Ekonomi

Susi Air

Senin, 7 Februari 2022, 17:36 WIB
Dibaca 415
Susi Air
sumber : Irawati Thahir

kalimantan utara dimata sebagian penduduk indonesia adalah hutan yang membelah antara kabupaten, kenyataannya provinsi termuda ini selain dibelah oleh hutan, pegunungan dan sungai yang memanjang. keterbatasan ini pula yang membuat moda transportasi udara menjadi pionir dalam menggerakkan roda ekonomi. jumlah penerbangan perintis di bandara tanjung harapan saat ini hanya melayani beberapa rute saja jika dibandingkan dengan beberapa tahun kebelakang. 

perputaran ekonomi terus berlanjut ditengah gempuran pandemi covid-19 yang telah memasuki babak baru dengan berbagai varian sebut saja alfa, beta dan delta dan tahun 2022 melahirkan anak bernama omicron. 

kedatangan virus yang awalnya berada di wuhan memporak-porandakan berbagai sektor kehidupan di dunia secara menyeluruh, dan mari kita membaca peta pergerakan covid-19 di indonesia yang pada bulan maret 2020 melalui pergerakan orang masuk ke provinsi kita. tahun 2021 membuat kita banyak menyadari bahwa kehadiran pandemi covid 19 harus merubah tatanan dan cara manusia memandang hidup. berdampingan dengan covid 19 dan menormalkan hidup yang semakin hari kian berat. 

dunia transportasi udara khususnya dihantam badai yang maha dahsyat. jumlah penerbangan diseluruh indonesia berkurang dari hari ke hari. hingga saat ini beberapa bandar udara di kalimantan utara seakan mati suri. jumlah penerbangan yang biasanya ramai, terminal yang penuh dengan kedatangan dan keberangkatan penumpang  menjadi tolak ukur bahwa perputaran ekonomi berjalan dengan cepat, kini melambat perlahan. 

meski demikian hantaman ini, harus membuat kita semangat dan bersyukur. bandara tanjung harapan masih memiliki penerbangan perintis yang melayani rute tanjung selor - long bawan, tanjung selor - long apung, tanjung selor - tarakan di tahun 2022. semoga di tahun ini penerbangan perintis kian terbuka lebar melayani malinau, long pujungan, long alango, mahak baru dan beberapa daerah lain di berbagai kabupaten di kalimantan utara. harapannya dengan adanya penerbangan perintis ini, perputaran roda ekonomi antar kabupaten masih berjalan dengan baik.  meningkatkan produktifitas pangan, memanfaatkan kerajinan lokal, distribusi semakin lancar, sektor ekonomi kreatif diharapkan menjadi tulang punggung,  betapa tidak perusahaan raksasa mengalami curva penurunan, sementara pengusaha kecil mengalami kenaikan jumlah permintaan barang. 

cargo pesawat susi air mulai mengalami kenaikan yang signifikan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. angka pengiriman barang ke long apung dan long bawan menunjukkan bahwa ekonomi kreatif tetap kokoh dengan kemandirian masyarakat. dan didorong melalui daya beli antar permintaan dan persediaan. 

diharapkan dengan terbukanya penerbangan perintis baik itu dari APBD dan APBN membuka akses baru dari dan menuju bandara-bandara kecil yang ada di provinsi kalimantan utara, sehingga memudahkan akses mobilisasi antar daerah. 

susi air telah melayani kalimantan utara selama 10 tahun diharapkan maskapai ini tetap beroperasi sebagaimana biasanya membantu masyarakat pelosok dalam kemudahan akses informasi, logistik, ekonomi, pendidikan dan pemerintahan. 

terbang aman dan nyaman.

terbang sehat dan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Tags : ekonomi