Budaya

Aco Lundayeh Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Siap?

Jumat, 16 Juli 2021, 11:29 WIB
Dibaca 204
Aco Lundayeh Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Siap?

Seperti yang kita ketahui Festival Aco Lundayeh merupakan sebuah acara perayaan budaya Dayak Lundayeh. Disana akan dilaksanakan berbagai macam-macam kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Lundayeh. Aco Lundayeh diadalah setiap tiga tahun sekali. Sekalipun kali ini melalui virtual.

Awal mula, Festival Aco Lundayeh ke-1 ini diadakan untuk pertama kalinya di Desa Wisata Pulau Sapi Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau Kalimantan Utara pada tanggal 5 Juli-9 Juli 2018 yang lalu.

Jika kamu pernah ke Desa Pulau Sapi, di Kabupaten Malinau. Kamu akan menjumpai banyak ukiran-ukiran khas Dayak di rumah-rumah warga masyarakat. Tepatnya, di Desa Pulau Sapi mejadi desa wisata- berbasis budaya lokal.

Dalam festival-festival ini ada banyak kegiatan yang membangkitkan kembali tradisi-tradisi lama Dayak Lundayeh. Tidak ketinggalan, dalam acara tersebut juga biasanya disediakan makanan-makanan tradisional. Makanan khas ini tentu bikin kamu kangen, terutama mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan diluar.

Jika kamu adalah anak muda Lundayeh tidak mungkin asing dengan yang namanya makanan khas yang satu ini, diantaranya: Luba Laya, Sinamu, Biter, Ubud, dan Kulat Siang dan masih banyak lainnya. Jadi pengen pulang hehe…

Tapi yang membuatnya berbeda kali ini adalah Festival Aco Lundayeh dilaksanakan secara daring, karena situasi masih pandemi covid-19. Festival Aco Lundayeh kedua yang dilaksanakan pada tanggal (16-17 Juli 2021). Tepatnya, di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.  Akan tetapi, hal ini tidak akan mengurangi semangat kita dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan.

Hmm.. Penasaran bukan? Bagaimana jadinya Aco Lundayeh jika dilaksanakan melalui daring?

Apakah akan semeriah seperti pada tahun-tahun sebelumnya? Apakah akan disediakan makanan dan pertunjukan-pertunjukan tradisional Lundayeh juga?

Namun akan kurang meriah jika tak ada kehadiran kamu… Ayo kita saksikan Festival Aco Lundayeh pada Tanggal 16 Juli-17 Juli 2021.