Literasi

Catur Online dan Catur Turnamen

Selasa, 23 Maret 2021, 21:53 WIB
Dibaca 891
Catur Online dan Catur Turnamen
Bidak catur eropa

Beberapa hari terakhir sedang ramai soal Polemik Dewa Kipas dan tuduhan kecurangan yang dikeluarkan Gotham Chess. Soal polemik ini saya tidak akan membahas lebih jauh, usai pertandingan antara IM Irene Sukandar dan  pak Dadang sebagai salah satu pengguna akun Dewa Kipas, saya pikir sudah jelas bagi mereka yang berpikir. 

Saya menulis ini sebagai pemain catur amatir yang sudah beberapa tahun bermain catur online, sekaligus bekerja di sebuah media sebagai jurnalis olahraga, yang kebetulan sering ditanya sejak polemik itu naik ke permukaan. Saya  bukan ahli, hanya penikmat catur, tapi beruntung mendapat pencerahan dari beberapa ahli karena pekerjaan saya itu. Berikut saya ingin menyampaikan beberapa konsep yang saya pelajari tentang perbedaan catur online dan catur melalui turnamen.

ELO RATING

Dunia catur adalah sebuah dunia kompetitif, dimana kemenangan menjadi ukuran kehebatan seorang juara. Repotnya kemudian adalah jika harus membandingkan antara seorang juara di negara berbeda yang tak pernah bertemu atau bertanding, bagaimana kita menentukan kehebatannya? Kalau di dunia atletik ada berbagai ukuran seperti ukuran kecepatan meter per detik, ukuran kekuatan dalam kilogram, atau jarak dalam meter. Tapi bagaimana kita mengukur kekuatan otak dan skill pemain catur?

Dalam catur ada yang disebut elo rating. Elo bukan singkatan, tapi diambil dari nama pencipta sistem penilaian ini, Árpád Élő (1903-1992), ahli fisika Amerika Serikat kelahiran Hungaria.

Dalam sistem penilaian ini, setelah setiap pertandingan, pemain yang menang mengambil poin dari yang kalah. Perbedaan antara peringkat (rating) dari pihak pemenang dan yang kalah akan menentukan jumlah total poin yang ditambahkan atau hilang setelah permainan itu. Makin tinggi elo rating, makin tinggi peringkatnya dalam deretan pemain catur.

Misalnya ada dua  pemain bertarung; sebut saja Mawar dan Melati.  Mawar memiliki Rating tinggi, Melati memiliki Rating rendah. Jika Mawar yang rating tinggi menang, maka ia hanya mendapat sedikit poin yang akan diambil dari pemain berperingkat rendah. Namun, jika Melati dengan rating rendah yang menang, maka poin yang di transfer akan lebih besar. Melati juga akan mendapatkan poin jika seri dengan Mawar, karena peringkatnya lebih  rendah. Makin besar perbedaan antara elo rating Mawar dan melati, makin besar poin yang didapat Melati jika menang.

Makin sering bermain dan menang, makin tinggi elo rating dan peringkatnya. Makin sering main dan menang melawan orang yang elo ratingnya lebih tinggi dari kita, makin cepat elo rating kita naik.

Sederhananya demikian.

Tapi elo rating ini punya catatan khusus. Berbeda dengan ukuran kecepatan (meter per detik) atau ukuran berat (kilogram) yang punya ukuran nyata, elo rating adalah ukuran yang komparatif, atau berdasarkan perbandingan. Maksudnya pengukuran elo rating sangat tergantung pada daftar yang dijadikan acuan perbandingan. Misalnya elo rating seorang Utut Adianto yang sering bermain di turnamen dan pertandingan Fide, mungkin mencapai elo rating tingkat Gransdmaster, tapi saat baru mulai beberapa permainan di catur online, ratingnya tidak akan setinggi itu.Aalasannya karena di Fide, Utut sudah bertanding ratusan kali dan tercatat di database Fide. Ia sudah memiliki nilai tinggi di bandingkan (komparatif) dengan pemain-pemain lain di Fide, tapi baru sedikit  dalam perbandingan pemain-pemain di catur online itu.

