Literasi

Sastra Terbaik YTP (Resensi Buku : Mengkhianati Keputusan Sendiri)

Senin, 14 Maret 2022, 08:12 WIB
Dibaca 191
Sastra Terbaik YTP (Resensi Buku : Mengkhianati Keputusan Sendiri)
tampilan cover dan isi buku

Sore di hari yang sama saya mendapatkan buku ini, rasa penasaran terus berkecamuk di perjalanan menuju kost. Mendapatkan dua buku dalam sehari membuat saya seperti anak kecil ketika mendapatkan apa yang diinginkan sampai terus merengek. Salah satu buku yang saya terima berjudul ‘Mengkhianati Keputusan Sendiri’, buku hasil dari refleksi pemikiran politik dari Yansen TP (YTP). Apa yang membuat beliau memberi judul ‘Mengkhianati Keputusan Sendiri’?, pengkhianatan apa yang beliau lakukan?, keputusan apa?.

 Saat membuka buku itu tentu saja saya langsung menuju daftar isi, karena disitulah kita bisa menemukan poin utama apa yang penulis ingin kita ketahui dari buku tersebut. Garis besarnya tentu saja tentang politik, membuat saya bergumam “wah asyik nih, seru, kayak apa gaya politik Pak YTP ya?”. Saya sudah tahu kiprah beliau dalam politik sejak menjabat Bupati Malinau selama 10 tahun, dan sekarang menjabat Wakil Gubernur Kalimantan Utara. Namun tidak tahu dengan pasti politik seperti apa yang beliau terapkan, siapa yang beliau teladani dalam berpolitik, dan bagaimana pandangan beliau terhadap politik.

Dengan terbitnya buku ini, saya yakin beliau ingin membagi pengalaman berharga yang telah dijalanin sampai saat ini dalam rumitnya dunia politik. Sejak 2001 ketertarikan terjun di politik sudah ada, bentuk nyata itu dimulai dengan berafiliasi dengan keluarga serta kawan-kawannya untuk mendukung atau bergabung dengan partai Demokrat, Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono lah sosok yang menginspirasi beliau. Dan tiba saat YTP memutuskan pensiun dini tahun 2010, pilihan itu kemudian membawanya menjadi DPC Partai Demokrat Malinau dan Bupati Malinau. Selang 12 tahun pun berlalu dilewati hingga beliau saat ini menjalani aktifitas politiknya sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Utara periode 2021-2024 dan wakil ketua umum DPP Partai Demokrat periode 2020-2025.

Bisa kita ketahui dari buku ini tokoh yang beliau jadikan contoh dalam hidup, birokrasi dan politik. Mempelajari dan mengambil nilai serta sikap politis yang memengaruhi YTP hingga tiga kali harus berkhianat pada dirinya sendiri.

Diisi oleh tim penulis buku dengan nama besar seperti Masri Sareb Putra, Dodi Mawardi dan Pepih Nugraha memberi rasa yang beragam dari buku ini, sehingga tulisan asli dari YTP lebih kaya kata-kata indah yang bisa menambah kosakata pembaca. Menarik sekali bagaimana tiap paragraf saling mendukung terangkai seakan-akan YTP berbicara langsung dengan pembaca secara empat mata. Pengalaman dari tiga penulis berbakat dan YTP yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam dunia literasi karena sudah menerbitkan lebih dari setengah lusin buku itulah menjadikan buku ini merupakan sastra terbaik beliau.

Memilih tema politik juga merupakan langkah tepat, diibaratkan semua akan indah pada waktunya. Dari latar belakang karir beliau selama ini dan buku-buku yang sudah diterbitkan, tentunya ada hasrat beliau untuk membagikan keluh kesah dan suka bahagianya ketika menjabat sebagai pejabat publik. Lahirlah buku ini sebagai bentuk semangat politik YTP untuk bisa terus berbagi kiat-kiat terobosannya membangun desa, kabupaten/kota dan provinsi di Kalimantan Utara. “Mulailah dari Kalimantan Utara, Y” adalah sebuah mantra yang menghasut jiwa pikiran YTP diusia yang ke-62 tahun ini ingin terus berkarya dan menebar inspirasi bagi masyarakat.

Untuk pembaca remaja mungkin buku ‘Mengkhianati Keputusan Sendiri’ cukup berat, politik sendiri tentu masih asing bagi mereka yang dalam rentang usia SMP sampai kuliah semester awal, tentunya tidak semua seperti itu. Mengesampingkan tema, buku ini mengungkapkan jati diri seorang YTP secara terang-terangan dalam buku jika kita cermati bagaimana beliau bersikap. Sekali lagi, itu semua tergantung dari persepsi atau sudut pandang pembaca memaknai buku ini menjadi negatif atau positif.

Terlepas dari tiga pengkhianatan yang dilakukan YTP, saya menangkap sebuah pemikiran lain dari isi buku ini adalah beliau ingin perbuatan yang dijalaninya mempunyai nilai dan suri tauladan. Tidak asal jalan dan terlaksana, keinginan itu tidak muncul begitu saja. Perjalanan YTP hingga saat inilah yang membentuk karakter beliau.

Identitas Buku
Judul buku : Mengkhianati Keputusan Sendiri
Penulis : Dr. Yansen T.P., M.Si
Penerbit : Penerbit Buku Kompas, Jakarta, 2022
ISBN : 978-623-346-374-4
Tebal : xlv + 402 halaman
Harga Buku : Rp 89.000 (Pulau Jawa)