Sosok

TUGU CINTA DAMAI "Sang Penyangga Ibu Kota Nusantara"

Rabu, 2 November 2022, 19:07 WIB
Dibaca 1.640
TUGU CINTA DAMAI "Sang Penyangga Ibu Kota Nusantara"
Tanjung Selor, 29 Oktober 2022

TUGU CINTA DAMAI "Sang Penyangga Ibu Kota Nusantara"

Tahukah kalian, salah satu provinsi yang akan menyangga Ibu Kota Nusantara???... Ya benar sekali. Dua tahun belakangan ini bumi Kalimantan sangat menarik untuk menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Terutama bagi warga Kalimantan. Sejak dideklarasikan bahwa Bumi Borneo akan di jadikan Ibu Kota Nusantara. Sebuah Ibu Kota Negara Indonesia yang terletak di Kalimantan tepatnya di Kalimantan Timur. Kenapa Harus dikalimantan sebagai Ibu Kota Nusantara. Hal ini tentu telah menjadi sebuah pemikiran yang sangat jauh telah dipertimbangkan dengan berbagai macam analisis kebijakan pemerintah. Seperti yang kita ketahui bahwa bumi kalimantan, saat ini memiliki 5 (lima) Provinsi yakni Provisi Kalimantan Barat dengan Ibu Kotanya Pontianak, Provinsi Kalimantan Selatan dengan Ibu Kotanya Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Tengah dengan Ibu Kotanya Palangkaraya, Kalimantan Timur dengan Ibu Kotanya Samarinda dan Provinsi Kalimantan Utara dengan Ibu Kotanya Tanjung Selor.

Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi yang ke-34, resmi menjadi Provinsi Baru di Republik Indonesia sejak tahun 2012. Sebelum di mekarkan, Kalimantan Utara merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Timur, yang saat ini di sana akan di jadikan Ibu Kota Nusantara. Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, dan Kabupaten Tana Tidung (KTT). Empat Kabupaten dan satu Kota, ini merupakan pembentuk Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Kelima Daerah tersebut tentu memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing.

"Sebut saja jika di Kota Tarakan dengan Tugu Australia dan Perabuhan Jepang, di Nunukan ada Tugu DwiKora dan Tugu Perbatasan Garuda Perkasa, Di Malinau ada Tugu Perjuangan Kemerdekaan RI, Di KTT ada Tugu Bundaran HU, dan Di IBU KOTA Provinsi Kalimantan Utara ada Tugu CINTA DAMAI"

Inilah dia "TUGU CINTA DAMAI Sang Penyangga Ibu Kota Nusantara". Terletak di pinggir sungai kayan tepatnya di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan -Kaltara. Salah satu destinasi wisata sekaligus menjadi Ikon di Kota tersebut. Jika kita perhatikan tugu tersebut dengan Ukiran Khas Bumi Kalimantan bertuliskan Tugu Cinta Damai dan di ujung berbentuk Burung Enggang yang merupakan salah satu Satwa terkenal di Kalimantan. Tugu ini bukanlah sekedar sebuah bangunan tugu semata, namun lebih dari itu bahwa CINTA DAMAI merupakan dasar pembangunan sebuah wilayah disamping sarana pendukung lainnya. Apalagi sebuah provinsi penyangga Ibu Kota Nusantara. sangat dibutuhkan situasi yang Damai yang semua masyarakat di Kalimantan sangat mendambakan perekembangan pembangunan selayaknya di kota kota yang telah maju.

Tugu Cinta Damai dapat anda kunjungi kapan saja, yang tentu letaknya cukup strategis dan dapat di jangkau. Terletak di pinggiran sungai Kayan. Dari Kota Tarakan anda bisa menggunakan transportasi air dengan waktu kurang lebih 75 menit sambil menikmati jalur sungai yang membentang, jika melalui Kabupaten Malinau bisa anda tempuh dengan Pesawat udara dan jalur transportasi darat. Jika anda menggunakan jalur transportasi darat dari Kabupaten Malinau ,bisa menggunakan jasa travel atau Bus Damri atau kendaraan pribadi. Menuju ke Tanjung Selor melalui Malinau akan melewati Kabupaten Tana Tidung. Malinau ke Tana Tidung bisa di capai kurang lebih selama 1,5 jam dan dari KTT ke Tanjung Selor Bisa di tempuh sekitar 2 s.d 3 jam perjalanan. Tentu saja selama perjalanan kita akan disuguhkan dengan berbagai macam suasana baik hutan, perkampungan, sungai, gunung, perkebunan dan suasana lainnya yang mungkin tidak akan ditemui di tempat lain.

Setelah sampai di Tanjung Selor anda merasa sejuk kembali, namun jangan lupa dan melewatkan untuk berpose sebentar di tugu tersebut TUGU CINTA DAMAI, sebagai kenangan terindah sekaligus seorang yang cinta damai.