Literasi

Peran Teknologi Website pada Era 4.0 Khususnya Daerah Perbatasan dalam Meningkatkan Pengetahuan Dunia Kerja

Rabu, 23 Maret 2022, 10:05 WIB
Dibaca 366
Peran Teknologi Website pada Era 4.0 Khususnya Daerah Perbatasan dalam Meningkatkan Pengetahuan Dunia Kerja
Antuias Para peserta untuk mengikuti webinar

BENGKAYANG - Pada Hari Rabu, 2 Maret 2022 Pukul 09:00 – 12:30 WIB, Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi, Institut Shanti Bhuana, menggelar webinar untuk kedua kalinya, dengan jumlah 63 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia daerah perbatasan Kabupaten Bengkayang, webinar ini mengangkat tema “Peran Teknologi Website pada Era 4.0 Khususnya Daerah Perbatasan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dunia Kerja”. Teknologi website pada era 4.0 berperan penting dan efektifitas fungsinya berpengaruh dalam membantu kehidupan manusia khusus millennial saat ini, jika dimanfaatkan dengan benar. Acara webinar ini dibuka oleh rektor Institut Shanti Bhuana, Bapak Marianus Dinata Alnija, S.S., M.Hum, atau biasa dikenal juga sebagai Rm. Eugene CSE dan dimoderatorkan oleh dosen Program Studi Teknologi Informasi Ibu Noviyanti.P, S.Kom., M.Kom.

Bersama tiga Narasumber yang diundang sebagai pemateri yaitu oleh Kepala Seksi Pemerintahan Camat Bengkayang Bapak Prastyo Juandika, S.STP, pemateri kedua Bapak Dedianto, S.T sebagai kordinator Kementrian Sosial bagian IT Kabupaten Bengkayang, dan pembicara ke tiga Ibu Yuliana, S.Kom., M.Kom selaku dosen Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana.

Kata sambutan pertama diberikan oleh Rektor Institut Shanti Bhuana, Marianus Dinata Alnija, S.S., M.Hum., beliau menyampaikan pengembangan website 4.0 ini sangat penting bagi kita semua terkhusus di wilayah perbatasan yang manfaatnya dapat membantu dalam memberi informasi yang berguna dan demi memanajemen profesionalisme dalam dunia kerja, dan beliau juga sangat mengapresiasi tema yang diangkat dalam webinar kali ini.

Kemudian pemaparan materi pertama dibawakan oleh Bapak Dedianto, S.T tentang peran teknologi Website pada era 4.0 dan bentuk nyata dalam implementasi kegunaannya, seperti peran Website dalam memberi informasi yang bisa diakses di mana saja baik peran dalam belanja, investasi, serta sistem PPOB (Payment Point Online Banking).

Sedangkan pemaparan materi kedua yang dibawakan oleh Kepala Seksi Pemerintahan Bapak Prastyo Juandika, S.STP, beliau memberikan materi dengan topik Penggunaan Teknologi Website dalam Pengembangan E-Government sebagai Strategi Meningkatkan Efektifitas Sistem Administrasi Pemerintahan, beliau menjelaskan bagaimana upaya untuk menyelenggarakan kepemerintahan berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik.

Selanjutnya pemaparan materi ketiga oleh Ibu Yuliana, S.Kom., M.Kom bahwa dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal (masyarakat yang berada di daerah perbatasan) sangat penting ditinjau dari aspek Teknologi Informasi dalam hal ini pentingnya peran Teknologi Website untuk mengembangkan usaha bisnis, baik dari bidang pemerintahan, pendidikan dan masyarakat umum, paparnya. Ibu Yuliana juga memberikan tips dalam membuat website, perangkat yang digunakan dalam mengembangkan sebuah website, jenis dan contoh website dan manfaat dengan adanya website bagi pengetahuan dunia kerja.

Pada sesi diskusi, antusias pertanyaan dari para peserta membangun suasana diskusi dalam ruang webinar melalui platform Zoom ini menjadi hidup. Pertanyaan-pertanyaan yang menarik memberi kesan bahwa Teknologi Website di era 4.0 ini memberi peran penting dalam dunia kerja, pemerintahan dan pendidikan. Bila dimanfaatkan dengan benar teknologi memberi dampak pada kualitas, kecerdasan generasi milenial dan kemampuan meningkatkan produktivitas masyarakat terkhusus daerah perbatasan.

Penulis: Rezza Pana Kontesta