Literasi

Keajaiban Pikiran Menghampiriku

Rabu, 19 Oktober 2022, 22:03 WIB
Dibaca 94
Keajaiban Pikiran Menghampiriku
Ngaji Literasi Gramedia

Dodi Mawardi

Penulis senior

  

Istri saya – Emma – sudah sering mengalami hal ini. Alam bawah sadarnya memikirkan sesuatu. Lalu, pikiran itu benar-benar menjadi kenyataan. Berkali-kali. Saya pun demikian. Dua di antaranya akan saya ceritakan dalam artikel ini.

 

Akhir September lalu, Emma mengikuti suatu pelatihan di hotel bintang 4 di Jakarta bagian selatan. Hotel M ini cukup bagus. Saya mengantarkannya ke sana. Begitu sampai di lokasi, alam bawah sadar saya mengatakan, “Sepertinya suatu hari saya akan menginap di sini…” Setelah mengantar, saya pergi ke tempat lain sambil menunggu Emma selesai pelatihan. Sore hari, saya menjemputnya kembali. Pikiran bawah sadar itu hadir kembali.

 

Pertengahan Oktober, saya mendapatkan undangan dari Pusat Perbukuan untuk mengikuti sebuah pelatihan. Nama saya masuk undangan atas rekomendasi Arip Senjaya – Dosen Untirta, yang piawai menulis puisi dan bersastra. Waktu yang ditetapkan pertama kali 11-13 Oktober, batal. Tidak dapat hotel, demikian keterangan panitia. Berubah menjadi 13-15 Oktober. Tertulislah nama hotelnya: M – Jakarta Selatan. Saya pun menginap di sana atas undangan Pusat Perbukuan. Alam bawah sadar dua pekan sebelumnya menjadi kenyataan.

 

Dua tahun yang lalu, saya menjadi juri lomba penulisan yang diselenggarakan oleh Umah Gombong Kebumen. Thomas Airlangga, adik kelas di SMA, menjadi salah satu penggagasnya. Begitu banyak tulisan menarik yang masuk ke meja juri. Sebagian besar tentang isu sosial di sekitar Kebumen, seperti petani, tukang batu, atau ASN, dengan latar lokasi setempat antara lain Waduk Sempor dan Benteng van der Wijk. Membaca cerita-cerita peserta, membawa saya berkeliling Kebumen dalam imajinasi. Alam bawah sadar saya mengatakan, “Suatu hari saya harus singgah di Kebumen…”

 

Pertengahan Oktober 2022, Penerbit Quanta (Elex Media Komputindo – Grup Gramedia) meminta saya kembali mengisi acara Ngaji Literasi. Sebelumnya saya sudah me-Ngaji Literasi di Palembang dan Bekasi. “Tangal 17 Oktober ya Mas… di Kebumen!” kata Mas Budiyana, mbahnya Ngaji Literasi Gramedia. Alam bawah sadar saya langsung melayang kepada cerita-cerita peserta lomba menulis Umah Gombong Kebumen…

 

Begitulah hukum alam.

Demikianlah hukum Sang Maha Pencipta melalui keajaiban berpikir.

Alam bawah sadar.

 

Alam bawah sadar saya sedang melayang-layang.

Hal apalagi yang akan menjadi kenyataan.

 

 

16 Oktober 2022

Hotel Grand Kolopaking – Kebumen