Filosofi

Jalan Pintas Memahami dan Menjalani Satya Darma Pramuka

Sabtu, 23 Januari 2021, 22:37 WIB
Dibaca 123
Jalan Pintas Memahami dan Menjalani Satya Darma Pramuka
Kwarcab. Malinau 2020 Pengembaraan

Salam Pramuka....

Sebagai seorang anggota PRAJA MUDA KARANA (PRAMUKA) sudah sepatutnya mengingat akan landasan dasarnya. Apakah landasannya sebagai seorang Pramuka berikut akan kakak (panggilan akrab di pramuka) ulas.

1.   Anggota Gerakan Pramuka
2.   Kode Kehormatan Pramuka
3.   Lagu Hymne dan Mars Pramuka

Dari ketiga unsur di atas mari kita bahas satu pesatu:

Anggota Gerakan Pramuka 

Siapa sih anggota Gerakan Pramuka? Anggota Gerakan pramuka adalah perseorangan warga negara Indonesia yang secara sukarela dan aktif mendaftarkan diri sebagai anggota Gerakan Pramuka, telah memenuhi persyaratan tertentu serta telah dilantik sebagai anggota. Jika dilihat dari pengertiannya maka setiap warga negara Indonesia dengan suka rela dan aktif mendaftarkan diri, telah memenuhi syarat tertentu serta telah dilantik.

Nah… Bagi kakak-kakak yang telah memenuhi ketentuan tersebut, dapat dikatakan sebagai anggota Gerakan Pramuka. Jadi jika hanya sekedar memakai baju pramuka belum tentu dia seorang anggota Gerakan Pramuka.

Anggota Gerakan Pramuka terdiri dari:

a.    Anggota biasa; dan

       Anggota Gerakan pramuka yang menurut jenjang pendidikan Kepramukaan.

b.   Anggota kehormatan.

Anggota Gerakan pramuka yang di angkat karena jasanya yang luar biasa terhadap Gerakan Pramuka.

Di dalam pendidikan kepramukaan juga sering kita kenal berbagai tingkatan atau jenjang pendidikan Kepramukaan antara lain;

a.    Pramuka Siaga usia 7 s.d 10 tahun

b.   Pramuka Penggalang 11 s.d 15 tahun

c.    Pramuka Penegak 16 s.d 20 tahun

d.   Pramuka Pandega 21 s.d 25 tahun

Jika kakak pernah menjadi atau masih anggota Gerakan Pramuka dimanapun berada usia kakak kakak sekarang pada posisi dimana? Jika usia kakak di atas 25 tahun berarti kakak kakak bukan lagi dikatakan sebagai peserta didik Gerakan pramuka tetapi, kakak kakak tetap sebagai anggota Gerakan pramuka pada tingkatan Dewasa.

Yang sering terjadi bahwa jika anak SD maka mereka di golongkan siaga, ank SMP digolongkan Penggalang, dan SMA digolongkan Penegak dan mahasiswa di golongkan Pandega. Padahal bukan tingkatan sekolah yang dijadikan dasar sebagai peserta didik di Kepramukaan, namun usialah yang menjadi Patokan sebagai pesrta didik.

Kode Kehormatan Pramuka 

Kode kehormatan pramuka merupakan janji dan komitmen diri serta ketentuan moral pramuka dalam pendidikan kepramukaan. Kode kehormatan pramuka terdiri atas Satya Pramuka dan Darma Pramuka.

Satya Pramuka untuk masing-masing golongan pramuka sebagai berikut;

Dwi Satya untuk Golongan Siaga

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh- sungguh, 

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga.
  2. Setiap hari berbuat kebaikan.

 Trisatya untuk Golongan Penggalang

“Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, serta menepati Dasa Darma.”

Trisatya untuk Golongan Penegak dan Pandega

“Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Dasa Darma.”

Darma Pramuka pada setiap golongan sebagai berikut:

Golonga Siaga disebut Dwi Satya yang Berbunyi:

Dwidarma: 

1.       Siaga itu patuh pada ayah dan ibundanya. 

2.       Siaga itu berani dan tidak putus asa.

Sedangkan Darma Pramuka pada golongan Penggalang, Penegak, dan Pandega serta Dewasa adalah yang dinamakan Dasa Darma Pramuka, yang berbunyi:

1.       takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2.       cinta alam dan kasih sayang sesama manusia;

3.       patriot yang sopan dan kesatria;

4.       patuh dan suka bermusyawarah;

5.       rela menolong dan tabah;

6.       rajin, terampil, dan gembira;

7.       hemat, cermat, dan bersahaja;

8.       disiplin, berani, dan setia;

9.       bertanggung jawab dan dapat dipercaya;

10.   suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Jika kita uraikan satu persatu dari dasa darma tersebut adalah sebagai berikut:

Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Sebagai seorang manusia yang berada di Indonesia yang percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana Pancasila pada sila pertama yang berbunyi KETUHANAN YANG MAHA ESA, maka wajib Hukumnya seorang anggoat Pramuka Taat dalam menjalankan Kewajiban sebagai makhluk yang berketuhanan sesuai Keyakinannya masing-masing.

Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Seorang anggota Gerakan pramuka juga harus memiliki kecintaan kepada alam dan wajib menjaganya, jika kiata menjaga alam dengan bijak maka alampun akan terpelihara dengan baik. Bahkan seorang anggota pramuka wajib mencintai kepada sesama manusia bukan hanya dirinya sendiri lebih luas lagi adalah manusia sebagai ciptaan Tuhan yang maha esa dimanapun berada.

Patriot yang sopan dan Ksatria

Dalam bertingkah laku seorang pramuka juga harus berjiwa patriotic dan sopan dalam bertingkahlaku serta berani dalam bertindak sesuai ketentuan dan norma yang berlaku.

Patuh dan Suka Bermusyawarah

Didalam diri setiap anggota pramuka harus patuh pada setiap aturan, norma hidup bahkan adat istiadat yang berlaku dimanapun seorang pramuka berada. Dalam menyelesaikan setiap masalah atau persoalan seorang pramuka lebih mengedepankan bermusyawarah dan mengambil suatu keputusan, yang tentu musyawarah sebagai dasar dalam pengambilan suatu keputusan Bersama.

Rela Menolong dan Tabah

Dalam kehidupan sehari-hari seorang anggota pramuka juga suka menolong, bahkan rela menolong terhadap apa dan siapapun yang membutuhkan pertolongan. Jika mendapatkan suatu kejadian yang menimpa diri seorang pramuka dia harus tabah, menghadapi segala cobaan dan tantangan hidup dalam situasi apapun.

Rajin, Terampil dan Gembira

Jika seorang pramuka melaksanakan suatu kewajiban atau pekerjaan maka dia harus rajin, terampil, cekatan serta tidak gampang putus asa yang lebih menyenangkan adalah seorang pramuka juga harus gembira sebagai mana lirik lagu berikut

Pramuka Sejati

Ciptaan A.T. Mahmud

Rajin terampil dan gembira,

Senantiasa praja muda karana

Sopan dan tak kenal rasa sombong,

Bersahaja setia suka menolong

Ya ya ya ya itulah pramuka,

Pramuka sejati,

Sejati kata dan perilakunya

Ya ya ya ya itulah pramuka,

Pramuka sejati,

Sejati kata dan perilakunya

Hemat, Cermat dan Bersahaja

Jika ingin menjadi seorang pramuka yang benar-benar ekonomis, makai a harus menjalankan dasa darma ke tujuh yakni hemat berarti tidak boros bukan juga berate pelit, cermat dalam melihat suatu kebutuhan bukan suatu keinginan dan bersahaja dalam setiap persahabatan.

Disiplin, Berani dan Setia

Seorang anggota tentu harus berdisiplin dalam setiap pola hidupnya, berani dalam setiap tindakannya yang tentu didasarkan pada nilai-nilai kehornatan sebagai seorang pramuka sejati dan setia pada tanah air, setia kepada keluarga dan setia pada.

Bertanggungjawab, dan dapat dipercaya

Jika di beri tanggung jawab seorang pramuka haruslah bertanggungjawab, karena buah dari tanggung jawab adalah dapat dipercaya dan dapat dipercaya berati amanah yang diberikan kepada seorang pramuka akan tetap terjaga dengan penuh tanggungjawab.

Suci dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan

Kakak-kakak yang Budiman, dasa darma yang kesepuluh inilah yang menurut saya adalah yang sangat istimewa. Kenapa karena tidak mudah kita konsisten dalam berbuat kebajikan jika tanpa pikiran yang suci, perkataan yang suci, serta perbuatan yang suci pula. Seringkali perbuatan tampak terlihat baik, perkataan terdengan suci, namun pikiran siapa yang bisa tahu kecuali dirinya dan Tuhan Sang Maha Tahu.

Maka jadi manusia haruslah suci dalam berpikir, berkata dan berbuat.

-./-.--/---/ /../.-./..-/./ /.--./.-./.-/--/--./-.-/.-/ (AYO IKUT PRAMUKA)

 

LAGU-LAGU WAJIB PRAMUKA

Lagu Hymne dan Mars Pramuka

Pencipta : M. Mutahar
Golongan : Lagu Wajib Nasional

 Lirik Lagu Hymne Pramuka

Kami …
Pramuka indonesia
Manusia pancasila
Satya ku kudarmakan
Darma ku kubaktikan
Agar jaya indonesia
Indonesia
Tanah airku
Kami jadi pandumu

Mars Gerakan Pramuka adalah lagu "Jayalah Pramuka"

ciptaan Drs. H. Munatsir Amin yang syair lagunya berbunyi:

Gerakan Pramuka Praja Muda Karana

Sebagai wahana kaum muda suka berkarya

Kader pembangunan sebagai perekat bangsa

Disiplin berani dan setia berakhlak mulia

Bersatu padu menyongsong masa depan yang gemilang

Satu pramuka untuk satu Indonesia

Melangkah maju menuju masyarakat yang sentosa

Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia

#IKHLAS BHAKTI BINA BANGSA, BERBUDI BAWA LAKSANA#

#SATYA KU KUDARMAKAN, DARMAKU KUBAKTIKAN#

#JAYALAH PRAMUKA, JAYALAH INDONESIA#

#SALAM PRAMUKA#

Sarun

***