Filosofi

Puluhan Pemuda Kibarkan Merah Putih Di Puncak Tertinggi Krayan Tengah

Senin, 23 Agustus 2021, 10:37 WIB
Dibaca 687
Puluhan Pemuda Kibarkan Merah Putih Di Puncak Tertinggi Krayan Tengah
Semangat Nasionalisme Pemuda Tapal Batas

“ Kita sebagai Bangsa Indonesia, teguhkanlah pendirianmu sebagai anak-anak bangsa. Negara ini membutuhkan semangat dari lubuk hatimu yang terdalam, sedetik nafasmu akan mewarnai negara ini, selalu jaga dan bela negara ini dengan semangat kebangsaanmu. ”- Dr. Yansen TP, M.Si, Wakil Gubernur Kalimantan Utara

Generasi muda Kecamatan Krayan Tengah mencatat sejarah, mereka mengibarkan sang saka merah putih di Buduk Bi'ong. Gerakan ini diinisiasi anak muda yang bergabung dari tiga Desa di Kecamatan Krayan Tengah (Desa Binuang, Pa Milau dan Long Mutan).

Jauh sebelum kegiatan pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 76 Tahun yang, hal serupa pernah dilakukan dua anak muda (Markristarno dan Frengky) lima belas tahun yang lalu di Buduk Bi'ong ini juga.

Namun, menjadi lebih viral dimedia Facebook pada perayaan HUT RI ke 76 ini sebab didukung akses internet yang sudah tersedia dibeberapa desa di Krayan Tengah.

Kecamatan Krayan Tengah merupakan pemekaran dari lima kecamatan yang ada di Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara.

Bentuk persatuan yang dimiliki anak muda di Krayan Tengah mampu mengungkit semangat nilai bela negara, patriotism, nasionalisme kebangsaan dalam bentuk menghormati para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan. Tentu apa yang mereka lakukan tidak berbanding dengan pejuang-pejuang kemerdekaan, sebagai bentuk rasa hormat kepada pendiri bangsa Indonesia mereka mengibarkan bendera merah putih kebanggaan bangsa Indonesia diatas Buduk Bi'ong.

Apa istimewanya Buduk Bi’og ini bagai masyarakat?

Buduk Bi'ong begitulah mereka menyebutnya dalam bahasa manusia Dayak Lengilo'. Nama yang turun-temurun disampaikan orangtua kepada setiap generasi. Dalam terjemahan bahasa Indonesia, Buduk sama dengan Gunung, sedangkan Bi'ong diambil dari nama buah tabuh, buah ini kalau dimakan agak keras. Pada zaman dulu, gunung ini pernah dijadikan tempat berladang. Apa yang ditanam di tanah ini, selalu tumbuh subur dan hidup.

Nah, Buduk Bi'ong salah satu gunung paling tinggi di daerah Binuang, Krayan Tengah. Perlunya kreativitas dalam masa-masa seperti ini, membuat cara berpikir tidak terhenti melakukan aktivitas yang memberi dampak baik bagi kehidupan manusia kedepan. Ketinggian Buduk Bi'ong 40680 MDPL, jarak dari Binuang sekitar 1. 327 Meter.

Kecamatan Krayan Tengah sangat kaya dengan potensi wisata alam yang dijamin tidak mengecewakan mata, dan hasil jepretan kamera yang memberi sebuah nilai yang tak dapat diberi nilai harganya.

Bagi Anda yang mempunyai hobi mendaki atau hiking gunung, pilihan Anda bisa mulai dari Binuang, Krayan Tengah. Binuang mempunyai tempat seperti hutan Amazon. Jika Anda pernah menonton film Tarzan tempat itu ada juga seperti di filem di Binuang, dijamin asli dan terbentuk oleh alam itu sendiri.

MERDEKA!

***