Literasi

Mahasiswa Shanti Bhuana Bantu Kembangkan Aplikasi Inventaris Digital Berbasis Web di Perumdam Tirta Bengkayang

Selasa, 12 Oktober 2021, 18:19 WIB
Dibaca 60
Mahasiswa Shanti Bhuana Bantu Kembangkan Aplikasi Inventaris Digital Berbasis Web di Perumdam Tirta Bengkayang
Serah terima Aplikasi Inventaris bersama Direktur Perumdam Tirta Bengkayang

BENGKAYANG, Institut Shanti Bhuana – Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HMTI) Institut Shanti Bhuana (ISB) saat ini tengah mengupayakan sejumlah langkah konkret guna membangun dan mengembangkan digitalisasi bagi masyarakat Bengkayang. Upaya ini sudah dimulai dengan dilaunchingnya sebuah aplikasi inventaris berbasis website di Perumdam Tirta Bengkayang.

Rezza Pana Kontesta selaku ketua Inkubator HMTI sekaligus perancang aplikasi yang didampingi dosen-dosen Teknologi Informasi ISB mengungkapkan bahwa  aplikasi berbasis website yang dilaunching di Perumdam Tirta Bengkayang tersebut merupakan aplikasi yang bertujuan untuk membantu kinerja pihak Perumdam Tirta Bengkayang dalam mengelola sistem inventaris kantor internal yang mana kedepannya akan terus dilakukan pengembangan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kegunaan dari aplikasi tersebut adalah untuk melakukan penyimpanan data Inventaris barang secara online. Yang mana dalam prosesnya tentu saja menggunakan jaringan internet.

Terkait dengan keunggulan dari aplikasi tersebut, Rezza menjelaskan bahwa ada beberapa keunggulan dari aplikasi tersebut diantaranya keamanan data menjadi terjamin.

Pasalnya dengan data yang tersimpan secara aman pada aplikasi akan mampu mengurangi beberapa masalah yang sering terjadi sebelumnya.

Selain itu aplikasi ini juga dapat membantu pihak Perumdam Bengkayang agar lebih mudah lagi menyimpan data-data secara Cloud Hosting. Pada aplikasi inventaris yang dibuat di dalamnya sedang dikembangkan penambahan aplikasi berupa Printing barcode. Dengan printing barcode mempermudah pegawai dalam membaca data barang dan memberi nomor data secara fisik.

Hadirnya aplikasi digital berbasis website di perumdam Tirta Bengkayang merupakan bentuk kepedulian dan kerja sama HMTI ISB beserta para dosen Teknologi Informasi untuk ikut memajukan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek tata kelola di Kabupaten Bengkayang. Pihak HMTI ISB kedepanya akan terus melakukan inovasi dalam membantu masyarakat Bengkayang, terutama terkait pemanfaatan teknologi digital. Hadir dalam acara launching aplikasi inventaris berbasis website di perumdam Tirta Bengkayang tersebut diantaranya dari pihak Perumdam Tirta Bengkayang Direktur Perumdam Tirta Bengkayang Wardi S,Si, Kepala seksi gudang dan logistik Perumdam Stefanus Efriadi Rizky S, Kepala Seksi Personalia Perumdam Titi Oktaviani, Kepala Seksi Humas Perumdam Markus Joni. Sementara dari pihak HMTI ISB hadir Kepala Program Studi Teknologi Informasi Bapak Azriel Christian Nurcahyo, S.Kom., M.Kom, Dosen Peminatan Bidang Teknologi Web dan Basis Data  Listra Firgia, S.Kom., M.Kom serta ketua Incubator HMTI Rezza Pana Kontesta.

***