Filosofi

Intuisi! Sudut Pandang dari Sebuah Perasaan

Kamis, 27 Mei 2021, 19:47 WIB
Dibaca 166
Intuisi! Sudut Pandang dari Sebuah Perasaan

Seperti pengertiannya, saya secara tiba-tiba ingin mengulas tentang intuisi. Intuisi dapat saja menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan. Meski pun sudah diulas dalam berbagai artikel, intuisi sangat perlu dipapar kembali berdasarkan opini saya.

Agar Anda dapat membaca artikel ini dengan enjoy, sebaiknya Anda perlu bertemankan secangkir teh atau kopi. Artikel ini berdasarkan analisa intuisi yang saya alami, oleh karena itu jika Anda berharap menemukan referensi gaib dan makhluk halus yang berkaitan dengan pembahasan intuisi, tentu tidak ada di sini! dalam artikel ini saya akan membahas intuisi sebagai upaya untuk meningkatkan kepekaan dalam berkarya dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati.

Tanpa disadari, hampir setiap individu pasti pernah merasakan munculnya intuisi. Seseorang yang memiliki intuisi tinggi, akan lebih peka memperhatikan keadaan.

Orang yang refleks terhadap intuisi cenderung ringan tangan. Analoginya adalah saat melihat seorang teman wanita yang sedang sakit dan harus melakukan beberapa pekerjaan ringan seperti memasak dan mencuci piring. Ketika melihat kesusahan orang tersebut, informasi di otak akan bekerja dan berpengaruh pada pengambilan keputusan. Jika ia sedang sakit, tentu ia tak mampu melakukan banyak pekerjaan. Maka, tanpa diminta kita harus menolongnya.

Sayangnya, tidak semua orang cepat tanggap dengan intuisi. Memang tidak mudah untuk membiasakan diri dalam mendengarkan intuisi. Apalagi jika kita sudah terbiasa untuk menjadi orang yang cuek dan tidak peka terhadap keadaan di sekitar.

Kecendrungan orang yang memiliki intuisi tinggi adalah dapat menangkap aura orang lain dengan cepat. Seperti halnya dapat mengetahui perasaan seseorang. Baik itu perasaan senang atau sedih dari orang tersebut dapat dirasakan dengan mudah.

Acap kali, jika bertemu dengan seseorang untuk pertama kali, tanpa alasan seorang yang peka terhadap intuisi akan dapat menaruh rasa suka atau tidak suka dengan sangat cepat pada orang tersebut.

Dalam berbagai konteks, intuisi kerap muncul. Mulai dari hal-hal sederhana. Seperti keinginan untuk mengerjakan sesuatu, sampai adanya pikiran-pikiran yang mengarah pada satu peristiwa yang akan terjadi.

Intuisi darurat yang pernah saya alami muncul pada waktu sebelum mengalami kecelakaan. Alam bawah sadar saya mengisyaratkan bahwa akan terjadi sebuah peristiwa di jalan raya. Isyarat itu muncul setiap kali saya mendengar deru kendaraan yang melaju di jalanan, serta kekhawatiran saya setiap melihat postingan kecelakaan di media sosial. Isyarat itu terjadi berulang-ulang selama berbulan-bulan pra kecelakaan. Setelah peristiwa itu terjadi, saya baru sadar bahwa intuisi yang muncul selama ini telah diabaikan.

Intuisi adalah kata hati yang sangat krusial. Berbagai kejadian dalam hidup memang tidak selalu bisa diprediksi dengan tepat. Namun, dengan intuisi yang kuat, seseorang bisa merasakan firasat baik atau pun buruk tentang sesuatu yang akan terjadi.

Banyak orang mengaitkan intuisi dengan kemampuan gaib. Padahal, intuisi hanyalah naluri yang pada dasarnya dimiliki oleh semua orang. Hanya saja, ada orang yang intuisinya lemah dan ada orang yang intuisinya tajam. Orang yang memiliki intuisi tajam adalah orang yang mampu memprediksikan berbagai aspek yang akan terjadi.

Untuk mempertajam intuisi, Anda dapat melakukan beberapa hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan banyak berempati kepada orang lain. Jika melihat seseorang beraktivitas dan seperti membutuhkan bantuan. Tanpa diminta, dengan segera Anda harus menolongnya. Dengan harapan, Anda akan terbiasa menjadi peka terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar.

Lantas, apa pentingnya mengembangkan intuisi? Sangat penting. Anda harus tahu, intuisi dapat mendorong komunikasi yang baik. Dengan intuisi, Anda dapat menjadi lebih peka dan berpikiran positif terhadap orang-orang di sekitar. Artinya, Anda menjadi lebih paham terhadap keinginan dan harapan mereka dan menjadi tahu apa yang harus dilakukan atau pun diucapkan sehingga tindak-tanduk Anda  tidak akan menyakiti mereka.

Intuisi juga sangat berguna untuk membangun kreatifitas. Alam bawah sadar Anda akan merasakan hal yang kurang atau sesuatu yang perlu ditambahkan dalam situasi tertentu.

Intuisi adalah sebuah kekuatan yang tersembunyi. Banyak istilah yang erat hubungannya dengan intuisi. Ada yang menyebut indera keenam, kekuatan batin, suara hati, dan lain-lain. Namun, Anda dapat menemukan beberapa versi mengenai kekuatan yang tidak kita sadari ini.

Menyikapi pengaruh intuisi terhadap peningkatan kualitas hidup, ada baiknya Anda mulai mempelajari makna intuisi dengan apa yang sebenarnya Anda rasakan. Intuisi merupakan kepekaan yang dapat membantu Anda dalam menentukan berbagai hal yang baik dan akan Anda pilih di kemudian hari.