Budaya

Membangkitkan Kembali Tradisi Lomba Gerak Jalan Indah

Sabtu, 6 Agustus 2022, 20:55 WIB
Dibaca 91
Membangkitkan Kembali Tradisi Lomba Gerak Jalan Indah
Peserta lomba gerak jalan indah

Lomba gerak jalan indah yang setiap bulan Agustus selalu dilaksanakan di seluruh Indonesia. Demikian pula di Kabupaten Malinau yang berbatasan dengan Negara Malaysia ini. 

Di tahun perayaan HUT RI ke 77 tahun yang diperingati setiap pada 17 Agustus 2022 ini. Pemerintah Kecamatan Malinau Kota, berinisiatif untuk mengembalikan tradisi lomba gerak jalan indah yang nyaris sudah tak terlihat pada setiap bulan Agustus. 

Selain daripada itu, lomba ini juga membangkitkan semangat dan kekompakan, kerjasama antar generasi Z. Sekaligus membakitkan jiwa nasionalis sejak dini. 

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Camat Malinau Kota, Muhammad Yusuf bahwa peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 38 regu yang terdiri dari para pelajar di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di lingkungan wilayah Kecamatan Malinau kota. 

Informasi itu pun disambut hangat oleh masyarakat Malinau yang memang sudah lama tidak menyaksikan rangkaian 17 agustusan. 

Hal itu terlihat dari setiap ruas badan jalan panembahan hingga menuju wilayah seluwing Desa Malinau Kota.

Warga berduyun-duyun memadati untuk menyaksikan baris-berbaris dan gerakan-gerakan koreografi yang dipadukan dengan yel-yel dari setiap penampilan ratusan pelajar ini.

Tepuk tangan dan teriakan penonton semakin menambah kemeriahan lomba gerak jalan indah ini. Apalagi dari sebagian peserta juga ada mengenakan sesingal, selempang batik dan gedabang yang merupakan produk lokal. Tak ayal membuat sebagian warga pun tak luput  mendokumentasikan melalui smartphonenya. 

Tentu dengan adanya keramaian  melalui lomba gerak jalan indah dapat memupuk nilai-nilai kebangsaan bagi generasi masa depan Malinau.

Demikian pula dengan masyarakat Malinau yang sudah terbangun  jiwa kebangsaannya. Dimana di setiap rumah tangga memasang bendera merah putih sesuai dengan anggota keluarganya dalam setiap bulan Agustus. 

***

(SK)