Literasi

Literasi Dayak: Ide yang Membahana Seantero Dunia dari Batu Ruyud

Selasa, 25 Juli 2023, 09:47 WIB
Dibaca 550
Literasi Dayak: Ide yang Membahana Seantero Dunia dari Batu Ruyud
Deklarasi asli. Goresan tangann Masri Rangkaya Bada.

Di sebuah momen yang bersejarah di Batu Ruyud, Kalimantan Utara. Ketika itu, almanak mencatat: 2 November 2022.

Dr. Yansen TP, M.Si. yang terpanggil sekaligus peduli pada dunia literasi. Pria Lundayeh tinggi besar itu memantik diskusi menarik. Maka tercetuslah Literasi Dayak Borneo, sebuah peristiwa yang menjadi tonggak penting bagi kebangkitan literasi di kalangan masyarakat Dayak yang populasinya di dunia pada ketika ini tidak kurang dari 8 juta jiwa.

Sebagai deklarator Literasi Dayak Borneo, kami merasa bertanggung jawab untuk menjadikan deklarasi ini lebih dari sekadar kata-kata, melainkan sebuah komitmen nyata dalam mendukung literasi di Kalimantan Utara.

Sejarah deklarasi tersebut diarsipkan dengan cermat, tidak hanya dalam bentuk manual, tetapi juga secara digital. Data berharga ini disimpan dalam sebuah sistem digital, memastikan kesinambungan dan aksesibilitas bagi generasi mendatang.

Sebagai bagian dari komitmen kami, kami membangun dua portal literasi yang berdedikasi untuk masyarakat Dayak Borneo, khususnya para anak muda.

Portal pertama, www.suarabelantaraborneo.com, diprakarsai dan dipandu dengan penuh dedikasi oleh Agustina S dan Lio Bijumes Frand. Portal ini telah menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak muda Kalimantan di mana pun mereka berada. Melalui portal ini, kami berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong mereka untuk mencintai literasi, mengasah bakat menulis, dan mengungkapkan kreativitas mereka.

Portal kedua https://www.literasidayak.com/

Pengasuh kanal berita dan informasi khas Dayak ini dipersembahkan khusus untuk seluruh masyarakat dan penulis profesional. Portal ini diurus dengan penuh kasih oleh Rangkaya Bada Masri dan Matius Mardani. Tujuannya adalah untuk menyediakan wadah yang memungkinkan penulis berpengalaman dan kaum intelektual untuk berbagi pengetahuan, mengenalkan budaya Dayak, serta menceritakan cerita-cerita yang mampu menginspirasi dan memberikan wawasan mendalam.

Dengan adanya kedua portal ini, kami berharap literasi Dayak Borneo akan semakin berkembang pesat dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Generasi muda dapat menemukan kecintaan mereka pada membaca dan menulis melalui portal suarabelantaraborneo.com, sementara para penulis berpengalaman dan para intelektual dapat menyumbangkan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan melalui literasidayak.com.

Deklarasi Literasi Dayak Borneo di Batu Ruyud adalah tonggak penting dalam sejarah Dayak Borneo. Namun, sebagai deklarator, kami tidak berhenti di situ. Kami telah membuktikan komitmen kami dengan tindakan nyata, membangun dan mengelola dua portal literasi yang menghubungkan dan mencerahkan masyarakat Dayak secara luas, baik di kalangan anak-anak muda maupun penulis berpengalaman.

Digelorakan dan dipantik semangat ini, kami percaya bahwa literasi akan menjadi daya dorong bagi kemajuan dan kebangkitan masyarakat Dayak Borneo, mengangkat kearifan lokal mereka dan menginspirasi generasi mendatang untuk terus berprestasi melalui dunia tulis-menulis.

Tags : literasi