Filosofi

Live IG Q & A Kupas Tuntas Pentingnya Intrenship

Sabtu, 21 Agustus 2021, 10:04 WIB
Dibaca 151
Live IG Q & A Kupas Tuntas Pentingnya Intrenship
FOTO: Pungki Purnadi Academy

" Aku tidak percaya kegagalan, karena sesuatu bukanlah kegagalan selama kamu bisa menikmati prosesnya." - Oprah Winfrey, Presenter

Program Internship atau magang kerja merupakan hal wajib yang biasanya dijalani seorang mahasiswa pada masa kuliah. Biasanya magang punya rentang waktunya sendiri. Nah, melalui kesempatan magang ini seorang mahasiswa harus memilih atau mengajukan tempat magang yang hendak ia tuju.

Ketika sudah diterima pada suatu perusahaan melalui program intrenship, maka seorang mahasiswa akan lebih banyak aktif di perusahaan dimana ia akan menjadi peserta magang. Magang biasanya melibatkan pekerjaan sementara untuk satu bulan atau pekerjaan paruh waktu sepanjang tahun ajaran. Ada juga, perusahaan yang memfasilitasi program magang dalam satu semester dan mahasiswa dapat kuliah secara penuh selama semester berikutnya.

Pembahasan menarik mengisi malam minggu sobat muda semua! Diskusi bareng dengan kakak Lia, S,Psi, CHCP, NNLP, CSA, CG dan bersama kak Lio Bijumes, S.Sos.M.M. Live Instagram @pungkipurnadiacademy, @liobijumes dan @berliantolia. Akan membahas tentang Internship di perusahaan dan kumpas tuntas dunia Internship. Yuk,  jangan sampai ketinggalan!

Ditengah kondisi seperti ini, banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan atau membuka lowongan magang, mereka menganggap dengan program intrenship atau magang sebagai sarana menyalur bakat individu. Atau kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjuk kemampuan dirinya. Tidak hanya itu, perusahaan juga menganggap kesempatan magang merupakan “uji coba” para karyawan masa depan sebelum membuat penawaran kerja.

Lalu, apa keuntungan magang bagi peserta magang?

Selama magang, peserta magang dapat melihat sendiri bagaimana proses dan praktek bisnis atau pelayanan publik. Seorang karyawan magang juga mendapat akses diperusahaan, berkontribusi pada perusahaan melalui tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya.

Selain manfaat-manfaat lainnya, karyawan magang juga dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek langsung dilapangan. Melalui magang kerja, seorang mahasiswa dapat menilai apakah suatu perusahaan sudah memberikan pekerjaan dan tanggung jawab sesuai dengan yang diinginkan.

Dan terpenting adalah karyawan magang yang berpengalaman magang di suatu perusahaan lebih mudah serta dapat berkembang lebih jauh dan lebih cepat dalam dunia usaha atau bisnis, dibandingkan mereka yang tidak memiliki pengalaman tersebut.

Untuk calon karyawan magang, beberapa hal berikut ini penting Anda ketahui sebelum memilih tempat magang.

Pertama, Anda sebagai calon peserta magang perlu memahami atau kenali budaya perusahaan, harus mampu beradaptasi dengan lingngkungan yang baru dan kenali aturan perushaan supaya saat bekerja nyaman saat ditanya.

Kedua, saat Anda menjadi karyawan magang, penting untuk memiliki sikap diisiplin dan profesional, hal sederhana ini sangat penting saat magang, menerapkan sifat disiplin untuk datang 15 menit lebih awal sebelum masuk kerja.

Lalu yang ketiga, ada banyak peserta magang yang malu bertanya, padahal tidak mengerti, untuk itu jangan enggan bertanya pada karyawan atau tim. Anda dapat bertanya atau meminta masukan, saya rasa mereka pasti membantu Anda.

“Beberapa penelitian menemukan bahwa para pemberi kerja menawarkan gaji awal yang lebih tinggi kepada lulusan dengan pengalaman magang.”

Akhirnya, program internship sangat mendukung sobat muda untuk siap masuk dunia kerja. Selain kampus mewajibkan mahasiswa ikut program internship, saat ini pemerintah juga mengharapkan mahasiswa untuk dapat mengikuti program  Kampus Merdeka, seperti program internship atau magang, melakukan studi independent, melakukan riset dan lainnya.

Salam Semangat Muda!

 ***