YTP Rayeh

11 Tips Menemukan Inspirasi Memulai Menulis di YTPRayeh.com

Selasa, 16 Februari 2021, 16:08 WIB
Dibaca 617
11 Tips Menemukan Inspirasi Memulai Menulis di YTPRayeh.com
Dari pengalaman dan berguru sana-siani.

Dari pengalaman saya selama menekuni dunia literasi, yaitu mengasah kecakapan menulis, pengalaman saya berdiskusi dengan beragam latar belakang penulis, mengikuti webinar, dan ragam seminar menulis, maupun obrolan di angkringan, teras rumah tentang bidang kepenulisan. Tentang, bagaimanakah seorang penulis menemukan ide menulisnya? Kok bisa ya menulis apa saja dalam satu waktu. Nah, dalam perjalanan saya, setidaknya ada sebelas tips menemukan inspirasi memulai menulis:

Pertama, seorang penulis sebaiknya memiliki blog untuk menulis. Bisa milik pribadi atau blog favorit yang di gunakan untuk menuangkan ide-ide. Blog atau ngeblog tempat bagi seorang penulis menungkan inspirasinya (gagasan-gagasan), tentu saja kita akan bertemu dengan penulis-penulis (bloger) lainnya. Cara ini juga dapat membantu kita menemukan gaya menulis kita, sekaligus membangun relasi.

Kedua, mebaca majalah. Entah edisi baru maupun edisi lama, bagi saya cara ini sangat ‘ampuh’ membantu kita dalam menemukan inspirasi. Salah satu majalah yang menjadi bahan bacaan saya yaitu majalah Intisari.  Selain membaca ragam tulisan yang di sajikan, saya juga menemukan judul menarik, dan memberi informasi kepada saya untuk mengangkat judul tersebut ke dalam sebuah tulisan.

Ketiga, saya ketika berpergian ke suatu daerah, ada banyak peristiwa yang membuat saya kagum. Alhasilnya, setiap peristiwa yang saya temui dapat membantu saya membuat tulisan. Tentu tempat tinggal Anda sekarang, ada banyak hal yang dapat di angkat menjadi tulisan yang menarik. Alih-alih peristiwa biasa, tetapi ketika peristiwa biasa, tetapi ketika peristiwa tersebut diramu atau diracik menjadi bahan tulisan, akan berbeda jangkauannya. Lantas tunggu apalagi?

Keempat, menonton film di rumah atau ke Bioskop. Dulu ketika tidak ada jam sibuk atau kuliah, saya mengisi waktu luang dengan pergi menonton film bersama teman-teman. Biasanya, setelah usai nonton, kami mampir di Angkringan. Sembari menikmati jajanan malam kota Yogyakarta, seperti memesan secangkir Kopi Joss, sate babat, dan memesan aneka gorengan, sembari mendiskusikan film yang tadi di tonton. Dan alhasil melalui obrolan santai itu bisa di jadikan tulisan yang Wow!

Kelima, inspirasi bisa datang dari teman yang unik, apalagi memiliki bakat atau hobi tertentu. Nah, biasanya saya juga menangkap inspirasi bahan tulisan dari sosok seorang teman. Dari pribadi teman kita bisa menangkap nilai-nilai hidup yang sesungguhnya tidak jauh dari kita.

Keenam, tentu kita pernah melihat lukisan yang indah dan mengandung makna yang dalam. Seni merupakan sumber inspirasi yang kaya akan makna. Ada juga yang berpendapat seni itu berbicara banyak hal, satu orang bisa memiliki cara pandang (persepsi) yang berbeda. Menulis pun demikian, memerlukan seni. Ketika Anda susah menemukan inspirasi, Anda bisa memulainya dengan melihat karya seni. Setiap daerah memiliki kenunikan-keunikan yang khas jika kita jeli menemukannya.

Ketujuh, saat ide lagi mampet, pergilah ketempat yang menyenangkan. Cara ini sering juga saya lakukan, saat ide lagi taka ada. Berkunjung ke tempat-tempat yang menyenangkan, atau yang kita sukai seperti: tempat wisata, museum, taman kota, alun-alun, kalau sekarang kita harus di rumah saja kita bisa berselancar di YouTube maupun platfrom lainnya. Tidak hanya memanjakan mat akita, tapi juga membawa ide-ide juga.

Kedelapan, menemukan ide malalui ibadah. Dalam banyak perjumpaan saya dengan penulis, ternyata pengalaman rohani bisa menjadi sumber inspirasi. Baik secara pribadi maupun saat berdiskusi dengan seseorang. Nah, dari pengalaman rohani itu bisa dijadikan sebuah bahan tulisan renungan.

Kesembilan, ide bisa datang dari obrolan seru. Apalagi saat obrolan via zoom atau google meet seperti saat ini, kalau kita jeli mendengar, kita bisa menangkap ide-ide dari seseorang yang sedang menyampaikan sesuatu. Kita hanya perlu mengingat atau segera mencatat apa yang menarik. Atau saat kita diskusi dengan kerabat atau teman mereka terkadang mengungkapkan ide-idenya dengan santai.

Kesepuluh, mendengarkan musik dapat memancing ide untuk menulis. Musik ternyata bisa memicu ide-ide inspiratif untuk menulis. Dari musik ide muncul dan dapat kita angkat menjadi sebuah tulisan yang menarik dan penuh makna. Katika saya menulis, saya menulis sambil mendengarkan musik dan itu sangat membantu untuk rileks dan enjoi saat sedang menungakan ide lewat tulisan.

Kesebelas, giat menyebarkan kata-kata motivasi di akun sosial media. Saya, selama bermedia sosial berkomitmen pada diri saya untuk tidak gampang terpancing membubuhkan kata-kata makian yang melukai perasaan orang di media sosial yang saya punya.

Tapi saya membangun ruang media sosial saya dengan tulisan-tulisan positif, yang memotivasi, meneguhkan, dan memberi semangat. Dari kebiasaan sederhana itu, saya banyak memetik manfaatnya bagi pengembangan pribadi saya.

Jadi, jika Anda memiliki gagasan bagus, buat apa di simpan di pikiran.

Nah, jika Anda sampai membaca bagaian ini, saya menghaturkan terima kasih. Sebelas tips diatas bisa Anda gunakan untuk menulis di YTPRayeh.Com dengan warna-warni ide inspiratif yang Anda miliki. Jangan ragukan kemampuan yang ada dalam diri Anda, ingat sesuatu yang tertulis bisa mengubah banyak orang yang membacanya.

Apa yang  Anda lihat, ketahui, pikirkan, rasakan, dan nikmati. Cukupkan diri Anda melatih kecakapan lewat menulis. Salam semangat muda!

***