Sosok

Program Studi Manajemen dan Teknologi Informasi ISB Dukung Program Pemberdayaan Ekonomi Jemaat Bersama STT Humble Bengkayang

Kamis, 10 November 2022, 06:52 WIB
Dibaca 78
Program Studi Manajemen dan Teknologi Informasi ISB Dukung Program Pemberdayaan Ekonomi Jemaat Bersama STT Humble Bengkayang
Pendampingan melalui zoom pelayanan Rutan kelas II B STT Humble didampingi Dosen ISB

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bengkayang menjadi permasalahan yang cukup vital khususnya di sektor usaha kecil dan sektor rumah tangga. Tentunya hal tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak tidak terkecuali gereja. Gereja melalui salah satu tri tugas gereja yaitu diakonia atau pelayanan kepada masyarakat memiliki tanggung jawab dalam kesejahteraan jemaatnya dan berperan aktif dalam pemeliharaan jemaat.

Hal itulah yang membuat Sekolah Tinggi Theologia Injili Humble dan Program Studi Manajemen maupun Program Studi Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana tergerak untuk membantu dan mendukung program pemberdayaan ekonomi jemaat. Adapun program yang dilaksanakan berupa penyuluhan dan pendampingan melalui konsultasi bagi ekonomi keluarga dan usaha keluarga atau usaha rumahan oleh Bapak Pramatatya R.W.,M.Sc dan Bapak Azriel C. Nurcahyo, M.Kom. Materi penyuluhan yang disampaikan bagi keluarga antara lain tentang pengelolaan keuangan dan kesadaran investasi. Materi terkait usaha rumahan yang disampaikan lebih berfokus pada peningkatan usaha tanpa penambahan biaya antara lain pada efisiensi kerja, penataan layout, dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi.

Penyuluhan dilakukan kepada para mahasiswa dan Pendeta yang ada lingkungan Sekolah Tinggi Theologia Humble. Agar nantinya mereka dapat membagikan ilmu tersebut kepada jemaat yang ada di gereja mereka masing-masing. Selain itu juga dilakukan selama beberapa bulan di tahun 2022 pendampingan kegiatan pelaksanaan diakonia STT Humble melalui dosen sekaligus Pendeta yaitu Bapak Pdt. Sangkot Sibarani, M.Pd.K ke Rutan kelas II B Bengkayang melalui zoom yang difasilitasi Bapak Azriel C. Nurcahyo, M.Kom.

 

Program ini diharapkan dapat memberi efek pada perkembangan ketahanan ekonomi khususnya di sektor rumah tangga dan industri rumah tangga.  Kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut agar dapat mendukung gereja dalam kegiatan pelayanan diakonia khususnya dan perkembangan perekonomian di Kabupaten Bengkayang pada umumnya.