Ekonomi

Pengalaman Magang di Perusahaan Online sebagai Marketer

Kamis, 4 Februari 2021, 20:35 WIB
Dibaca 694
Pengalaman Magang di Perusahaan Online sebagai Marketer

Saya ingin berbagi pengalaman. Semoga berguna. Waktu mahasiswa, kerja-magang, saya menjadi seorang marketer. Bukan main-main. Marketer zaman now, yang saya alami. Saya magang di sebuah perusahaan yang mengandalkan online marketing. 

Tentang PT Omnimedia Citraglobal

Indonesia adalah bangsa yang tidak hanya luas dalam segi kepulauan namun juga melalui kekayaan budayanya. Terdiri dari sekitar 250 juta manusia, orang Indonesia percaya akan pentingnya membangun persahabatan dan kepercayaan dengan satu sama lain. Seringkali, persahabatan itu dapat dimulai dengan sebuah gift.

Kerja-magang, menurut saya, kita diperhadapkan dari dunia dewa (akademik) ke dunia nyata (bumi). Dua-duanya benar. Dua-duanya saling melengkapi.

PT Omnimedia Citraglobal adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan merchandise dan gift. Yang sudah berjalan selama 20 tahun dalam pembuatan merchandise kepada bank-bank serta corporate lain.

PT Omnimedia Citraglobal telah menjalin kerjasama tetap dengan perusahaan-perusahaan dalam maupun luar negeri termasuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA Prioritas, Bank BRI Prioritas, Bank Bukopin, Bank Papua, BJB dan Citibank.

Selain membuat gift untuk corporate, PT Omnimedia Citraglobal membuat anak bisnis dimana barang-barang gift bisa dijual secara retail. Maka PT Omnimedia membuat anak perusahaan yaitu Steven Home.

Terinspirasi oleh berbagai media ritel online di seluruh dunia, kepuasan pelanggan adalah prioritas yang kami utamakan melalui kenyamanan dan efisiensi sistem online untuk pembelian dan promosi. Produk-produk kami terbuat dari berbagai macam tempat di seluruh dunia dan memiliki kebudayaan yang beragam dan indah.

Oleh karena itu, perusahaan kami juga berusaha untuk melayani perusahaan lain dalam memaksimalisasikan pemasaran dan promosi usaha mereka melalui pemanfaatan berbagai macam produk-produk yang kami sediakan.

Penulis berada di bagian Marketing, yang lebih berfokus pada marketing secara online. Penulis selama proses kerja magang ini berhubungan dengan Head Marketing yang langsung dibawah Direktur. Ikut ambil bagian dalam pembuatan promosi online, acara event, serta menawarkan barang kepada corporate.

PT Omnimedia memproduksi dan menjual barang-barang gift atau cinderamata, yang termasuk didalamnya ada koleksi jam, perhiasaan, alat tulis, pajangan, photo frame bahkan segala jenis bentuk crystal. Berbeda dengan yang ditawarkan pada corporate, adalah barang-barang gift dari corporate tersebut yang ada trademark dari corporate bersangkutan. Seperti payung, flashdisk, pulpen dan lainnya.

Tidak terpaku pada beberapa jenis gift saja, PT Omnimedia bisa menjangkau segala pembuatan yang corporate itu inginkan. PT Omnimedia menjalin kerja sama dengan pabrik pembuatan gift yang berlokasi di China.

Kerja-magang, menurut saya, kita diperhadapkan dari dunia dewa (akademik) ke dunia nyata (bumi). Dua-duanya benar. Dua-duanya saling melengkapi.

Kini saya benar-benar mengalaminya. Di masa pandemi, saya bukan hanya mengandalkan customer yang datang ke kafe. Juga melakukan online marketing.

Pengalaman adalah guru terbaik, jika kita mau belajar. 

Marketing, menurut saya, bukan pertama-tama menawarkan dan menjual produk. Namun, menawarkan kepuasan dan memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, kebutuhan itu bisa didesain dan diciptakan.

***