Riset

Keajaiban Kalimat dalam Tubuh Kita

Kamis, 29 September 2022, 21:24 WIB
Dibaca 265
Keajaiban Kalimat dalam Tubuh Kita
Refresing di alam bebas

Di dunia ini sesungguhnya tidak ada orang yang betul-betul bahagia jika dia sendiri tidak menciptakan itu semua dalam dirinya. Dalam kondisi apapun kita harus mampu menghadapi semua itu. Kalau mau diceritakan kekecewaan dsb,maka semua itu tidak akan habis-habisnya. Mengeluh adalah ciri-ciri kenegatifan dalam diri manusia. Biasanya karena kurang bersyukur pada kebaikan Tuhan membuat kita menjadi orang yang suka mengeluh. Supaya tahan banting dalam kondisi apapun memang diperlukan Latihan tiada henti dengan terus memotivasi diri sendiri, mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan diri,olahraga dan refersing di tempat-tempat wisata alam. Ternyata syaraf-syaraf kita ini juga membutuhkan kalimat-kalimat peneguhan setiap hari, kita harus memasukkan kalimat-kalimat positif dan kalimat-kalimat rasa syukur,kalau tidak kita pun bisa EROR. Program otak kita tidak jauh berbeda dengan komputer juga. Jika banyak virus maka erorlah otak kita.

 Dalam kondisi apapun, fokuslah pada pekerjaan, bukan pada gosip-gosip dan orang-orang yang berpikiran negative di sekitar kita. Kita harus tetap bekerja dan fokus pada apa yang kita punya, terus membenahi program-program kita sendiri. Pikiran ini tidak bisa lari kemana-mana,dia tetap berputar-putar di otak,maka sangat rugi besar memikirkan hal-hal negative yang hanya mengotori otak kita. Sering dikatakan bahwa kecantikan yang sesungguhnya datang dari dalam. Kebahagiaan dan ketenangan menimbulkan sebuah pancaran yang tidak dapat diperoleh dari perawatan kosmetika terbaik sekalipun. Sedangkan kemarahan, ketakutan,emosi negatif lainnya dapat melukai wajah dan tubuh. Dengan berpikir positif, bermeditasi dan berbagai teknik dapat membuat kesehatan emosional seimbang.

  

Memang tidak semua mampu hidup dalam tekanan,kalau tidak tahu caranya maka kita bisa stress sendiri karena masalah itu akan terus berputar-putar di otak kita,dia tidak lari kemana-mana, disimpan terus pun tidak ada gunanya, dia akan terus terekam dalam otak,nach sebagai pemiliknya tentu kita harus bijak memasukan kalimat-kalimat dalam memori kita, cara kerjanya sama seperti Ram Komputer tadi,kalau banyak memori yang kena virus maka EROR lah dia.

 Allah menciptakan kita sama halnya manusia yang jenius mampu membuat komputer beserta program-program di dalamnya. Allah melebihi karya manusia. Dalam diri kita sudah terformat kalimat-kalimat/kata-kata yang  bisa mengeluarkan bahasa ( bunyi ). Saya yakin kalau format dosa-dosa dan kesalahan terbaca dalam tubuh-tubuh kita. Sistemnya tentu sama seperti komputer.

Sosok Yesus ( Isa Al Masih ) yang merupakan bagian dalam diri Allah terus menjadi bahan perbincangan di dunia. Ada yang mengatakan Dia hanya Nabi. Menurutku Allah lebih hebat dari para DEWA yang bisa berubah wujud. Allah lebih hebat dari DEWA yang bisa mengandakan dirinya menjadi ratusan rupa . Jika ada unsur tanah,api,air dan udara, maka Allah bagian dari itu semua. Dia adalah unsur semua materi yang ada di alam semesta ini. Dia akan tetap memberi kita teka-teki sepanjang zaman. Dia tentu punya maksud untuk hal itu semua,supaya kita manusia jangan jahat dengan sesama manusia. Allah bersifat kekal sama dengan ENERGI. Manusia juga bersifat kekal walaupun kulit ( gangangnya ) hancur, tapi energi yang ada dalam dirinya ( roh) tidak bisa mati. Jadi kita hanya berubah dan bukan mati.Karena itu yang harus tetap kita jaga adalah tubuh rohani kita supaya tubuh jasmani bisa selalu sehat dan berbahagia. Perhatikan saja orang-orang yang pemarah,pengeluh,jahat dsb,maka otomatis tubuh jasmaninya cepat rusak, ada yang sering sakit dsb,orang-orang pemarah bisa langsung terlihat di tubuh jasmaninya kalau dia pemarah. Tubuh rohaninya sakit maka tubuh jasmani lebih sakit lagi.

Setiap orang yang menjalani kehidupan di dunia ini tentu tidak terlepas dari stres. Keadaan dimana seseorang mengalami penat dan merasa menanggung beban yang berat situasi inilah yang bisa dikatakan sebagai stres. Penyebab dari stres sangat beragam, dari mulai masalah ekonomi, hubungan, pekerjaan, dan masalah kehidupan lainnya. Stres yang masih tergolong ringan bisa dihilangkan dengan cara-cara yang mudah. Cara menghilangkan stress ini bisa mengurangi sedikit beban yang ada dipikiran Anda sehingga Anda merasa lebih rileks dan nyaman.

Stres bukan sebuah penyakit yang harus diobati dengan obat-obatan kimia. Keadaan seseorang yang stres harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan jika stres dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan seseorang menjadi gila bahkan bisa berujung dengan bunuh diri. Berikut akan diberikan beberapa cara menghilangkan stres dengan mudah.

