Sosok

Camat Mukok Kukuhkan Anggota Paskibra 2023, Danton Paskibra Terharu Menyampaikan Kesan dan Pesan.

Senin, 28 Agustus 2023, 14:07 WIB
Dibaca 540
Camat Mukok Kukuhkan Anggota Paskibra 2023, Danton Paskibra Terharu Menyampaikan Kesan dan Pesan.
Upacara Pengukuhan Anggota Paskibra Kecamatan Mukok Tahun 2023

Camat Mukok, Surgama Sahar, SE., ME mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Kecamatan Mukok tahun 2023. Anggota Paskibra yang dikukuhkan merupakan perwakilan dari siswa/siswi SMK Negeri 1 Mukok.

Acara Pengukuhan Paskibra Kecamatan Mukok digelar di Aula Kantor Camat Mukok, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (16/8/2023). Acara pengukuhan Paskibra ini dihadiri oleh unsur Kecamatan dan Panitia Pelaksanaan HUT RI se- Kecamatan Mukok, serta pihak terlibat dan para pelatih Paskibra Kecamatan Mukok.

Rangkaian acara pengukuhan dimulai dengan laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara yakni Bapak Surgama Sahar, SE., ME. Lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan dengan proses mengheningkan cipta. Barulah kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Putra Indonesia yang diikuti oleh Paskibra yang dikukuhkan.

Acara berlanjut, Surgama Sahar, SE., ME selaku pembina upacara menyematkan lencana secara simbolis kepada Pebrianus Viki.

“Semoga dengan telah dilaksanakannya acara pengukuhan Anggota Paskibra Kecamatan Mukok tahun dua ribu dua puluh tiga ini dapat membangkitkan sikap nasionalisme dan menanamkan nilai-nilai perjuangan Bangsa Indonesia serta menjadi penyemangat bagi adik-adik dalam melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih besok.” ujar Surgama.

Adapun daftar nama siswa/siswi SMKN 1 Mukok yang mengikuti acara Pengukuhan Anggota Paskibra Kecamatan Mukok Tahun 2023 adalah:

1. Lobertus

2. Flora Yohana

3. Christian Verba Iwata

4. Fauzan Alfatir

5. Fitri Ayu Wulandari

6. Lupiya

7. Agus  Supriyadi

8.  Emilia Dewi Nur Pita

9. Andreas Rehan Marsius

10. Rendi Badron Pratama

11. Pebrianus Viki

12. Yeremia

13. Risqi Febrian Prasetya.           

14. Rahtifanny Indri Ramadhan

15. Soleh Darmawan

16. Firjan Nur Romadan

17. Matius Riansyah

18. Fortunata Ririn

19. Refa Imelda

20. STEV EMANUEL

21. Naila Sari

22. Yuliana Sona

23. Leko Yanas Pranoto

24. Niken Ayu Larasati

25. Yulviani

26. Tsania Maulani

27. Andrianus Feli

28. Lazarus Waldi

29. Kristina Yani

30. Edi

Setelah acara pengukuhan, Pemimpin upacara pengukuhan yang bertugas sebagai Danton anggota Paskibra, Pebrianus Viki menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti latihan hingga adanya acara pengukuhan anggota Paskibra tahun 2023 ini.

“Pengalaman yang saya dapatkan selama pelatihan membuat saya menjadi seorang yang kuat dan berani menerima segala hal. Berada pada titik sekarang tentu tidak mudah. Kami telah dibina, dibentuk dan dibimbing untuk menjadi pribadi yang tegas dan disiplin melewati segala hal sehingga kami layak untuk dikukuhkan dan siap mengibarkan bendera merah putih di Kecamatan Mukok,” ucap Viki dalam kesannya.

Selanjutnya, ia menyampaikan pesan kepada adik-adik paskibra untuk generasi berikutnya, “Untuk adik-adik yang belum sempat atau belum lolos mengikuti seleksi Paskibra Kecamatan Mukok, jangan berkecil hati. Karena tahun depan, kalian akan bertempur lagi untuk mengikuti seleksi. Persiapkan diri kalian untuk memeriahkan Tujuh Belas yang akan datang. Jangan takut jadi anggota Paskibra, karena menjadi anggota Paskibra adalah sebuah kebanggaan yang nanti akan kalian temui setelah ikut serta. Ingat, beranilah untuk mencoba hal baru dan temui jati dirimu,” ujar Viki.

Saat mengakhiri acara pengukuhaan, Praka Andrianus Ari yang menjadi salah satu pelatih bagi adik-adik Paskibra Kecamatan Mukok memberikan wejangan kepada adik-adik Paskibra. Ia memiliki harapan kepada putra-putri penerus Bangsa ini agar bisa melakukan yang terbaik untuk mengamalkan semua yang telah mereka pelajari selama mengikuti latihan, “semoga kalian semua menjadi pribadi yang lebih baik lagi serta mampu menggapai harapan dan cita-cita kalian ke depannya,” ujar Ari.