Literasi

Upaya Mencegah Heatstres dan Efek Populasi Terlalu Padat pada Ayam Broiler Saat Cuaca Panas

Sabtu, 27 Agustus 2022, 11:40 WIB
Dibaca 113
Upaya Mencegah Heatstres dan Efek Populasi Terlalu  Padat pada Ayam Broiler Saat Cuaca Panas
Foto Kenangan kegiatan lomba LKS tingkat Nasional

Setiap peternak yang memiliki bisnis di peternakan ayam broiler pasti menginginkan usahanya maju dan berkembang serta memiliki performa ayam yang optimal. Ayam broiler yang mampu tumbuh cepat sehingga dapat menghasilkan daging dalam waktu relative singkat,selain bibit   dan pakan yang menjadi kunci keberhasilan dalam usaha ayam broiler adalah cuaca. Apabila cuaca yang panas seringkali menjadi masalah tersendiri bagi para peternak,agar ayam yang di pelihara tetap memiliki performa yang optimal. Kondisi yang terlalu panas dapat memicu stress pada ayam sehingga proses penyesuaian suhu tubuh ke lingkungan yang tidak berjalan dengan baik karena suhu lingkungan yang terlalu tinggi. Kondisi lingkungan yang terlalu ekstrem pada siang hari adalah salah satu factor dehidrasi pada ayam sehingga ayam akan banyak minum dan konsumsi pakannya berkurang.

Untuk mencegah heatstress pada usaha ayam broiler,ada beberapa langkah yang dapat kita lalukan untuk mencegah agar heatstress tidak terjadi pada ayam broiler yang kita pelihara :

Cara mencegah heatstres pada ayam broiler :

1.       Kandang yang di gunakan sebaiknya menggunakan kandang panggung,dimana sirkulasi udara pada kandang panggung lebih lancar dengan tinggi panggung 2,5-3  meter dari permukaan tanah.

2.        Pilih bahan atap kandang yang mampu menyerap panas,menolak panas bahkan meredam panas dan kita juga bisa menanam pohon di sekitar kandang agar kondisi kandang memiliki suhu yang tetap terjaga.

3.       Dinding kandang terbuat dari kawat ram agar udara panas  dalam kandang bebas keluar dan oksigen dari luar mudah masuk ke dalam kandang.

4.       Memasang hujan buatan yang di pasang di atas atap kandang yang menyemprotkan air terus menerus untuk menjaga agar suhu dalam kandang tetap stabil.

5.       Kandang yang terlalu padat dapat menurunkan ketersediaan oksigen ,meningkatkan amoniak  dan dapat menimbulkan panas yang berlebih dan jumlah ayam yang di pelihara tidak lebih dari 6-8 ekor/ m2.

6.       Jika kita membuat kandang berdekatan usahakan jarak antar kandang minimal 1 kali lebar kandang,hal ini agar sisrkulasi udara setiap kandang lancar.

7.       Selalu sediakan air minum dengan kualitas yang baik,anda bisa menambahkan suplemen untuk menambah daya tahan tubuh dan juga meningkatkan kualitas mutu pakan agar performa ayam tetap optimal.

8.       Lingkungan kandang yang terlalu bising menjadi penyebab ayam stress,karena itu peternak perlu memperhatikan lokasi kandang tetap nyaman dan tidak bising

9.       Kondisikan system buka tutup tirai pada pagi dan siang hari sesuai kondisi cuaca dan juga ayam

10.   Selalu berikan pakan tepat waktu dengan nutrisi yang seimbang dan cukup untuk setiap ayamnya.

Heatstres pada ayam merupakan gangguan stress yang terjadi akibat kondisi suhu lingkungan yang melebihi suhu normal 28oC,sehingga menyebabkan ayam tidak dapat seimbang antara produksi dan pembuangan panas dalam tubuhnya,Penting untuk di ketahui,bahwa suhu normal yang aman untuk ayam yaitu suhu 25-28 oC dengan kelembapan 60-70%. Ayam yang terserang heastres di tandai dengan konsumsi air minum  yang berlebih dan menurunya konsumsi pakan yang menyebabkan penurunan bobot ayam,khususnya pada ayam broiler.

