Sosok

Hidup Zaman Now

Senin, 28 Februari 2022, 13:04 WIB
Dibaca 623
Hidup Zaman Now
Dobi Rizami

Kemajuan sistem informasi teknologi saat ini tidak dapat terbendungkan lagi di era globalisasi. Berbagai informasi belahan dunia dapat diterima dengan berbagai isu permasalahan dan kemajuan bidang ekonomi, politik, ideologi, sosial budaya, dan dunia ilmu pengetahuan lainnya.

Banyak hal yang memberikan kemanfaatan bagi kita apabila Informasi tersebut dapat kita terima dikelola dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya,  apabila Informasi tersebut yang kita terima tidak bersesuaian dengan karakter budaya kita, mungkin akan membawa kita pada hal-hal yang tidak memberikan manfaat dalam tata kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk menuju kebaikan.

Dalam menggapai harapan dan impian agar dapat mewujudkan pemahaman, pengetahuan tidak terlepas dari informasi yang mungkin didapatkan melalui literasi membaca, pendidikan, dan pengalaman.

Kita saat ini juga sering menerima informasi di media sosial berita hoaks, informasi yang sesungguhnya tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Menurut KBBI hoaks mengandung makna cerita bohong, berita tidak bersumber.

Menurut Silverman (2015), hoaks merupakan sebagai rangkain informasi yang memang sengaja disesatkan tetapi dijual sebagai kebenaran. Menghindari berita informasi yang bersifat hoaks, mungkin kita salah satunya harus banyak literasi untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan pemahaman. Sehingga kita tidak terjebak menerima informasi berita hoaks.

George R Terry D PhD mengatakan bahwa informasi merupakan data penting yang dapat memberikan pengetahuan yang berguna atau bermanfaat bagi penerimanya.

Percepatan informasi dengan kemajuan sarana prasarana teknologi memberikan peluang untuk kita semua bahwa pengetahuan seakan sudah dalam genggaman. Hal ini apabila kita selalu berdisiplin bekerja keras mengejar pengetahuan untuk menjawab tantangan berbagai isu ‘zaman now’ dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

Filsuf Yunani Plato mengatakan tujuan hidup adalah mencapai kesenangan. Kesenangan di sini dimaksudkan mengetahui akan barang barang dan nilai yang dituju, mengetahui sekaligus paham tetang aturan dan norma-norma kehidupan. Apapun kemajuan informasi teknologi segala sarana prasarananya kita perlu menyikapinya dengan nilai-nilai positif yang dapat memberikan kemanfaatan yang berguna untuk berkarya di era zaman now (sekarang).

Dalam ilmu linguistik (ilmu bahasa) bentuk zaman now terdiri atas dua kata yakni zaman dan now. Secara etimologi kata zaman berasal dari Indonesia yang artinya jangka waktu yang panjang atau pendek yang menanda sesuatu dua, kala, dan waktu. Sementara now kata berasal dari bahasa Inggris yang diartikan sekarang.

Hidup zaman now mari kita menyikapi dengan nilai-nilai yang memberikan kemanfaatan untuk berkarya berbuat nyata. Berusahalah untuk tidak menjadi orang yang sukses, tetapi cobalah untuk menjadi orang yang bernilai (Albert Einstein).

Dobi Rizami (Penggiat Literasi)

Tags : sosok