Oh iya, sebelum ditanyakan; Fide atau Fédération Internationale des Échecs atau Federasi Catur Dunia adalah organisasi internasional yang mewadahi berbagai federasi catur nasional negara-negara di dunia. Organisasi ini sering disingkat FIDE, dari singkatan bahasa Prancis-nya.  FIDE didirikan di Paris, Prancis pada tanggal 24 Juli 1924. Motonya adalah Gens una sumus yang berarti "Kami adalah satu (Keluarga)". Bukan satu-satunya federasi catur, tapi yang terbesar saat ini.

Karena sistem komparatif itu, selain bakat, juga diperlukan kerja keras dan usaha yang besar untuk mencapai peringkat master. Bermain ribuan kali, belajar pembukaan, permainan akhir dan mid game, belum lagi mengikuti puluhan turnamen yang tercatat. Sekali main dengan pemain yang selevel, jarang sekali menghasilkan angka rating lebih dari 10,  itupun jika menang. Jadi bisa dibayangkan bagaimana sulit dan beratnya menjadi seorang master Fide, misalnya.

Cara yang biasa bagi pemain untuk memenuhi syarat gelar Master FIDE adalah dengan mencapai peringkat Elo 2300 atau lebih. Pemain dengan rating elo antara  2100 dan 2300, juga bisa mendapat gelar Master Fide asal mencetak setidaknya 65 persen kemenangan dalam minimal 9 laga di Olimpiade. Berat kan?

Rating elo Fide 2300 seperti IM Irene Sukandar, tidak bisa begitu saja dibandingkan dengan elo 2600 yang diperoleh dari situs online, karena perbedaan cara memperolehnya. Apalagi pembuktian di permainan catur online sulit dipastikan kebenarannya dibanding elo rating Fide. Fide selalu mengadakan pengawasan dan pencatatan dalam setiap turnamen yang diakuinya. Rating hanya diberikan pada para pecatur yang melakukan pertandingan yang tercatat dan disaksikan ofisial Fide. Karena itu kemungkinan curang dalam turnamen Fide sangat kecil.

Lalu ada yang bertanya; jadi catur online tidak bisa dipercaya ratingnya karena banyak curangnya?

Jawabannya sudah ada di atas. Rating Elo adalah penilaian comparative, jadi tergantung pembandingnya. Jika anda memiliki elo 2600 dalam sebuah catur online, maka pembanding anda adalah para pemain lain di lingkungan situs online itu. Bukan tidak bisa dipercaya, tapi tidak bisa langsung di komparasi dengan elo rating Fide, karena semesta pembandingnya berbeda.

Tentunya masing-masing organisasi atau federasi atau kelompok catur hanya bisa mengukur elo rating di semestanya masing-masing dank arena itu hanya akan mengakui elo versi mereka, kecuali sudah ada kerjasama sebelumnya. Yang paling umum digunakan adalah elo rating Fide, karena semestanya dianggap yang paling besar.

Sebagai ringkasan; yang saya katakan di atas adalah, dalam catur online, ada kemungkinan (besar) sang pemain bisa mencari bantuan saat sedang bermain online, baik dari orang lain atau bahkan engine (program) catur. Nah itu yang disebut sebagai curang atau cheating, karena sistem elo adalah angka perbandingan skill antara dua orang, bukan antara satu melawan 2-3 orang, atau satu pemain catur melawan robot dan engine catur. 

Pertanyaan berikut; bagaimana mennetukan curang atau tidak di Catur online?

Saya jelaskan dasarnya dulu. Dalam catur online, programnya punya pencatatan dan penilaian tertentu. Mulai dari menang kalah, penilaian langkah -benar mendapat angka, salah mengurangi angka, blunder bisa membuat nilai drop jauh. Waktu untuk melangkah, sistem pembelaan yang dilakukan, sampai konsistensi langkahnya. Semua dicatat dan dianalisa.

Mesin catur atau program catur, langkahnya pasti sangat konsisten. Manusia, sehebat-hebatnya pasti akan berfluktuasi. Walaupun lebih sering menang, tapi konsistensi langkahnya akan berubah-ubah. Pasti ada langkah benar, dahsyat dan unik, tapi juga akan ada langkah salah, keliru dan blunder.