Upaya di atas merupakan beberapa hal yang dapat di jadikan sebagai solusi untuk  mencegah heatstres pada ayam broiler yang kita pelihara. Setiap peternak agar selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kondisi ayam agar tetap nyaman di dalam kandang supaya performanya bisa optimal,Karena pergantian musim juga perlu penerapan manajemen yang berbeda pula,selalu luwes dan evaluasi setiap periode agar ketika hasil maksimal atau tidak dapat di analisa.

Efek populasi ayam broiler terlalu padat

Penampilan ayam pedaging yang bagus dapat dicapai dengan sistem peternakan intensif modern yang bercirikan pemakaian bibit unggul, pakan berkualitas, serta perkandangan yang memperhatikan aspek kenyamanan dan kesehatan ternak. Kandang harus memberikan kenyamanan dan bisa melindungi diri dari pengaruh cuaca (panas, dingin, maupun angin) dan pengaruh binatang atau manusia yang ingin mengganggu, karena sepanjang hidupnya ayam berada di dalam kandang.

Selain pengaruh cuaca karena kepadatan kandang yang tinggi dapat menurunkan konsumsi pakan dan konversi ransum yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan ternak. Kepadatan kandang yang optimal untuk ternak dipengaruhi oleh suhu dalam kandang.

Seringkali peternak mengeluh akan performa ayam broiler yang di budidayakan kurang optimal. Nah mungkin hal ini perlu kita perhatikan,kepadatan populasi ayam dalam kandang pemeliharaan. Banyak pelaku dan peternak ayam broiler mematok standar kepadatan ayam dalam kandang adalah 8 -12 ekor/m2 dengan bobot badan rata-rata 1,8- 2 kg/ekor.

Kepadatan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti :

1.    Feed Intake/Konsumsi berkurang

Ayam sehat salah satunya bisa di lihat dari konsumsi pakan  harian ayam. Jika konsumsi pakan tinggi ada harapan terjadi peningkatan bobot badan berarti performa baik,semakin tinggi konsumsi pakan maka semakin menunjukan ayam sehat.

2.    Pertambahan bobot badan ayam terhambat

Pertambahan bobot badan merupakan hal yang penting untuk di perhatikan karena dapat digunakan untuk menilai pertumbuhan ternak. Karena setiap peternak pasti menginginkan bobot ayam cepat bertambah,cepat besar dan konversi pakannya sedikit.

3.    FCR meningkat

Biaya dalam budidaya ayam broiler yang paling besar ( ± 70 % ) adalah biaya pakan,jika FCR tinggi tentu saja ini akan kurang baik pada sisi biaya. Usahakan dalam pemeliharaan ayam broiler FCR harus kecil,karena semakin kecil FCR artinya performa menunjukan angka yang baik tentu saja di barengi dengan bobot yang optimal.

4.    Kematian  ayam meningkat

Salah satu factor kesuksesan dan performa yang baik adalah kematian kecil,karena pertumbuhan ayam bagus dan kalaupun kematian tinggi bisa jadi performa ayam akan menurun drastis.

5.    Kasus kanibalisme meningkat

6.    Kebutuhan akan ventilasi udara meningkat

Hal-hal di atas sering terlupakan,hanya sekedar mengingatkan saja ternyata factor populasi apalagi di tambah dengan cuaca ekstrim  dan manajemen yang kurang baik akan berakibat cukup serius pada performa ayam broiler yang kita pelihara. Silahkan di cek kondisi ayam dari awal saat pemeliharaan,jika ada indikasi seperti hal-hal di atas kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan untuk mengejar performa ayam.