Filosofi

Usia Tua Berjiwa Muda

Senin, 14 Maret 2022, 15:22 WIB
Dibaca 578
Usia Tua Berjiwa Muda
DOBI. RIZAMI

Duduk di warung bersama sahabat sarapan pagi sambil menikmati kopi, kami biasa bersilaturahmi. Dengan suasana indahnya sinar mentari seakan membawa semangat yang terpatri karena  asiknya cerita masih muda bahari bersemi kembali, maklum pertemanan kami sudah berusia rata rata 60 tahunan.

Semangat membuat hangat Alhamdulillah masih diberi sehat, obrolan mengalir tentang usia  sudah tua. Sahabat saling menyampaikan informasi ada yang cerita kegiatan saya saat ini memfokuskan kegiatan ibadah dan menjadi MC alias Momong cucu, serta ada juga yang cerita bercocok tanam ditaman, lainnya juga menyampaikan informasi fokus ibadah dan kegiatan sosial lainya.

Merenung cerita di atas bahwa usia tua merupakan proses alami dari anak bayi, remaja, menginjak dewasa dan lansia. Di usia tua dengan segala aktifitas keseharian yang dilaksanakan dengan kesenangan,ketulusan dan keikhlasan akan memberikan energi kekuatan jiwa dan raga membuat bahagia usia tua terasa muda.

Kebahagian adalah ketika apa yang anda pikirkan, apa yang anda katakan dan apa yang dilakukan selaras (Mahatma Gandhi).

Menjadi usia tua bukan hal yang harus ditakutkan namun kita harus mensyukuri diberikan panjang umur dan sehat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT.

Dalam tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan usia bukanlah batasan, tetapi untuk selalu beraktifitas berkarya yang dapat memberikan kemanfaatan dalam hidup berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berlandaskan semangat apapun kegiatan  kita dilakukan yang dapat memberikan nilai nilai kemanfaatan, maka kita tetap berguna dalam tatanan kehidupan.

Usia tua dalam mengejar pengetahuan bukanlah ada batasan dikatakan pembelajar sepanjang hayat. Sebagai gambaran didalam pendidikan Zhang Renpeng meraih gelar sarjana 84 tahun di Institut Pendidikan Jasmani di Wuhan China, kakek ini dikenal sebagai mahasiswa yang rajin dan penuh semangat, ia selalu datang paling dahulu dan pulang paling terakhir di kelas.

Ada juga seorang Nenek berumur 94 tahun Hazel Soares meraih gelar sarjana di Mills College, selain itu Nola Ochs berusia 95 tahun menempati pertama orang tua lulus dari Toct  Hays State University. Mereka itu usia tua semangat belajar tak putus padam (Artikel Inspirasi Julian Tamaka)

Kita juga mengenal pemimpin dunia seperti Salman Bin Abdul Aziz Al Saud Raja Arab Saudi diangkat 79 tahun saat ini masih aktif usia 82 tahun dan juga Mahathir Mohamad sebagai Perdana Mentri Malaysia saat itu di usia 93 tahun pemimpin paling tua didunia, Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah usia 89 tahun Lipemimpin Negara Emir Kuwait (Kompas.com, 20 September 2018).

Bahkan di dunia usaha Harlan Sanders (KFC) bagi pencinta ayam goreng nama KFC tidak asing lagi ditelinga kita, memulai usaha diusia 65 tahun dengan kegigihan dan tekad yang dimiliki berhasil Harlan Sanders sebagai pengusaha ayam goreng yang dikenal di penjuru dunia.

Pandangan tersebut di atas bukanlah usia tua mengejar target tetapi semangat dan tekat beraktifitas memberikan kebaikan dan kemanfaatan dalam tatanan kehidupan dibidang kegiatan apapun. Hal ini harus kita lakukan agar diusia tua tetaplah berkarya, beraktivitas dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT semoga selalu diberikan kekuatan dan kesehatan. Jadilah pribadi yang selalu optimis, penuh semangat untuk menghasilkan karya yang bisa membuat tubuh sehat dan bahagia.

Aktivitas juga memberi manfaat pada kesehatan mental usia tua, aktivitas fisik seperti Olah Raga bisa melepaskan hormon endorfin yang bertindak sebagai pereda stres dan memunculkan perasaan bahagia. Adapun aktifitas Sosial seperti berhubungan dengan orang lain, bisa menjaga suasana hati Anda tetap positif yang kemudian bisa mencegah gangguan mental pada usia tua, termasuk depresi (Halo Sehat, dr. Tania Savitri).

Ada pribahasa semakin tua Pohon Beringin, semakin banyak akar gantung nya yang tumbuh untuk menambah kekuatan pohon itu, hendaknya juga manusia semakin usianya tua harusnya semakin kuat kepribadiannya.

Jadi pribadi yang selalu optimis penuh semangat, pantang menyerah dan bekerja dalam menghasilkan karya termasuk juga kita usia tuapun masih berkarya. Kata bijak mengatakan latih jiwa dan raga agar sehat lahir dan bathin, dikalangan dunia seni ada istilah  be young at heart and keep dancing (berjiwa muda dan trus menari).

Dari semua apa yang tersampaikan diatas itu cerita mungkin bisa menjadi Iinspirasi energi dalam mengarungi proses tata kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ada sumber awet muda itu adalah fikiran anda, bakat anda, kreatifatas yang anda bawa ke dalam hidup anda dan kehidupan orang yang anda cintai. Saat anda belajar untuk mendapatkan sumber ini anda benar benar mengalahkan usia (Shophia Loren).
Jalani hidup dengan semangat membawa hangat semoga kita selalu sehat, usia tua berjiwa muda.

Dobi Rizami (Penggiat Literasi)