Budaya

5 Poin yang Perlu Direncanakan Sebelum Lanjut S-2

Selasa, 10 Agustus 2021, 07:25 WIB
Dibaca 176
5 Poin yang Perlu Direncanakan Sebelum Lanjut S-2
Lionel Messi

1. Dapatkan gelar sarjana anda terlebih dahulu calon master!

Melanjutkan studi ke jenjang master mungkin sudah terpikirkan saat sedang menikmati awal perkuliahan sampai merasakan serunya menyelesaikan skripsi. Menetapkan terget wisuda dengan mempertimbangkan jadwal wisuda yang ditawarkan perguruan tinggi akan sangat membantu calon master. Contohnya, ketika calon master menargetkan wisuda pada  September  2021 dan penutupan pendaftaran  S 2  di perguruan tinggi tujuan Agustus 2021. Otomatis calon master harus menunggu tahun berikutnya karena saat ini hanya beberapa perguruan tinggi top di Indonesia menerima mahasiswa pada semester ganjil dan genap.

2. Berburu beasiswa 

Calon master akan sangat beruntung jika rajin mencari informasi mengenai beasiswa. Informasi mengenai beasiswa sangat mudah diperoleh dari media sosial, salah satunya adalah instagram. Banyak akun yang selalu update menginformasikan tentang beasiswa di dalam dan luar negeri. Sumber beasiswa sangat beragam, contohnya adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) republik Indonesia. LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktor untuk putra-putri terbaik Indonesia dan mendukung program beasiswa lainnya dari Kementerian/Lembaga terkait. Tidak perlu ragu untuk mencoba melamar beasiswa LPDP karena peluang untuk mendapatkannya cukup besar. Pilihan yang dapat menjadi sasaran calon master adalah beasiswa afirmasi, beasiswa targeted, dan beasiswa umum. Selain itu, beberapa pemerintah daerah yang fokus pada pembangunan sumber daya manusia juga menyediakan banyak beasiswa.  Pilihan menarik lainnya adalah beasiswa yang ditawarkan beberapa universitas di Indonesia. 

3. Bahasa inggris

Salah satu persyaratan utama ketika mendaftar di program master adalah memiliki skor test kemampuan bahasa inggris (TOEFL). Skor minimal kemampuan bahasa Inggris setiap universitas berbeda. Selain TOEFL yang disediakan oleh perguruan tinggi, calon master bisa mendapatkan  TOEFL iBT® PTE Academic, atau IELTS. Beruntunglah calon master yang memiliki kemampuan bahasa Inggris karena tidak ragu mencoba melamar beasiswa ke perguruan tinggi top di luar negeri.  Pentingnya memiliki kemampuan bahasa Inggris adalah buku utama yang digunakan sebagian besar berbahasa inggris dan jurnal internasional. Buku yang memiliki terjemahan umumnya edisi lama dan sulit menemukan buku yang ada terjemahan bahasa Indonesia dengan edisi terbaru. Untuk calon master yang kurang bahasa Inggrisnya tidak perlu mundur karena sangat banyak kursus bahasa inggris online saat ini. Pilihan yang menarik lainnya yang bisa di ambil calon master adalah belajar di kampung Inggris Pare. 

4. Program Studi dan Perguruan Tinggi

Melanjutkan program S2 di perguruan tinggi yang berbeda dan rangking yang lebih baik adalah pilihan yang tepat. Calon master akan menikmati lebih banyak tantangan menarik di perguruan tinggi yang baru. Penting untuk memilih program S2 yang linier dengan program S1. Selanjutnya, program master double degree di beberapa universitas top di Indonesia menjadi pilihan sangat menarik saat ini. Calon master akan belajar di Indonesia 2 semester dan 2 semester berikutnya di universitas mitra yang ada di luar negeri dan tentu mendapatkan gelar  S 2 ganda. Pengalaman yang luar biasa didapatkan calon master ketika mengambil program tersebut.  Sebelum mendaftar perlu sangat teliti dalam melengkapi persyaratan di perguruan tinggi tujuan. Mendaftar di perguruan tinggi berbeda juga perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi. 

5. Dana

Ketersediaan dana tidak bisa menjadi penghalang calon master. Sebelum melanjutkan studi perlu menyiapkan dana atau menabung dari jauh hari karena akan sangat membantu. Apabila dana yang dimiliki calon master tidak cukup, pilihan menarik yang dapat di ambil adalah berkerja sambil kuliah.