 1. Lakukan aktifitas yang menyehatkan

 Ketika Anda mengalami stres atau penat lakukanlah kegiatan yang menyehatkan. Cara menghilangkan stres pikiran ini bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan yang menyehatkan misalnya saja melakukan olahraga ringan di sore atau pagi hari. Olah raga yang dilakukan tidak perlu yang berat cukup dengan jogging atau jalan saja setiap hari. Selain itu Anda bisa menulis di buku atau website,berkebun, menari,memainkan musik,membaca dsb.

 2. Yoga atau Meditasi / Berdoa

 Yoga atau meditasi sudah terkenal bisa membuat rileks dan juga nyaman. Cara menghilangkan stres dengan yoga atau meditasi ini bisa membuat fikiran Anda menjadi lebih rileks dan juga tenang. Lakukan meditasi di tempat yang nyaman dan juga sejuk. Selain itu sambil menarik nafas dalam-dalam selama melakukan yoga atau meditasi.

 3. Mendengarkan musik

 Mendengarkan musik merupakan salah satu cara menghilangkan stres berat yang menimpa Anda. Ketika pikiran sudah merasa penat cobalah untuk memutar musik kesayangan Anda. Cara ini terbukti ampuh untuk merilekskan pikiran. Anda juga bisa sambil menyenandungkan lagu yang sedang diputar. Hal ini akan menambah Anda lebih rileks dan bahagia.

 4. Istirahat yang cukup

 Cara menghilangkan stres yang paling cepat yaitu dengan beristirahat. Stres juga bisa dikarenakan terlalu capek atau lelah dalam bekerja. Dengan istirahat yang cukup bisa mengatasi rasa lelah dan membuat tubuh menjadi segar kembali. Istirahatkan tubuh minimal 8 jam dalam sehari.

 5. Positif Thinking

 Positif thinking merupakan salah satu cara menghilangkan stres berat yang paling mujarab. Ketika sedang mengalami banyak masalah yang cukup berat Anda sebaiknya berfikiran positif saja. Hindari untuk berfikir negatif karena hanya akan menambah beban dan membuat semakin stres. Biasakan membuat mantra untuk diri sendiri, contoh:

 · Aku bertumbuh menjadi semakin baik dan semakin baik

 ·Apapun yang terjadi dalam hidup saya,saya dapat mengatasinya

 ·Kehidupan saya dipenuhi dengan kedamaian dan kebahagiaan yang berlimpah

 ·Aku meraih tujuan secara tenang

 ·Aku menikmati tantangan dalam menyelesaikan berbagai hal. dsb

 6. Tertawa

 Cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan stres adalah dengan tertawa. Tertawa bisa melepaskan semua yang menjadi beban dalam pikiran. Dengan tertawa sekeras-kerasnya Anda bisa memicu terbentuknya hormon yang bisa membuat Anda lebih rileks dan bahagia. Anda bisa melihat film kartun lucu ataupun komedi yang bisa membuat tertawa.

 7. Pijat relaksasi

 Cara menghilangkan stres yang selanjutnya yaitu bisa dengan pijat relaksasi. Pemijatan yang dilakukan diseluruh badan bisa membuat badan menjadi rileks dan nyaman. Dengan demikian Anda akan lebih rileks dan fikiran menjadi lebih tenang.

 8. Jangan menunda pekerjaan

 Salah satu tips untuk menghilangkan stres yaitu jangan pernah menunda pekerjaan. Menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan menumpuk dan tidak terselesaikan. Sebisa mungkin selesaikan pekerjaan atau tugas sesuai dengan waktunya.

 9. Refreshing

 Cara menghilangkan stres secara alami bisa dengan cara melakukan refreshing atau berlibur. Sisakan satu hari Anda untuk berjalan-jalan bersama teman ataupun keluarga. Tidak perlu jauh-jauh bisa refreshing ke taman kota ataupun tempat wisata yang ada di sekitar Anda. Selain itu Anda boleh mandi di air pancuran,juga bisa berendam mandi air wangi-wangian dengan aromaterapi.

 10. Jadi diri sendiri

 Menjadi diri sendiri adalah cara menghilangkan stres berat yang Anda alami. Biasanya orang yang stres belum bisa menjadi dirinya sendiri. Jangan pernah ragu untuk menjadi diri sendiri dan mengatakan tidak jika memang diperlukan.

 Stres bisa melanda siapa saja, bahkan anak-anak sekalipun bisa mengalami stres. Tekanan yang berat pada anak bisa membuat anak menjadi stres dan tertekan. Oleh karena itu biasakan untuk hidup bahagia dan menerima keadaan diri sendiri. Jika Anda seorang pekerja sebaiknya sesekali lakukan refreshing setelah penat bekerja. Cara menghilangkan stres diatas juga bisa Anda coba.

  “ Pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu, pikiran adalah pemimpin,pikiran adalah pembentuk. Bila seseorang berbicara atau berbuat dengan pikiran jahat,maka penderitaan akan mengikutinya,bagaikan roda pedati mengikuti langkah kaki lembu yang menariknya."

Kalimat pendukung dalam Alkitab :

Pelita  Tubuh 

Lukas 11:33-36

11:33 "Tidak seorangpun yang menyalakan pelita lalu meletakkannya di kolong rumah atau di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk, dapat melihat cahayanya.   

11:34 Matamu adalah pelita tubuhmu  . Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu. 

11:35 Karena itu perhatikanlah supaya terang yang ada padamu jangan menjadi kegelapan. 

11:36 Jika seluruh tubuhmu terang dan tidak ada bagian yang gelap, maka seluruhnya akan terang, sama seperti apabila pelita menerangi engkau dengan cahayanya."