Literasi

Mengenal Budaya DAYAK LENGILU di Dataran Tinggi Borneo

Selasa, 2 Agustus 2022, 07:21 WIB
Dibaca 232
Mengenal Budaya DAYAK LENGILU di Dataran Tinggi Borneo
Buku: Mengenal Budaya Dayak Lengilo'

Kearifan lokal bisa dipahami sebagai ide lokal yang arif, penuh kearifan, atau nilai-nilai yang baik, yang mendarah daging dan diamati oleh setiap kolektifnya.

Dalam proses penerbitan, buku karya putra Dayak Lengilu/Lengilo' oleh Yudan Frans Rining dan Lio Bijumes. Dengan judul Mengenal Budaya Lengilu di Dataran Tinggi Borneo. Menghimpun kearifan lokal yang selama ini mulai pudar ditengah tantangan zaman.

Melalui buku ini, penulis ingin memperkenalkan salah satu keberagaman dan tradisi tentang Budaya Dayak Lundayeh Sub. Lengilu/Lengilo’ yang sarat dengan kebudayaan unik, terletak di Krayan Tengah, Kecamatan Krayan Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Dayak Lundayeh Sub. Lungilu Krayan Tengah Kec. Krayan Selatan terdiri dari tiga Lokasi Desa yaitu:

  1. Lokasi Desa Ba'Liku. 
  2. Lokasi Desa Binuang dan,
  3. Lokasi Desa Long Padi.

Adapun lokasi tersebut terbagi menjadi beberapa Desa, Lokasi Ba' Liku terdiri dari: Desa Ba' Liku, Desa Pa' Yalau, dan Desa Long Rian. Lokasi Binuang terdiri dari: Desa Binuang, Desa Pa' Milau dan Desa Long Mutan. Lokasi Long Padi terdiri dari: Desa Long Padi dan Desa Tang Badui.

Saat ini, seluruh Desa yang ada di Krayan Tengah ada delapan Desa. Dasar penulisan Mengenal Budaya Dayak Lengilu di Dataran Tinggi Borneo. Karya ini hadir sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan bagi siapapun yang membacanya.

Membuat pembaca merasakan, mengenal, dan memahami bahwa ternyata ada nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Dataran Tinggi Borneo yang tersembunyi, namun memiliki sejarah yang panjang bagi manusia Lengilu/Lengilo’.

Buku yang sekarang ada dihadapan Anda saat ini merupakan buku hasil perjalanan panjang, penulis telah mengumpul data sejak tahun 1992-2022.

Adapun bagian-bagian isi dalam buku ini:

  1. Pemimpin dan Lun Do'
  2. Perkawinan
  3. Buka Kampung dan Rumah Baru
  4. Kepercayaan (Bi-En)
  5. Pantang (Ali')
  6. Pengadilan dan Hukum
  7. Sakit dan Obat-Obatan
  8. Alat-Alat
  9. Permainan
  10. Pakaian
  11. Perhiasan dan Harta
  12. Seni
  13. Kematian
  14. Hantu
  15. Dongeng
Nah, apa saja dan bagaimana pengetahuan lokal yang ada di Krayan Tengah? Mari kita baca buku ini.

***