kejadian luar biasa seperti pandemi, posisi Indonesia lumayan bagus. Beberapa indikator menempatkan Indonesia pada posisi 20 besar sampai 50 besar. Lumayan deh dibandingkan beberapa negara Eropa yang dikenal sebagai negara maju. Indonesia juga masih lebih baik dibanding Brasil, Argentina, Vietnam, Filipina, dan semua negara di Asia Tenggara kecuali Singapura, Malaysia, dan Thailand.

***