Budaya

Doa Saya Semoga Masuk Neraka

Rabu, 26 Agustus 2020, 16:30 WIB
Dibaca 163
Doa Saya Semoga Masuk Neraka
Bob Sadino

Dodi Mawardi

Penulis senior

 

Tidak banyak orang tahu bagaimana kehidupan spiritual Bob Sadino, pengusaha agribisnis yang pada masa hidupnya sangat terkenal itu. Dengan gayanya yang asal dan nyentrik plus celana sangat pendeknya, mungkin orang akan menduga, Bob Sadino tidak punya kehidupan spiritual yang memadai. Anggapan itu bisa jadi benar, atau sebaliknya sama sekali keliru. Bila menyimak sebagian kata-katanya yang sering keluar dari mulutnya, mungkin saja anggapan itu benar. Simak saja misalnya, kalimat yang meluncur ketika ditanya apa doa Bob setiap hari?

 

          Jawaban Bob Sadino sempat membuat Rhoma Irama, penyanyi dangdut yang selalu berpenampilan luar sangat spiritual, terkaget-kaget. Waktu itu, Rhoma menjadi pembawa acara sebuah program religius di salah satu stasiun teve. Dia bertanya pada Om Bob, “Apa doa Om setiap hari?” 

Dengan santai Om Bob menjawab, “Kalau orang lain berdoa meminta masuk syurga, maka saya setiap hari berdoa kepada Tuhan semoga saya masuk neraka!”

 

Mendengar jawaban itu, Rhoma Irama terkejut bukan kepalang, sampai-sampai hampir melompat dari tempat duduknya. Dia tidak menyangka, akan mendapatkan jawaban luar biasa dan terkesan sangat sombong. Bagaimana mungkin seorang anak manusia yang tidak punya daya dan upaya, berani-beraninya meminta masuk neraka pada Tuhan. 

 

          Tapi apabila ditelisik lebih jauh isi ucapan Om Bob itu, Anda akan mulai mengatakan, “Bener juga Om Bob.”  Penjelasan sangat lengkap tentang doa masuk neraka, saya dapatkan ketika mengadakan pertemuan terbatas sejumlah pengusaha dan wartawan dengan Bob Sadino. 

Apa penjelasan masuk akalnya?

 

          Terserah Anda akan menyetujui atau menolak penjelasannya, tapi kami yang hadir saat itu menyadari bahwa kamilah yang selama ini keliru dan mulai introspeksi diri. Begini kata Om Bob, “Saya menyadari, sudah berlumuran banyak dosa.  Maka saya malu sama Tuhan kalau meminta masuk syurga!”

Kami mulai terperangah, dan saya teringat sebuah bait lagu milik grup musik Ungu. “Aku  manusia yang takut neraka, tapi aku juga tak pantas di syurga.”

 

“Daripada Anda yang sudah tahu berlumuran dosa, tapi tetap ngotot mau masuk syurga,” sambung Om Bob, “Apakah Anda tidak malu sama Tuhan? Terus berbuat dosa dan maksiat tapi tetap minta masuk syurga!”

Teman kami yang ditunjuk-tunjuk Om Bob sebagai contoh manusia penuh dosa, menunduk dan mengangguk tanda setuju. Sementara sebagian besar dari kami, tenggelam dalam pikirannya masing-masing.

 

Saya sendiri mulai menyenandungkan lagu Ungu dalam hati, Andai ku tahu…

Kapan tiba ajalku…

Ku akan memohon Tuhan tolong panjangkan umurku.

Andai ku tahu kapan tiba masa ku

Ku akan memohon Tuhan jangan ambil nyawaku…

Aku takut akan semua dosa-dosaku,

Aku takut dosa yang terus membayangi ku. 

Ampuni aku dari segala dosa-dosaku

 

Aku manusia…

Yang takut neraka

Namun aku juga

Tak pantas di syurgaaaaaaaaa….

 

Andai ku tahu

 

 

Dikutip dari buku “Belajar Goblok dari Bob Sadino”