Filosofi

Pengalaman Tempa Kita Melangkah Lebih Maju

Minggu, 2 Mei 2021, 13:37 WIB
Dibaca 284
Pengalaman Tempa Kita Melangkah Lebih Maju

Setiap manusia pasti mengalami suka dan duka. Begitu banyak pengalaman hidup di sepanjang jalan hidup yang kita lalui. Suka duka silih berganti sehingga melalui itu kita menemukan banyak warna. Namun, tak jarang kita menganggapnya angin lalu.

Pernah, suatu ketika saya butuh sekali bantuan, sampai saya bingung mau minta bantuan kepada siapa. Rasanya, saya kehabisan akal. Berjalannya waktu, saya bertemu dengan seorang teman, kami tak sengaja bertemu. Teman saya banyak membantu. Melalui pertemuan itu saya teringat akan hal yang saya alami sebelumnya, perjumpaan tak sengaja saya dengan teman saya saat itu memberikan saya jalan keluarnya.

Ada juga kisah lain saya, katika teman dan kerabat saya menyampaikan bahwa sangat senang membaca buku yang pernah saya tulis. Ucapan dari mereka sangat istimewa, mereka bangga bahwa buku itu ditulis oleh seseorang yang mereka kenal. Bahkah, ada juga orang yang mengirim saya pesan maupun komentar di media sosial saya dengan tulus.

Pengalaman menyediakan hal lainnya yang saya alami. Dibohongi dengan embel-embel pertemanan yang baik. Tapi ternyata, di balik kebohongan berkedok 'kebaikan' itu akhirnya terbongkar juga pada waktunya. Dan saya menghimpun banyak pengalaman melalui ini juga.

Kita bersyukur bisa melewati setiap ujian hidup ini. Dan mampu merayakan hak istimewa yang boleh terjadi dalam hidup kita.

Tidak ada yang selesai, akan selalu ada tantangan. Siap atau tidak kita pasti akan lalui. Kalaupun, ada pujian dari seseorang terimalah itu sebagai hal yang berarti bagi langkah kita untuk berkarya.

Akhirnya, beranilah untuk melangkah maju jika memungkinkan melompat dengan penuh optimistis. Satu kutipan dari Migno McLaughlin, " Satu-satunya keberanian yang paling penting adalah keberanian yang bisa memindahkan kita dari satu saat ke saat berikutnya."

Yang artinya hanya karena masalah bukan berarti kita menghalangi diri kita untuk bertumbuh mencapai potensi dalam diri kita. Yakin bahwa mampu dan bisa! 

Nah, tiap-tiap pengalaman yang kita alami dapat kita jadikan guru kehidupan. Jangan anggap hanya angin lalu. Tetapi sebaiknya kita lalui, hadapi, dan pelajari.

Salam Sukses. Sehat selalu...

***