Dari berbagai grafik permainan ini bisa dianalisa, bagaimana kemampuan seorang pecatur. Bagaimana kekuatan Opening Moves nya, bagaimana Middle Game nya dan juga End Game nya. Algoritma yang diperoleh setiap pecatur akan sangat khas. Makin sering bermain, akan makin terlihat algoritma nya.

Lalu bagaimana ketahuan kalau seseorang itu cheating di catur online?

Biasanya admin catur online memiliki 2 cara yang digunakan bersamaan. Pertama tentu dengan algoritma mesin catur tersebut. Jika ada akun yang mencurigakan maka akun itu akan di probe atau diawasi lebih ketat. Jika muncul bukti-bukti kuat, maka akan dilakukan cara kedua, yaitu meeting antara beberapa ahli yang ditunjuk untuk menentukan apakah akun itu bisa dianggap curang atau tidak.

Dari hasil ngobrol dengan beberapa teman yang berpengalaman, bisa disimpulkan ada beberapa ciri orang yang cheating, yaitu;

Pertama, lonjakan kemahiran (elo rating).  Catur adalah skill, untuk jadi jago selain bakat juga ada proses. Harus banyak main dan belajar teori. Jadi perlu waktu. Kalau ada orang dari yang skill biasa-biasa saja mendadak dalam dua- tiga hari menjadi master, ya layak dicurigai. Dari prosentase kalah menang hanya 50 % mendadak jadi 90%, ya kemungkinan pakai bantuan. Dari elo hanya 1800 lalu mendadak dalam dua hari bisa menjadi 2300. Main berapa puluh kali dan menang terus..

Kedua, waktu berpikir yang konstan, atau tetap. Sebagian besar pemain catur punya pola mirip; berpikir cepat saat langkah awal atau yg di hafal, berpikir lama saat ada problem atau ancaman. Tentu berbeda dengan computer yang bisa melaksanakan komputasi dengan sangat cepat dan tanpa dipengaruhi emosi. Komputer biasanya punya ritme tetap dan tak berubah, antara seketika sampai 15 detik waktu berpikir. Tergantung tingkat kecanggihan programnya.

Orang yang menggunakan alat bantu atau cheat engine biasanya juga punya waktu berpikir konstan, alias tetap, karena mereka harus mengikuti waktu perhitungan program yang digunakan. Misalnya melangkah seketika seolah tanpa berpikir, atau baru melangkah setiap 10 detik atau 15 detik. Tidak peduli langkahnya susah atau mudah, waktu berpikirnya sama, karena sebetulnya dia tidak berpikir. Dia cuma harus menunggu engine catur berjalan, mau langkah susah atau mudah, dia tetap harus menunggu 'petunjuk' dari program catur contekannya.

Ketiga, konsistensi akurasi langkah yang terlalu tinggi.

Untuk memperoleh rating Fide, seorang pecatur perlu bermain turnamen catur standar 60 menit atau lebih, dalam 7–11 ronde selama 3–13 hari turnamen. Stamina dan tingkat fokus seperti itulah, sangat sulit diperoleh. Untuk menaikkan elo sampai 100 poin saja, perlu beberapa kemenangan. Kemenangan itu baru bisa diperoleh jika sang pecatur bisa konsisten melakukan langkah terbaik dan menghindari kesalahan. Karena faktor fisik dan fokus, seringkali setelah dua kali bertanding tinggat konsentrasi menurun dan mulai membuat kesalahan lebih sering.

Karena sulitnya mendaki peringkat rating itu, di dunia catur jam terbang pemain dengan ELO Rating di atas 2000, menjadi hal yang dihargai begitu besar.

Di dunia catur online, karena sulit untuk diawasi, maka para kreator program dan  administrator situs catur online memerlukan pengukuran yang jelas untuk menjaga fair play, dan menangkap akun-akun yang melakukan kecurangan. Salah satu cara yang dianggap paling efektif adalah mendeteksi derajat konsistensi akurasi langkah pengguna akun tersebut.

