Literasi

Tarpus Camp, Strategi Promosi Perpustakaan

Kamis, 17 November 2022, 22:21 WIB
Dibaca 60
Tarpus Camp, Strategi Promosi Perpustakaan
Venue Tarpus Camp II

Perpustakaan Taruna Pustaka (Perpus Tarpus) merupakan Perpustakaan Desa yang ada di Desa Gunung Putih, Kabupaten Bulungan. Di mana saat ini Perpus Tarpus sedang mengimplementasikan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial hasil bimbingan dari Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan yang dulu hanya disebut tempat baca buku bahkan kebanyakan orang bilang Perpustakaan itu "Gudang Buku", disangkal dengan nyata oleh para pengelola Perpus Tarpus. Perpus Tarpus saat ini fokus malakukan kegiatan pelibatan masyarakat dalam rangka peningkatan literasi masyarakat, menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman dengan berbagai kegiatan seperti baca buku bersama, pemanfaatan teknologi sebagai sumber informasi, pelatihan-pelatihan dan kursus.

Tentunya tidak mudah untuk mengawali itu semua, butuh komitmen dan ketulusan hati. Vickyko Romana Putra, Kepala Perpus Tarpus merelakan diri mengelola Perpustakaan tersebuttanpa imbalan apapun. Ia berinovasi agar Perpustakaan kembali mendapatkan gaungnya di masyarakat dengan berbagai kegiatan yang ia selenggarakan.

Tarpus Camp, Kemah Literasi oleh Perpus Tarpus ini salah satu strategi promosinya. Menghadirkan para pegiat literasi daerah, Duta Baca Kaltara, Duta Wisata, Putri Otonomi dan Dinas terkait sebagai pemateri di dalam kegiatan berkemah. Dan pesertanya merupakan anak-anak para pemustaka yang giat belajar di Perpus Tarpus. Dari kegiatan kemah literasi yang dikemas menarik sedemikian rupa, berdampak pada meningkatnya minat kunjungan dan minat berkegiatan warga masyarakat Desa Gunung Putih di Perpustakaan, terutama anak-anak.

"Membangun bangsa dapat kita lakukan dari berbagai bidang, dan kami disini melakukan giat literasi di desa bersama para generasi supaya mereka memiliki pemikiran yang luas. Bukan hanya dapat membaca, menulis dan memahami suatu hal, tapi bagaimana kita menstimulan para pemustaka untuk dapat mengembangkan apa yang ia pelajari menjadi sebuah produk barang atau jasa yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraannya," ungkap Vickyko.

Perpus Tarpus memiliki beberapa program unggulan diantaranya adalah Tarpus English Club (kursus Bahasa Inggris tingkat dasar), Tarpus Blaster (Belajar Seru Komputer), Tarpus Aksi Kreatif (Kerajinan tangan pembuatan produk dari bahan sekitar), Tarpus Camp (Kemah Literasi), Tarpus Menari (Pelatihan Menari), Pelatihan Literasi Digitan dan pelatihan lainnya.

"Kami berharap, Pemerintah juga swasta bisa sedikit melirik salah satu kegiatan yang kami lakukan. Kami selama ini Zero Cost melakukan berbagai kegiatan. Semua dilakukan swadaya oleh pengelola Perpustakaan. Dan hasilnya berdampak pada meningkatnya minat baca dan literasi desa. Bagaimana jika hal ini didukung penuh oleh Pemerintah dan atau Swasta, Insyaallah impact nya akan lebih luar biasa," tutup Vickyko.