Hobi

Selamat Hari Yoga Internasional

Senin, 21 Juni 2021, 20:56 WIB
Dibaca 273
Selamat Hari Yoga Internasional
Happy International Day of Yoga 2021. Salam spirit KAPHA Front Warrior dari Perbatasan Indonesia - Malaysia di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara

Selamat Hari Yoga International. 

 

Tanggal 21 Juni, hari ini, Hari Yoga Internasional diperingati setiap tahunnya.

Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) memberi tema "Yoga for Wellbeing" atau Yoga untuk Kesehatan pada peringatan tahun ini yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19. 

 

Tema ini diyakini penting. Karena di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak yang rentan kesehatannya.  Baik kesehatan secara fisik, maupun kesehatan mental/jiwa, seperti  cemas, depresi, dll.

 

Yoga yang berasal dari bahasa sanskerta berarti "Penyatuan", adalah olahraga yang menyatukan antara tubuh fisik, jiwa dan pikiran. Sebelum melakukan latihan yoga, kita sebaiknya melakukan centering atau memberi perhatian penuh pada tubuh kita secara utuh. Centering sangat penting dilakukan agar tubuh kita secara utuh benar-benar siap dalam melakukan gerakan-gerakan asana atau pose yoga. 

 

Berlatih centering, apalagi bila dilanjutkan dengan latihan nafas atau pranayama, sangat bermanfaat bagi tubuh. Latihan nafas inilah yang menghubungkan tubuh fisik kita dengan jiwa kita. Latihan nafas secara perlahan dan panjang, akan membantu organ-organ pernafasan kita bekerja lebih optimal. Selain latihan pernafasan, tubuh kita pun akan dilatih untuk melakukan gerakan-gerakan peregangan (streching) dan juga penguatan pada seluruh bagian tubuh. 

 

Melalui latihan yoga yang rutin, diharapkan kesehatan secara holistik atau menyeluruh akan tercapai. Jadi, tidak hanya sehat secara fisik saja, tapi juga secara pikiran dan jiwa.

Yoga connecting mind, body and soul. 

Happy International Day of Yoga.