Pemain catur itu bukan mesin. Ada faktor emosi, seperti meremehkan lawan, ingin menang cepat, merasa terhina, atau justru merasa kalah jago dari lawan. Juga ada  faktor fisik seperti kelelahan, stress, salah lihat baik karena terburu-buru, lelah atau bidak catur yang tak nyaman di mata. Ada juga faktor eksternal seperti gangguan penonton atau lingkungan yang mengganggu; berisik, bau atau malah terlalu banyak pemandangan yang mengalihkan perhatian. Makin lama partai yg dilakukan, makin berat tekanannya, konsistensi langkahnya juga akan menurun. Sederhananya; makin capek, makin banyak blunder.  

Karena hal-hal di atas, pemain catur jarang sekali bisa menjaga akurasi langkah mereka di atas 90%, apalagi jika bermain lebih dari 2 kali berturut-turut. Hal tersebut juga berlaku pada pemain professional, walau ia memiliki pengalaman yang sangat luas.  GM Irine Sukandar yang dianggap pecatur sangat berbakat pun akurasinya masih antara 45% sampai 98%. Kalau ada orang yang mampu terus bermain di kisaran akurasi di atas 90% saja, dia seharusnya sudah bermain melawan Kasparov, Anand, Magnus Charlsen dan para juara dunia fenomenal lain.
Para admin dan ahli di situs catur online akan mengukur akurasi langkah para pemain di situsnya. Jika ada yang memiliki akurasi tidak manusiawi dia akan bisa dianggap curang.  

Tunggu dulu, jangan-jangan masih ada yang tidak mengerti apa yang dimaksud dengan akurasi langkah. Perlukah dijelaskan?

Apa yang dimaksud akurasi langkah. Saya jelaskan secara sederhana saja, karena proses aslinya jauh lebih rumit daripada yang bisa saya sampaikan.

Setiap situs catur online akan menggunakan satu atau lebih chess engine atau computer catur sebagai basis datanya.  Masing-masing chess engine itu menyimpan ratusan partai pertandingan dan jutaan langkah dalam memorinya, sehinga dalam setiap pertandingan chess engine mampu menganalisa menentukan langkah terbaik sejak awal (opening game), middle game dan end game.

Dalam pertandingan itu setiap pemain tentu punya gaya dan pertimbangan sendiri dalam melangkah, tapi dalam setiap langkah akan dibandingkan kesesuaiannya dengan langkah terbaik versi chess engine itu. Seperti saya sampaikan bahwa catur sejatinya adalah permainan menghindari langkah yang salah. Pemain yang menang adalah yang paling sedikit kesalahannya dan selalu melakukan langkah terbaik. Seorang pemain dikatakan memiliki akurasi tinggi jika langkah yang diambilnya sama dengan langkah-langkah terbaik versi computer catur alias chess engine itu. Makin tinggi akurasi langkahnya, makin sesuai langkah itu dengan langkah terbaik versi chess engine.

Jadi jika seorang pemain dalam satu pertandingan  memiliki akurasi langkah hingga 90%, berarti dalam pertandingan itu 90%  langkahnya sesuai dengan langkah terbaik versi chess engine di situs tersebut. Rata-rata pmain professional dalam kondisi terbaik bisa mencapai 90% akurasi langkahnya, tapi bahkan pemain sekelas Juara Dunia pun akurasunya akan berfluktuasi (naik turun) dalam beberpa pertandingannya, karena pengaruh dari kondisi internal dan eksternal yang sebelumya sudah saya singgung.  Hanya sebuah komputer catur yang bisa punya rata-rata akurasi tetap atau konstan selama beberapa pertandingan terus menerus.  Jadi jika ada seorang pemain yang memiliki rata-rata super konstan atau tetap, dia akan dianggap curang.

Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa , paling tidak, menjadi acuan jika ada diantara pembaca dan peminat catur yang berminat menjadi master di sebuah situs catur online. Bila menurut pembaca ada kesalahan atau dialog yang ingin dilakukan, saya akan senang hati menerima kritik dan saran.

***