Literasi

22022022 Ku BerLiterasi

Rabu, 23 Februari 2022, 07:22 WIB
Dibaca 442
22022022 Ku BerLiterasi
22022022 Deklarasi Komunitas Kreatif Kaltara

Undangan terbuka dari Komunitas Kreatif Kaltara untuk Peluncuran Website YTPrayeh.com dan Karya Literasi Kaltara memberikan kesan yang menarik.

Kegiatan ini digelar selama dua hari Selasa-Rabu, 22-23 Februari 2022, di Ballroom, Jalan Cempedak, Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Acara yang bertujuan meningkatkan wawasan literasi ini dihadiri berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, muda-mudi, wiraswasta, pegawai, guru,tokoh agama, tokoh masyarakat hingga pensiunan dengan berbagai latar belakang dan gender.

Diawali dari mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilajutkan DOA yang kemudian diundanglah nama-nama penulis nasional, diantaranya Kang Pepih Nugraha, S.Sos., yang dikenal sebagai penggiat Literasi, Founder pepnews.com, Borneopedia dan pendiri Kompasiana dengan gayanya yang cool memberikan pemahaman Literasi menulis dengan singkat, padat dan mudah dimengerti.

Kemudian Pak Masri Sareb Putra, M.A. seorang penulis nasional senior dimana tulisannya telah mencapai 114 buku dan ribuan opini, ada pula beberapa penulis asli Kaltara yang namanya sudah tak asing lagi di telinga warga provinsi terbungsu di Indonesia ini.

Sebagai narasumber utama turut hadir Bapak Dr. Yansen TP.,M.Si yang selama ini saya anggap beliau adalah Bapak Literasi Kalimantan Utara. Hasil tulisan dan buku beliau telah mendapatkan piagam penghargaan langsung oleh Rekor MURI Indonesia yang belum tentu bisa didapat oleh penulis lainnya.

Beliau jugalah yang melahirkan Website Literasi yang sudah lebih 1.000 penulis baik dalam negeri dan luar negeri dalam kurun waktu kurang lebih setahun, biarpun baru melahirkan 7 buku dan dua buku lagi dalam waktu dekat.

Semua pemateri memberikan pemahaman Literasi menulis, tips dan trik dasar bagaimana menulis dengan mudah, mengalir dan dapat dilakukan oleh semua kalangan atau siapapun itu, dimana infonya besok akan dibahas lebih dalam dan detail. Kegiatan Literasi hari ini dikemas apik, sederhana tapi sangat berisi.

Dari semua rangkaian kegiatan Literasi hari ini, yang membuat saya haru sekaligus bangga yaitu diakhir kegiatan hari ini di deklarasikannya Komunitas Kreatif Kaltara yang mana diinisiasi oleh Dr. Yansen TP.,M.Si bersama beberapa muda mudi penggiat Literasi yang diharapkan sebagai tonggak bangkitnya Literasi Menulis di Kalimantan Utara tepat di tanggal istimewa yaitu 22022022.

***