Sosok

Ping Ding, Wanita Panutan

Kamis, 28 Oktober 2021, 21:07 WIB
Dibaca 79
Ping Ding, Wanita Panutan
Ping DIng (kedua dari kanan) bersama perempuan panutan lainnya (Foto: Istimewa)

Pepih Nugraha

Penulis senior

Ketua DPRD Malinau yang juga Wakil Ketua PKK Provinsi Kalimantan Utara, Ping Ding, Jumat malam, 28 Oktober 2021, mendapat Penghargaan sebagai Wanita Panutan Bidang Pemberdayaan Komunitas Lokal (Inspiring Women in Empowering Local Communities) acara pada malam penganugerahan bertajuk "Wanita Panutan 2021" di Jakarta.

Penghargaan diberikan oleh Majalah Registry, Yayasan Duta Indonesia Maju. Ping Ding yang isteri Wakil Gubernur Kaltara Yansen Tipa Padan ini  selama menjadi ketua PKK Malinau di mana suaminya bertugas selaku Bupati Malinau selama dua periode, aktif dalam upaya memberdayakan komuitas lokal, baik di PKK, Paud, UMKM, dan secara khusus mengembangkan Batik Malinau serta kerajinan Rotan.

Ping Ding yang dari hasil pernikahan dengan Yansen TP memiliki diu putera dan dua puteri ini tercatat sebagai perempuan pertama Malinau yang menjadi Ketua DPRD.

Sebelum dilantik sebagai Ketua DPRD, Ping Ding merupakan anggota DPRD Malinau dari Fraksi Partai Demokrat dan aktif dalam sejumlah kegiatan kemasyarakatan.

Selain PIng Ding, penghargaan yang diberikan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda itu diberikan kepada sebelas wanita panutan lainnya, antara lain Nur Asia Uno, Yanti Airlangga, dan Amurwani Dwi Lestariningsih.  

Dalam karier politiknya selaku kader Partai Demokrat, Ping Ding yang lahir pada 9 Maret 1970 ini menggantikan Wempi Mawa yang terpilih menjadi Bupati Malinau. Ia menjabat Ketua DPRD Kabupaten Malinau, melanjutkan kepemimpinan dewan Periode 2019-2024. 

Selamat ya, Bu Ping!

***