Filosofi

Opini: Pendidikan adalah Fashion Terbaik bagi Wanita

Minggu, 2 Mei 2021, 04:20 WIB
Dibaca 382
Opini: Pendidikan adalah Fashion Terbaik bagi Wanita
Seorang wanita wajib punya pendidikan

Mengapa seorang wanita perlu punya pendidikan?

Sederhana, karena wanita harus punya pola pikir dan kematangan diri. Pendidikan bagi wanita adalah kunci dari peningkatan kualitas diri. Zaman sudah berubah. Kini, wanita bisa mengenyam pendidikan tinggi sesuai dengan fashion yang diingininya.

Emansipasi wanita atau yang terkenal dengan istilah kesetaraan gender menuntut setiap wanita untuk dapat meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing dengan laki-laki. Tidak ada aturan yang melarang wanita dalam mengenyam pendidikan. Baik wanita mau pun pria punya akses yang sama terhadap pendidikan.

Namun demikian, tidak semua wanita punya kesempatan untuk dapat menempuh pendidikan. Beberapa wanita terikat pada pola pikir keluarga atau tinggal dalam lingkungan yang tidak memberi kesempatan kepada wanita untuk mengenyam pendidikan.

Pandangan miring bahwa pendidikan tidaklah begitu penting bagi wanita tentu merupakan satu kesalahan besar yang harus diluruskan. Pendidikan sangat penting bagi wanita! Karena, pendidikan akan memberikan manfaat yang sangat berharga guna memperbaiki citra dan masa depan seorang wanita.

Pendidikan dapat membentuk pola pikir yang baik bagi seorang wanita. Salah satu contoh keberhasilan pendidikan dalam membentuk pola pikir, yakni pada saat seseorang wanita mengalami permasalahan. Pola pikir yang baik akan mampu membuat seorang wanita mampu berpikir secara kritis, ia mampu menanggapi persoalan tersebut dengan mengabaikan pikiran negatif dan menumbuhkan pikiran positif.

Dengan pendidikan, seseorang wanita akan memperoleh ilmu dan pengalaman yang dapat dikembangkan. Wanita tidak cukup hanya cantik saja, tetapi juga harus memiliki wawasan luas agar mampu menjadi seorang yang aktif, kreatif dan inovatif dalam melakukan segala sesuatu.

Kunci keberhasilan dari kesetaraan gender adalah pendidikan. Dengan pendidikan, seorang wanita mampu meraih kariernya dengan baik. Dulu, wanita selalu mendapat diskriminasi karena dianggap tidak cakap dalam menyelesaikan segala sesuatu. Akan tetapi, dengan pendidikan dan bidang ilmu yang didapat oleh masing-masing wanita, secara perlahan mampu menerobos tembok diskriminasi tersebut.

Seorang wanita harus mandiri agar tidak bergantung pada pendapatan suami. Wanita yang berpendidikan tentu punya wawasan yang luas. Dengan wawasan itulah seorang wanita mampu memutar pikirannya untuk membantu suami dalam mencari nafkah.

Kodrat wanita sebagai ibu rumah tangga memang tidak bisa dihindari. Namun demikian, dengan berbekal pendidikan yang cukup akan mampu menjadikan seorang wanita cakap dalam membereskan urusan rumah tangga, terutama mendidik anak.

Oleh karena itu, pesan saya untuk para wanita: jangan pernah berhenti mengenyam pendidikan! Karena pendidikan merupakan modal bagi seorang wanita untuk berperan, berfungsi dan memenuhi kebutuhannya baik di lingkungan keluarga, kerja dan masyarakat.

Selamat Hari Pendidikan Nasional bagi seluruh wanita di Indonesia.

Salam, literasi.